Puasa Syawal, Puasa Sunnah Berpahala Besar

0
81

Puasa Syawal – Rasulullah sudah mencontohkan banyak sekali ibadah sunnah yang dapat dilakukan oleh umat muslim. Setiap ibadah sunnah memiliki pahala yang besar termasuk juga puasa sunnah dibulan syawal.

Ketika bulan syawal telah tiba umat muslim akan merayakan hari raya Idul fitri. Hari raya pertama atau tanggal 1 syawal termasuk waktu diharamkan berpuasa namun ditanggal 2 syawal dan selanjutnya sangat disunnahkan untuk melakukan puasa.

Puasa di bulan syawal atau sering disebut dengan Puasa Syawal ini merupakan ibadah yang sangat luar biasa karena memiliki pahala yang besar. Selain itu puasa ini juga memiliki godaan yang besar. Pasalnya ketika hari lebaran biasanya umat muslim akan banyak mengunjungi saudara atau orang-orang terdekat sehingga ada banyak sajian makanan yang menggoda.

Bagi orang-orang yang soleh, Puasa Syawal merupakan puasa yang mudah untuk dilakukan meskipun ada banyak godaan yang harus dihadapi. Sobat cahaya Islam juga perlu tahu mengenai keistimewaan dan pahala dari puasa di bulan syawal.

Puasa Syawal karena Allah Ta’ala

Sobat cahaya Islam, pahala puasa syawal memang besar karena jika seseorang menjalankan 6 hari puasa syawal berturut-turut maka pahalanya seperti berpuasa setahun penuh. Namun kita perlu untuk memahami bahwa ketika menjalankan ibadah apapun sebaiknya diniatkan untuk mencari dan mendapatkan ridho dari Allah.

Pahala hanyalah bonus dan sebagai tambahan motivasi saja. Hal yang paling utama adalah melakukan puasa dengan ikhlas demi keridoan Allah.

Keberuntungan terbesar bagi manusia dan seluruh makhluk hidup adalah ketika Allah memberikan rido dan rahmatnya sehingga kita bisa hidup bahagia di dunia dan di akhirat. Kabahagiaan orang-orang soleh bukan pada pahala melainkan pada kasih sayang Allah sehingga orang-orang soleh beribadah dengan niat yang begitu tulus ikhlas.

Apabila sobat cahaya Islam ingin menjalankan puasa syawal maka sebaiknya mengetahui bagaimana niat puasa tersebut.

Niat Puasa Syawal

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻋَﻦْ ِﺳﺘَﺔٍ ِﻣﻦْ ﺷَﻮَﺍﻝٍ ﺳُﻨَﺔً ِﻟﻠَﻪ ﺗَﻌَﺎﻟَﻲ
Nawaitu Shauma Ghadin ‘Ansittatin Min Syawaali Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.
“Aku niat berpuasa sunnah 6 Hari bulan Syawal karena Allah Ta’ala”.

Niat berpuasa hampir sama antara satu dengan yang lainnya sehingga sobat cahaya Islam bisa dengan mudah menghafalkan niatnya.

Dalam sebuah hadist Rasulullah telah bersabda:

“Barang siapa berpuasa 6 hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas 10 kebaikan semisal.”
(HR. Ibnu Majah No. 1715)

Keutamaan menjalankan puasa sunnah ini memang sangat luar biasa. setiap orang yang berpuasa syawal inshaallah akan mendapatkan pahala seperti puasa selama setahun penuh padahal yang dikerjakan hanya 6 hari saja.

Allah begitu pemurah kepada hambanya namun banyak dari kita yang masdih malas menjalankan puasa syawal ini karena masih ingin menikmati hidangan lebaran yang begitu menggoda.

Pahala dari puasa sunnah syawal memang besar karena sepadan dengan godaannya. Jadi sobat cahaya Islam perlu benar-benar meluruskan niat ketika akan menjalankan ibadah tersebut.

Tips Berpuasa Syawal

Jika masih berat menjalankan puasa syawal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar puasa ini terasa lebih ringan. Tips yang pertama adalah anggaplah puasa ini sebagai bentuk melatih diri agar tidak terlalu mencintai dunia.

Tips selanjutnya, jika sobat cahaya Islam masih begitu tergoda dengan makanan, ingatlah behwa nikmat makanan tersebut akan digantikan oleh Allah dengan kenikmatan makanan di surga.

Ketika kita bisa menjalankan puasa syawal maka itu artinya kita telah kuat menahan banyak godaan seperti godaan terlalu mencintai makanan dunia, godaan berpuasa disaat yang lain berpesta, lebih mengutamakan kenikmatan mendapatkan ridho Allah dan lain sebagainya.

Sekian artikel tentang puasa syawal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat cahaya Islam semuanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!