Keluarga Bahagia dan Cara Mengenali Tandanya!

0
71
tanda keluarga bahagia

Tanya jawab islam tentang keluarga Niat merupakan salah satu hal yang paling mendasar untuk melakukan apapun. Termasuk ketika membangun keluarga. Niat adalah hal yang akan menjadi penentu bahkan nilai dari keluarga itu sendiri. Untuk membangun keluarga yang baik, maka niatnya pun harus baik. Nah, jika sobat sudah berkeluarga apakah sudah mengenali tanda keluarga bahagia ? apa saja tanda-tandanya, berikut ini ulasannya!

Namun sebenarnya keutamaan keluarga atau pernikahan sudah pasti adalah untuk ibadah. Dalam ulasan konsultasi syariah rumah tangga ini, ada beberapa hal jika keluarga dikatakan sebagai keluarga yang bahagia. Ini beberapa tanda yang bisa anda jadikan penilai bagaimana keluarga bahagia itu.

Keluarga atau biduk rumah tangga pasti akan mengalami pasang surut. Sehingga tidak ada keluarga yang benar-benar menjalani hanya dengan kebahagiaan saja. Ini hanya tergantung dari bagaimana keluarga itu sendiri menjalaninya. Rasa syukur dan ridha umumnya yang membuat sebuah keluarga tetap bahagia meski sedang dilanda cobaan atau semacamnya.

Untuk membentuk keluarga bahagia, maka anggota keluarga harus ikut berperan mewujudkannya. Itulah kenapa pasangan suami istri dan anak harus saling kompak. Karena masalah juga bisa saja datang dari internal maupun eksternal. Ada beberapa tanda keluarga sebagai keluarga yang bahagia. Menurut ulasan pada tanya jawab islam tentang keluarga.

Beberapa Tanda Keluarga Bahagia

Kebahagiaan dalam keluarga bisa dicapai ketika anda membangun sebuah keluarga dengan dasar agama. Itu berarti menjalani pernikahan harusnya dengan niat untuk menyempurnakan ibadah serta meningkatkan iman kepada Allah SWT. Sehingga keluarga bisa menjadi kesatuan yang sakinah, mawadah dan warohmah.

istri shalehah

Ada beberapa hal yang menjadi tanda bahwa keluarga dikatakan bahagia. Salah satunya adalah istri shalehah. Adanya istri shalehah sudah pasti memberikan kesejukan untuk rumah dan keluarganya. Adanya istri yang shalehah menandai keluarga tersebut bahagia. Begitu juga dengan anak-anak yang berakhlakul karimah. Anak yang baik menjadi ukuran sebuah keluarga.

rejeki yang barokah

Keluarga yang bahagia juga ditandai dengan rejeki yang barokah. Anda bisa melihat bahwa keluarga yang bahagia memiliki kualitas. Kualitas inilah yang bisa dilihat dari bagaimana mencari rejeki yang barokah. Ini menjadi tanda bahwa keluarga tersebut bahagia dengan kualitas rejeki yang baik.

Ketenangan

Selain itu, keluarga yang bahagia menurut ulasan konsultasi syariah pernikahan ini, juga ditandai dengan ketenangan. Istilah sakinah ini memiliki arti ketenangan. Jadi keluarga yang bahagia juga dapat ditandai dengan adanya ketenangan dalam keluarga tersebut. Ketenangan bisa tercipta jika keluarga ini dapat menjalani kehidupan dengan baik.

Sikap saling mencintai

Keluarga yang bahagia juga akan ditandai dengan sikap saling mencintai. Kita bisa lihat bagaimana keluarga bahagia bersikap begitu harmonis. Sehingga terlihat sikap lembut dari anggota keluarga kepada yang lainnya. Saling mencintai inilah yang akan membuat biduk rumah tangga berjalan dengan baik dan semestinya.

Jika kasih sayang dalam rumah tangga tidak berjalan dengan baik, maka ini akan mengganggu jalan rumah tangga. Bahkan bisa menjadi salah satu alasan banyaknya pertengkaran atau ketidakharmonisan. Oleh karena itu, mawadah atau saling mencintai adalah ciri keluarga yang bahagia.

beberapa ciri diatas menjadi pedoman bagaimana keluarga dikatakan bahagia menurut islam. Sehingga jika anda ingin mewujudkan keluarga yang bahagia. Maka ada beberapa hal yang harus dibentuk dan diciptakan juga. Agar dapat membantu untuk menciptakan keluarga yang bahagia. Semoga ulasan ini dapat memberikan kita gambaran bahwa keluarga bahagia menurut islam bisa diwujudkan dengan beberapa aspek yang membangunnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!