Ki Hajar Dewantara, Pelopor Pendidikan? Gemilangnya Pendidikan di Era Peradaban Islam

0
49
Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara – Sebagian besar umat muslim telah mengenal sosok Ki Hajar Dewantara. Bapak yang dicintai umat atas kegigihannya dalam melangitkan cita – cita pendidikan. Ternyata, nafas beliau untuk melakukan perubahan pola pikir di Nusantara sejalan dengan kesungguhan para ilmuwan Islam dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan agar berguna bagi dunia.

Sobat Cahaya Islam, tak banyak sosok yang mau berjuang layaknya Ki Hajar Dewantara. Berfikir keras demi melakukan perubahan pada pendidikan Nusantara. Tentu, hal tersebut adalah suatu kegigihan yang patut diteladani. Ternyata, kegigihan tersebut telah banyak dicontohkan oleh generasi ilmuwan Islam terdahulu.

Ki Hajar Dewantara dan Contoh Ilmuwan Islam yang Mempelopori Pendidikan Islam

Ki Hajar Dewantara

Sebagai umat muslim, sejarah peradaban adalah buku terbaik yang bisa dipelajari agar umat senantiasa termotivasi untuk selalu menjadi umat terbaik. Selain itu, sejarah tersebut bukanlah kisah fiktif tak berdata. Sehingga umat bisa memasukkannya dalam referensi daftar para idola teladan.

1. Fatimah Al Fihri

Terdapat ratusan bahkan ribuan ilmuwan Islam yang mendominasi peradaban, salah satunya adalah Fatimah Al Fihri. Mungkin sebagian muslimah merasa insecure dengan dirinya. Merasa bahwa tidak ada contoh dari kalangan muslimah. Ternyata, hal demikian salah. Dahulu, di peradaban Islam ada Fatimah Al Fihri yang menjadi pelopor pertama pembangunan universitas. Keren bukan?

2. Maryam Al-Astrulabi

Muslimah kedua yang menjadi pelopor yakni Maryam Al Astrulabi. Maryam adalah penemu cikal bakal pembuatan globe yang menjaid inspirasi peta dunia. Tentu tidak ada yang menyangka bukan? Padahal biasanya, muslimah dikenal karena kelembutannya. Padahal, tutur lemah lembut ini hanyalah tampak luar saja bukan berarti menjadi lemah.

3. Abbas Ibnu Firnas

Siapa yang suka naik pesawat terbang? Pasti banyak yang suka. Ternyata, penemu pertama konsep pesawat terbang bukan Wright Bersaudara loh. Tapi ditemukan oleh Abbas Ibnu Firnas, ahli pesawat terbang dalam Islam. Tentu hal ini sangat mengejutkan bukan? Sebab nama Abbas Ibnu Firnas jarang disebut sebagai bapak pesawat terbang. Setelah mengetahuinya, jangan lupa mengabarkan ke sesama saudara muslim ya.

4. Ibnu Al Haitsami

Selain itu, ada juga seorang ilmuwan yang sangat berperan di dunia optik. Tanpa pengetahuan ini, umat tentu tak akan bisa mengetahui cara dan penggunaan kacamata di era sekarang. Lebih kerennya lagi, Al Haitsami menemukan konsep ini saat tengah berada dalam penjara. Biasanya, ketika dalam penjara, seseorang akan merasa kebingungan dan kegagalan dalam hidupnya. Namun, tidak dengan Al Haitsami.

Faktor Apa Saja yang Menjadikan Ki Hajar Dewantara Para Ilmuwan ini Tak Pantang Menyerah?

Ki Hajar Dewantara

Setiap amalan luar biasa yang dilakukan oleh seorang muslim, pastilah terdapat motivasi yang besar juga. Ternyata di balik semua penemuan yang ada, landasan yang mendasarinya yakni adalah kajian Alquran yang dikolaborasikan dengan ilmu pengetahuan. Memang, di dalam surat Ali Imron ayat 110 Allah berfirman :

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ 

Artinya :  Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.

Allah SWT ingin mengabarkan, bila kaum muslimin berjuang lebih keras lagi, kejayaan Islam akan diraih dan predikat umat terbaik akan dicapai.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan tentang Ki Hajar Dewantara dan pengabdian dari para pendahulu yakni para ilmuwan Islam. Semoga di era peradaban ini terdapat sebagian umat yang juga ikut mengambil peran seperti mereka.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY