Yuk, Ketahui 4 Keutamaan Menghafal Al-Qur’an! Salah Satunya Mendapat Kedudukan Tinggi di Surga

0
469
Keutamaan Menghafal Al-Qur'an

Keutamaan Menghafal Al-Qur’an – Menghafal Al-Qur’an bukanlah suatu perkara yang mudah. Hanya orang-orang terpilih saja, yang mampu menghafal dan merasakan keutamaan Menghafal Al-Qur’an.

Manusia atau orang yang telah Allah pilih tersebut, memiliki kesempatan merasakan kemanisan hidup di akhirat. Dengan catatan ia mampu menghafal sekaligus mengamalkan apa yang telah ia hafalkan.

Karena saat ini banyak sekali orang yang menghafalkan Al-Qur’an, tapi tidak mampu mengamalkan isinya. Bahkan ia menjadi orang yang munafik dan termasuk orang yang mendustakan ayat-ayat tersebut. Naudzubillah.

Jika Sobat mendapatkan kesempatan atau kemudahan dalam menghafal Al-Qur’an, maka barengi dengan perbuatan atau amalan yang mencerminkan seorang ahli Qur’an.Jangan sampai justru kitalah yang memberikan citra buruk pada Al-Qur’an dan melupakan keutamaan menghafal Al-Qur’an.

Keutamaan Menghafal Al-Qur’an

Dengan mengetahui sejumlah keutaaman yang dapat Sobat rasakan ketika memutuskan menjadi penghafal Al-Qur’an, diharpakan mampu meningkat semangat dan tetap istiqomah menjaganya.

Berikut ini keutamaan dari menghafalkan ayat Allah ini.

1. Mendapatkan Pahal Berlimpah

Keutamaan pertama yang dapat Sobat rasakan, bisa mendatangkan limpahan pahala. Karena hal ini sesuai dengan yang telah Allah sampaikan dalam surah Fathir ayat 22 dan 23 berikut ini.

Keutamaan Menghafal Al-Qur'an

“dan tidak (pula) sama orang yang hi-dup dengan orang yang mati. Sungguh, Allah memberikan pendengaran kepada siapa yang Dia kehendaki dan engkau (Muhammad) tidak akan sanggup menjadikan orang yang di dalam kubur dapat mendengar. Engkau tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan.”(QS. Al-Fathir: 22-23)

Apabila Sobat merenungi dan meresapi ayat tersebut, terdapat pesan begitu indah bagi para penghafal Al-Qur’an.

Allah menyebutkan penghafal Al-Qur’an dalam posisi yang paling pertama, baru disebutkan amalan-amalan lainnya, dan menjelaskan ganjaran pahala berlimpah yang diterima oleh pelaku amalan tersebut.

Hal ini menunjukan bahwa penghafal Al-Qur’an dengan niatan yang begitu jujur dan tulus, hanya merekalah yang mampu mengamalkan apa yang telah mereka hafalkan mendapat pahal berlimpah ini.

2. Merupakan Orang Terbaik

Mendapatkan posisi terpandang dan dilihat banyak orang, memang menjadi dambaan setiap manusia. Sehingga tidak sedikit orang yang melakukan cara apa saja demi mendapatkan hal tersebut.

Tapi sangat disayangkan, hal yang didapatkan bukanlah kemulian yang sebenarnya. Mungkin kemuliaan tersebut bisa hilang bersama turunnya masa jabatan, ketenaran atau hilangnya harta yang dimiliki.

Nah berbeda dengan orang yang menghafalkan dan mengamalkan Al-Qur’an. Mereka termasuk dalam golongan orang-orang terbaik. Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Al Bukhari 4639).

3. Mendapatkan Derajat yang Tinggi di Surga

Keutamaan Menghafal Al-Qur'an

Dalam hal ini, Keutamaan lainnya, Rasulullah sampaikan dalam hadits berikut ini.

“akan dikatakan kepada shahibul qur’an (di akhirat) : bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca” (HR. Abu Daud 2240, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

“sesungguhnya Allah mengangkat beberapa kaum dengan Al Qur’an ini dan menghinakan yang lain dengannya” (HR. Muslim 817)

Ketika hari perhitungan berlangsung. Penghafal Al-Qur’an oleh Allah perintahkan untuk membacakan ayat-ayat Al-Qur’an yang telah mereka hafalkan di dunia. Setiap ayat yang ia baca membuatnya naik menentukan surga mana yang akan ia tempati.

4. Layaknya Buat Utrujah

Perumpamaan seorang penghafal Al-Qur’an, Allah umpakan sebagai buah Utrujah. Buah surga yang harum wanginya dan manis rasanya.

Al Qur’an ini sangat bermanfaat untuk dirinya, mampu menebarkan manfaat pada oranglain dengan memberikan nasihat, teladan, serta dakwahnya melalui Al-Qur’an tersebut. Menjadikan sosok yang terkenal begitu manis dan wangi seperti buat Utrujah tadi.

Pastikan Sobat menghafal Al-Qur’an dan mengamalkannya dengan baik. Serta mampu mepertahankan hafalan yang kita miliki. Jangan sampai, ayat yang telah kita hafal hilang dalam ingatan. Sekian artikel keutamaan menghafal Al-Qur’an dari kami. Semoga bermanfaat ya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY