Kemiskinan di Kuningan Meningkat Selama Pandemi, Jangan Takut! Lakukan Upaya Ini Untuk Hindari Kemiskinan Menurut Islam

0
89
Kemiskinan di Kuningan Meningkat Selama Pandemi Ini

Kemiskinan di Kuningan – Pemerintah Provinsi Jabar mengumumkan bahwa kabupaten Kuningan ini termasuk dalam list lima kabupaten dan kota yang mengalami peningkatan angka kemiskinan. Faktor penyebab dari meningkatnya angka kemiskinan selama pandemi ini diantaranya PHK dan pengurangan jam. Sehingga ini menyebabkan sebagian orang harus kehilangan pekerjaan dan pendapatannya pun menurun karena adanya pengurangan jam kerja tersebut.

Kemiskinan di Kuningan Meningkat Selama Pandemi Ini

Kemiskinan tentu saja menjadi kekhawatiran hampir setiap orang. Apalagi selama pandemi ini, Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK banyak terjadi. Sehingga banyak orang kehilangan pekerjaan. Dan orang-orang yang masih tetap bekerja pun harus mengalami penurunan pendapatan selama pandemi. Namun sobat CahayaIslam, meskipun kemiskinan menjadi momok menakutkan selama pandemi ini. Islam mengajarkan kaum muslimin untuk tidak takut miskin.

Kemiskinan di Kuningan Meningkat Selama Pandemi, Lakukan Upaya Ini Untuk Hindari Kemiskinan Menurut Islam

Kemiskinan di Kuningan Meningkat dan Cara Atasi Kemiskinan Menurut Islam

Kemiskinan di Kuningan meningkat selama masa pandemi ini. Kehilangan pekerjaan dan pendapatan yang menurun menjadi faktor utama angka kemiskinan meningkat. Dalam islam, kaum muslimin diajarkan untuk tidak khawatir atau takut miskin. Hal ini karena rezeki telah dijamin oleh Allah. Dan bahkan tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang tidak Allah berikan rezekinya.

Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(1)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya Allah memberikan rezeki kepada semua makhlukNya. Itu sebabnya, Allah memerintahkan kaum muslimin untuk jangan takut miskin. Karena sejatinya setan yang menakut-nakuti manusia akan kemiskinan.

Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.(2)

Dan tahukah sobat CahayaIslam, kita bisa lakukan upaya berikut untuk hindari kemiskinan.

Kemiskinan di Kuningan Meningkat Selama Pandemi dan Begini Pandangan Islam

Khusnudzon Kepada Allah SWT

Upaya yang paling penting untuk dilakukan agar terhindar dari kemiskinan adalah terus berprasangka baik kepada Allah SWT. Khusnudzon kepada Allah akan membuat kita lebih bersyukur dan jauh dari kata putus asa. Sehingga dengan inilah kita mampu merasa cukup dengan rezeki yang telah Allah berikan dan terhindar dari kekhawatiran karena kemiskinan.

Berupaya Bangun Usaha Atau Mencari Pekerjaan Halal

Untuk menghindari kemiskinan, tentu saja kaum muslimin harus tetap berusaha atau berikhtiar. Rezeki itu sendiri bisa datang dari mana saja jika kita mau berusaha. Mulai dari mencari pekerjaan yang halal atau membangun usaha dengan jalan yang baik. Apapun yang niatnya benar dan tidak melanggar syariat islam, insyaallah akan Allah berikan jalan ya sobat CahayaIslam.

Jangan Lupa Berdoa

Selain berusaha, semua hal harus diimbangi juga dengan doa. Maka jika kita sudah berusaha, jangan lupa untuk terus berdoa dan meminta kepada Allah SWT. Karena hasilnya adalah Allah yang menentukan.

Kemiskinan di Kuningan – mengalami peningkatan akibat banyaknya kasus PHK dan juga pengurangan jam kerja. Namun sebagai seorang muslim, janganlah kita merasa takut akan kemiskinan. Ini merupakan bisikan setan, sementara rezeki itu sudah dijamin oleh Allah SWT.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ankabut Ayat 60

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 268

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY