Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Juli 2020, Sudah Tahu Manfaatnya?

0
31

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh – Salah satu puasa sunnah selain puasa senin-kamis, puasa Daud adalah puasa ayyamul bidh titik puasa ayyamul bidh merupakan puasa sunnah yang dilakukan setiap tanggal 13, 14 dan 15 di setiap bulan kalender Hijriyah, selain bulan Ramadan.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Juli 2020

sobat cahaya Islam, setiap puasa sunnah memiliki keutamaan masing-masing. Begitu halnya dengan puasa ayyamul bidh. Rasulullah juga pernah melakukan puasa sunnah yang satu ini. Bahkan dalam suatu hadits beliau bersabda bahwa Bagi siapapun yang berpuasa ayyamul bidh selama 3 hari di pertengahan bulan hijriah akan menerima 10 kali lipat pada setiap kebaikan yang dilakukan.

Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya,

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi no. 761 dan An Nasai no. 2424)

Berdasarkan hadis di atas, puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan besar bagi yang melaksanakannya. berpuasa selama 3 hari sama dengan berpuasa penuh selama 1 bulan. Sedangkan, melaksanakan puasa ayyamul bidh setiap bulan sama dengan puasa penuh selama setahun. jadi sobat Cahay Islam, betapa besar keutamaan yang akan kita dapat jika kita menjalankan puasa ayyamul bidh.

Sobat Cahaya Islam bisa melaksanakan jadwal puasa ayyamul bidh di bulan dzulqaidah ini pada tanggal 4, 5 dan 6 bulan Juli 2020. Sobat juga akan mendapatkan banyak keutamaan dari puasa sunnah ayyamul bidh.

Keutamaan Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh

Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan dari puasa sunnah ayyamul bidh.

Perintah Rasulullah

Di dalam hadis-hadis sahih Rasulullah pernah memerintahkan umatnya untuk melaksanakan puasa ayyamul bidh di setiap pertengahan bulan hijriah selama tiga hari berturut-turut. Atas alasan itulah mengapa puasa ayyamul bidh menjadi sebuah keutamaan.

Puasa Ayyamul Bidh Sama dengan Puasa Selama Setahun

Berdasarkan riwayat yang dapat dipercaya atau shohih, Rasulullah memerintahkan umatnya untuk melaksanakan puasa ayyamul bidh selama 3 hari di setiap bulan hijriah. Bagi yang mengerjakan ibadah puasa ayyamul bidh akan mendapat keutamaan puasa selama setahun.

Sebuah Tauladan dari Rasulullah

Tahukah sobat cahaya Islam bahwa meneladani apa yang Rasulullah lakukan merupakan sesuatu yang sangat dicintai oleh Allah. Allah sangat mencintai Rasulullah. Maka siapapun yang selalu bersholawat dan melaksanakan sunnah-sunnah beliau akan mendapat syafaat dari Allah.

Kita sebagai umat beliau sudah sepatutnya mengikuti sunnah dan akhlak dari Rasulullah. Beliau adalah suri tauladan bagi kita semua umat Islam.

Kebiasaan Rasulullah Saw

Puasa ayyamul bidh adalah kebiasaan Rasulullah, oleh karena itulah puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan yang agung bagi umat Muslim. Rasulullah selalu mengingatkan kepada umatnya agar berbuat asa setiap tanggal 13, 4, dan 15 setiap bulannya. Berpuasa selama tiga hari berturut-turut di pertengahan bulan hijriyahmemiliki nilai pahala yang sama dengan melaksanakan puasa selama sebulan penuh.

Meskipun puasa ayyamul bidh adalah puasa sunnah dan tidak wajib dilaksanakan, tetapi puasa ini memiliki banyak sekali keutamaan. Sobat Cahaya Islam apabila ingin melaksanakan puasa sunah ini bisa melihat jadwal puasa ayyamul bidh setiap bulannya. Nanti akan mengetahui tanggal berapa di bulan Masehi puasa ayyamul bidh dilakukan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!