Doa Sesudah Azan, Apa Saja Keutamaannya?

0
76

Doa Sesudah Azan – Setiap hari kita selalu mendengar suara azan. Ketika azan telah berkumandang maka kita harus segara menyambut panggilannya. Azan merupakan panggilan sholat bagi setiap muslim. Apabila azan berkumandang maka kita hendaknya mendengarkan dan menghentikan aktifitas kita sejenak.

Pada waktu azan sedang dikumandangkan ada beberapa adab yang harus dilakukan seperti mendengarkan, menghentikan aktifitas, menjawab setiap bacaan azan dan setelah azan telah selesai maka kita sebaiknya membaca Doa Sesudah Azan.

Di saat waktu azan berkumandang, pada saat itu juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Jadi apabila sobat cahaya Islam mendengar azan jangan sia-siakan kesempatan untuk berdoa karena doa pada waktu tersebut akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa Sesudah Azan

Sobat cahaya Islam tentu hafal mengenai bacaan doa sesudah azan. Namun bagi sobat yang masih belum terlalu hafal, tidak ada kata terlambat untuk menghafalkan doa tersebut. Berikut ini adalah bacaan Doa Sesudah Azan yang perlu sobat cahaya Islam ketahui:

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.

Setelah mengetahui bacaan doa maka selanjutnya sobat Cahaya Islam bisa mempraktekkan bacaan tersebut. Mengulang-ulang bacaan doa akan membuat kita lebih mudah untuk menghafalkannya. Jika sudah hafal jangan sampai lupa untuk membaca setiap setelah selesai azan.

Keutamaan Doa Sesudah Azan

Setiap muslim memang sebaiknya hafal dengan bacaan doa ini. kandungan dari bacaan doa tersebut adalah mendoakan dan bersolawat untuk Nabi Muhammad SAW. Dengan rutin membaca doa tersebut maka Inshaallah kita akan mendapatkan syafaat Nabi Muhaammad di akhirat nanti.

Siapa yang tidak ingin mendapatkan syafaat Rasulullah?

Setiap dari kita tentu sangat mengharapkan syafaat nabi Muhammad SAW. Di akhirat nanti kita tidak memiliki siapapun yang dapat menolong kita kecuali Allah dan syafaat dari baginda Nabi Muhammad.

Sobat Cahaya Islam, semoga kita semua bisa mendapatkan syafaat Rasulullah dan termasuk sebagai umat yang beruntung. Pada saat di yaumul akhir , hanya bisa menunggu diadili oleh Allah. Namun bagi orang yang beruntung dan beramal sholih selama di dunia maka akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa karena mendapatkan naungan dari Allah serta menapatkan syafaat Rasulullah.

Orang yang memanjatkan doa tersebut setelah mendengar azan memiliki hak untuk mendapatkan syafaat dari rasulullah. Betapa doa tersebut memiliki makna yang agung. Selain itu membaca doa setelah azan juga mtermasuk berdoa diwaktu yang mustajab sehingga akan sangat mudah dikabulkan oleh Allah.

Ketika kita ingin mendapatkan syafaat dari nabi Muhammad sebenarnya bukan hanya dengan membaca doa tersebut namun juga dengan mengikuti sunnah Rasulullah serta memperbanyak bacaan solawat.

Hidup di dunia ini hanyalah sementara dan orang yang beruntung bukanlah orang yang memiliki dunia melainkan mereka yang diakhirat nanti bisa mendapatkan kasih sayang Allah serta berada di dekat rasulullah SAW.

Sobat cahaya Islam, betapa membaca Doa Sesudah Azan memiliki manfaat yang luar biasa bukan hanya untuk kehidupan kita di dunia melainkan juga untuk akhirat kita. Semoga sobat cahaya Islam dapat semakin mencintai Rasulullah dan salah satu caranya adalah dengan selalu membaca doa setelah azan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!