Belajar dari Pak Tarno, Inilah Cara Hidup Sederhana dalam Islam!

0
52

Pak Tarno – Baru-baru ini, media dihangatkan dengan jepretan foto yang memperlihatkan Pak Tarno berjalan kaki disertai wajah lusuh. Sontak, para netizen pun mengomentari foto tersebut. Sampai-sampai muncul isu bahwa sang pesulap ini bangkrut karena kesulitan di tengah pandemi Corona yang tidak kunjung usai.

Ramainya warganet membuat manajernya angkat bicara, mengungkapkan bahwa Pak Tarno baik-baik saja, tidak bangkrut seperti isu yang beredar. Manajernya pun menceritakan keseharian sang pesulap yang tetap penuh dengan ragam kegiatan positif, membantu sesama dan mengedepankan hidup sederhana.

Sobat Cahaya Islam, apa yang dicontohkan Pak Tarno tentu merupakan satu hal yang patut ditiru. Tidak sedikit di antara para usahawan, selebritis yang berkecukupan mengedepankan hidup mewah ketimbang seadanya. Islam pun mengajarkan untuk senantiasa hidup sederhana.

Cara Hidup Sederhana dalam Islam

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, kesederhanaan adalah salah satu hal yang diajarkan dalam Islam kepada setiap umatnya. Selain itu, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari perilaku yang menerapkan pola hidup sederhana.

Di antara manfaat yang bisa didapatkan yakni meningkatkan rasa syukur, belajar mengatur keuangan, senantiasa rendah hati dan sebagainya. Lalu, bagaimana caranya untuk bisa hidup sederhana? Yuk simak informasinya!

1.   Senantiasa Bersyukur

Islam mengajarkan untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. Cara ini hendaknya dilakukan dalam rangka menerapkan pola hidup sederhana yang lebih berkah. Setiap suka dan duka serta limpahan harta yang dimiliki senantiasa disikapi dengan penuh rasa syukur. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk meraih berkah serta ridha-Nya.

2.   Berpenampilan Sesuai Syariat Islam

Selanjutnya, jangan lupa untuk berpenampilan sesuai syariat Islam. Maksudnya, yakni tidak berpenampilan secara berlebihan bahkan melewati batas syariat Islam. Marak ditemukan orang-orang berlomba-lomba untuk bisa tampil dengan menarik hingga harus menghutang guna memenuhi kepuasan nafsu yang merasukinya.

3.   Tanamkan Sifat Rendah Hati

Cara lainnya yakni dengan menanamkan sifat rendah hati. Setinggi apa pun yang kamu capai baik dalam kemampuan maupun limpahan harta, tetaplah rendah hati. Hal ini sebagai salah satu langkah terhindar dari sifat tercela seperti sombong atau pun ishraf. Perilaku rendah hati akan menjadikan seseorang lebih dihormati dan disegani.

4.   Senantiasa Husnudzan

Lalu, cobalah untuk senantiasa berhusnudzan dalam segala hal. Pikiran positif senantiasa memberikana aura kebaikan yang terhindar dari marabahaya. Berpikir positif membantu seseorang selalu semangat dalam melangkah ke depan dan menjalani hidup dengan penuh sukacita.

5.   Memerhatikan Kehidupan Sosial

Cara lainnya untuk sederhana yakni memerhatikan lingkungan sekitar, terutama dalam kehidupan sosial. Jiwa sosial yang tinggi tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.

Hal ini bisa dilakukan dengan menjadi sukarelawan atau pun kegiatan positif lainnya yang membawa dampak positif pada khalayak umum. dengan menebar kebaikan pada banyak orang, kehidupan yang baik pun akan didapatkan.

Firman Allah SWT:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS. An-Nahl: 97)”

6.   Makan dan Minum Secukupnya

Islam mengajarkan untuk makan tidak berlebih-lebihan. Pastikan Sobat Cahaya Islam makan dan minum secukupnya tanpa melewati kapasitas. Di samping itu, dari segi kesehatan pun, makan atau pun minum berlebihan akan memberikan dampak negatif pada kesehatan, salah satunya gangguan pencernaan.

Cara lainnya yang patut diterapkan yakni belanja sesuai kebutuhan tanpa menghabur-hamburkan uang dengan hal yang tidak diperlukan. Pastikan untuk tidak berlebihan dalam hal apa pun, sehingga dapat menerapkan perilaku sederhana.

Kalau pun mau bersikap boros, terapkan dalam beramal. Boros beramal lebih baik guna mendapatkan manfaat besar serta kebahagiaan tersendiri karena membantu orang lain.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah cara yang bisa dicoba agar bisa hidup dalam kesederhanaan. Apa yang dilakukan Pak Tarno, menjadi salah satu contoh yang patut ditiru. Meskipun diselimuti dengan banyak harta, kepopuleran, tetapi tetap hidup dalam kesederhanaan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY