Keistimewaan Doa Qunut dan Manfaatnya dalam Islam

0
59
doa qunut

Doa Qunut – Selain waktu Shubuh itu mulia, ternyata ada do’a Qunut yang sangat istimewa. Doa Qunut ini biasanya di selipkan selepas i’tidal pada rakaat kedua. Tidak semua merutinkan memang, bukan karena tidak mengetahui keistimewaannya. Namun, hal tersebut berdasarkan dalil yang di yakini.

Sobat Cahaya Islam, membaca do’a Qunut ketika Shubuh dapat sobat lakukan jika meyakini dalil tersebut. Selain itu, do’a Qunut yang juga di bacakan dalam shalat manakala sedang dalam kondisi darurat dan menghadapi kematian seperti kondisi wabah hari ini.

Apa Keistimewaan Doa Qunut?

Ada banyak keistimewaan yang di dapatkan ketika membaca do’a Qunut. Namun perlu kita ingat, bahwa keistimewaan ini tidak boleh di jadikan alasan utama membaca do’a tersebut. Tentu hal tersebut tidak di benarkan. Karena seseorang harus beraktivitas berdasarkan pemahaman syari’at, bukan mencari manfaat belaka.

Islam sendiri secara tegas memberikan penjelasan terkait pentingnya untuk menjalankan aktivitas berdo’a. Termasuk halnya membaca do’a ini. Lantas, apa saja manfaat yang bisa di dapatkan kaum muslimin? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Memberikan Petunjuk

Bacaan qunut juga dapat menjadi do’a agar kaum muslimin senantiasa di berikan petunjuk dalam hidupnya. Hal ini sangat penting bagi kaum muslimin supaya tidak sampai terjerumus ke dalam hal – hal yang melenceng dari syariat.

Akan sangat sayang, jika sampai masuk ke dalam jurang kemaksiatan sementara kehidupan hanya dirasakan sekali seumur hidup. Selain itu, meminta petunjuk kepada Allah SWT mengindikasikan bahwa manusia adalah seorang makhluk yang terbatas dan hanya menggantungkan kepada Allah SWT semata.

Berikut bacaan qunut beserta artinya :

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ

مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada merek, dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

2. Memberikan Perlindungan

Terdapat kalimat dalam qunut yang memaknai bahwa Allah SWT memberikan perlindungan kepada hambaNya. Hal ini tentu akan menjadi penjamin terbaik bagi seorang hamba. Namun, hal ini tidak boleh di jadikan sebagai alasan agar kaum muslimin tidak berikhtiar.

Ikhtiar yang bisa kita lakukan yakni dengan menjaga diri dari hal – hal yang berbahaya serta mendekatkan pada kematian. Dengan demikian, maka kaum muslimin tidak akan menggantungkan perlindungan diri kepada Allah SWT semata.

3. Menambah Keberkahan

Selain memberikan petunjuk dan perlindungan, membaca do’a ini juga dapat menambah Keberkahan. Sebenarnya, segala ucapan kebaikan yang di lisankan umat akan bernilai pahala. Hanya saja, berdo’a memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT.

Di masa Rasulullah, do’a adalah senjata terbaik yang di miliki oleh kaum muslimin. Terbukti, di dalam berbagai kisah penaklukan wilayah non Islam selalu di iringi dengan do’a dari para pasukan.

4. Menambah Ketaatan

Selain menambah Keberkahan, berdo’a juga menjadikan kaum muslimin lebih dekat dengan RabbNya. Hal ini tentu saja akan menjadi tameng bagi kaum muslimin dari hal kemaksiatan. Pun, kaum muslimin akan lebih meyakini keesaan Allah SWT dan segala keagunganNya.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan seorang hamba ketika rutin membaca do’a Qunut. Hendaknya, selain do’a ini umat juga mengiringi dengan bacaan do’a lainnya baik selepas sholat maupun ketika waktu mustajabah lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu berikhtiar agar keistimewaan tersebut dapat diraih.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY