Banyaknya Keutamaan Bulan Dzulhijjah, Berkahi dengan Amalan Ini

0
242
keutamaan bulan Dzulhijjah

Keutamaan Bulan Dzulhijjah – Tidak banyak orang tahu bahwa tak sedikit keutamaan bulan Dzulhijjah di mata Allah SWT. Adapun bulan Dzulhijjah jatuh tepat tanggal 20 Juni 2023 kemarin.

Di bulan Dzulhijjah, umat islam masuk ke bulan terakhir menurut kalender Hijriyah. Di bulan ini, ada baiknya umat islam menambah berbagai amalan untuk mendapat pahala Allah SWT.

Banyaknya Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak sekali keutamaan bulan Dzulhijjah dan bisa umat islam manfaatkan untuk mendapatkan keberkahan. Banyak orang yang menyebut bulan Dzulhijjah sebagai musim haji.

Selain itu, bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang mulia di dalam agama islam. Bukan hanya itu, di bulan Dzulhijjah ada banyak hari yang Allah pilih.

Hari tersebut merupakan hari-hari terbaik sepanjang tahun. Banyak ulama yang berpendapat hari itu merupakan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Tidak heran jika begitu banyak keutamaan di bulan Dzulhijjah seperti:

1. Bulan Dzulhijjah Menyempurnakan Islam

Bulan Dzulhijjah merupakan saat Allah menyempurnakan agama islam. Bahkan Allah mencintai amal shalih yang hambanya lakukan di hari dalam bulan Dzulhijjah.

2. Terdapat Hari yang Agung di Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah juga mempunyai keistimewaan tersendiri lantaran di dalamnya ada satu hari yang Agung yakni Arafah.

3.  Darah Hewan Kurban Banyak yang Tumpah di Bulan Dzulhijjah

Tak hanya sebagai bulan haji, banyak orang yang menyebut bulan Dzulhijjah sebagai bulan kurban. Bukan tanpa sebab, banyak sekali penyembelihan hewan kurban di bulan Dzulhijjah.

4. Dzulhijjah Merupakan Bulan Muktamar Umat Muslim Tingkat Dunia

Saat hari Arafah, umat islam dari seluruh penjuru dunia datang untuk melaksanakan ibadah haji dan berkumpul di padang Arafah. Mereka melakukan prosesi puncak haji yakni wukuf di Arafah.

Amalan di Bulan Dzulhijjah

Lantaran banyaknya keutamaan, islam mensyariatkan amal-amal shalih dan memberikan ganjaran luar biasa. Adapun amalan-amalan yang bisa Sobat Cahaya Islam kerjakan antara lain:

1. Puasa

Amalan pertama yang bisa Sobat kerjakan di bulan Dzulhijjah adalah puasa. Adapun puasa merupakan amal shalih yang Allah sukai.

keutamaan bulan Dzulhijjah

Terdapat anjuran untuk menjalankan ibadah puasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah. Karena itulah tak ada salahnya Sobat memperbanyak puasa di hari sebelumnya.

2. Berkurban

Allah SWT berfirman:

فصل لربك وانحر

Maka shalatlah kamu untuk Tuhanmu dan berkurbanlah!” (Qs. Al Kautsar: 2)

Kurban merupakan ibadah  yang disyariatkan satu tahun sekali. Pelaksanaan ibadah kurban yakni bulan Dzulhijjah.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya Sobat berkurban tepat di bulan Dzulhijjah demi mendapat Ridha Allah SWT.

3. Sedekah

Amalan yang bisa Sobat lakukan berikutnya yaitu sedekah. Sebenarnya Sobat bisa melakukan ibadah sedekah kapan saja selain di bulan Dzulhijjah.

Tetapi tidak ada salahnya memperbanyak amalan sedekah di bulan Dzulhijjah. Allah SWT berfirman: 

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkanku sampai waktu yang dekat, sehingga aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih.” (Qs. Al Munaafiquun: 10).

4. Berdzikir

Dalam QS Al Hajj ayat 28, Allah SWT berfirman:

ليشهدوا منافع لهم ويذكروا اسم الله في أيام معلومات

“Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan…” (Qs. Al Hajj: 28)

keutamaan bulan Dzulhijjah

Sobat juga bisa memperbanyak amalan berdzikir di bulan Dzulhijjah. Utamanya, dzikir di hari-hari yang kesepuluh berupa tahlil, tahmid, dan takbir.

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa amalan yang bisa Sobat lakukan untuk melengkapi keutamaan bulan Dzulhijjah. Dengan demikian, Sobat bisa mendapat pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY