Kiat Sabar Menghadapi Musibah bagi Serang Muslim

0
36
Kiat Sabar Menghadapi Musibah

Kiat Sabar Menghadapi Musibah – Dalam mengarungi hidup, pasti ada pasang surut. Kadang, seseorang memperoleh nikmat yang banyak. Tapi kadang juga mengalami musibah. Saat musibah datang silih berganti, kita wajib bersabar menghadapinya. Sebagai umat Islam, kita harus tahu beberapa kiat bersabar agar menghadapi musibah terasa lebih mudah dan ringan.

Selalu Ada Hikmah di Balik Musibah

Setiap mukmin hendaknya percaya bahwa setiap musibah yang terjadi pasti ada hikmahnya. Masalahnya, terkadang kita tidak peka akan hikmah di balik suatu musibah. Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

اَفَحَسِبْتُمْ اَنَّمَا خَلَقْنٰكُمْ عَبَثًا

“Apakah kamu mengira bahwa Kami (Allah) menciptakan kamu main-main saja (tanpa ada maksud)?” (1)

Dalam ayat lain, Allah juga mengingatkan kepada umat manusia bahwa Dia tidaklah menciptakan langit dan bumi melainkan dengan haq. Pasalnya, semua kehendak Allah pasti ada tujuannya. Oleh karena itu, kita tidak boleh mengeluh terhadap takdir Allah, meskipun itu berupa musibah. Kewajiban kita hanyalah sabar mengahadapinya dan tetap taat terhadap Sang Pencipta.

Ingatlah Bahwa Musibah Ini Belum Seberapa

Mungkin, di antara kita pernah mendapat musibah yang begitu besar dan merasa bahwa musibah tersebut terlalu berat. Namun, kita harus ingat bahwa musibah yang menimpa kita belum ada apa-apanya dibandingkan dengan cobaan yang Rasulullah dan para Nabi lain alami. Tak jarang Rasulullah mendapatkan caci-maki, cemoohan, hingga siksaan oleh kaum musyrikin. Itulah kenapa Rasulullah mengingatkan:

مَنْ عَظَمَتْ مُصِيْبَتُهُ فَلْيَذْكُرْ مُصِيْبَتِي، فَإِنَّهَا سَتَهَوَّنُ عَلَيْهِ مُصِيْبَتُهُ

“Siapa saja yang terasa berat saat mengahadapi musibah, ingatlah musibah yang menimpaku (jauh lebih berat)! Ia pasti akan merasa ringan menghadapi musibah itu.” (2)

Dengan mengingat cobaan yang Rasulullah alami jauh lebih berat, setidaknya hal itu akan membuat musibah yang menimpa kita terasa lebih ringan. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk bersabar, bahkan bersyukur.

Kiat Sabar Menghadapi Musibah: Yakinlah Setiap Kesulitan Ada Kemudahan

Ketika Allah menguci hambanya dengan sebuah musibah atau kesulitan lainnya, Allah juga sudah menyiapkan kemudahan sebagai jalan keluarnya. Dalam Al-Qur’an, Allah menjelaskan:

اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ

“Sungguh beserta kesulitan itu ada kemudahan.” (3)

Qotadah berkata bahwa Rasulullah pernah memberi kabar gembira kepada para sahabat dengan ayat Al-Qur’an di atas. Kemudian, beliau mengatakan bahwa satu kesulitan tak akan dapat mengalahkan dua kemudahan.

Mudah-mudahan kiat-kiat ini dapat membuat kita semakin sabar menghadapi setiap musibah. Pasalnya, orang-orang yang sabar menghadapi musibah akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Dan Allah-pun akan mengangkat derajat mereka.


Referensi:

(1) Q.S. Al-Mu’minun Ayat 115

(2) Bahjatul Majalis wa Ansul Majalis, Ibnu ‘Abdil Barr, Hal 249, Mawqi’ Al Waroq

(3) Al-Insyirah Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY