Kasus Pengasuhan di Masa Covid-19, Ini Bekal Mengasuh Anak Menurut Islam

0
57
Kasus Pengasuhan 3

Kasus pengasuhan – Selama masa pandemi saat ini, banyak terjadi kasus dalam pengasuhan anak. Pada tahun 2020 bahkan kita ketahui banyak kasus kekerasan terhadap anak. Seperti mencubit hingga menjewer anak.

KPAI sendiri menyatakan ada 23% kasus anak di cubit, 10% kasus anak di pukul dan 9% di jewer dalam survey nasional yang KPAI lakukan. Ini kemudian mendorong adanya penyelenggaraan seminar nasional yang bertema Sukses Menjadi Ayah dan Ibu Teladan.

Seminar yang di selenggarakan menjadi salah satu media pembelajaran bagi orang tua, sehingga para orang tua tahu bagaimana mengasuh anak. Dan juga ketua KPAI pun menjelaskan tentang keharusan bagi ayah dan ibu dalam pengasuhan anak. Baik secara fisik ataupun psikologis.

Dalam islam, anak adalah suatu amanah yang harus di didik dan di rawat dengan baik. Itu sebabnya, islam sendiri juga telah mengatur bagaimana peran ayah dan ibu dalam keluarga.

Kasus Pengasuhan di Masa Covid-19, Ini Lho Bekal Untuk Mengasuh Anak Menurut Islam

Kasus pengasuhan marak terjadi di Indonesia. Kekerasan pada anak bukan hanya di lakukan oleh orang yang dipercaya untuk mengasih anak. Namun juga di lakukan oleh para orang tua sendiri. Ini tentu saja keadaan yang sangat miris.

Sementara islam sendiri melarang tindakan kekerasan, apalagi kepada anak yang merupakan amanah dari Allah SWT. Seorang ayah dan ibu telah di atur perannya dalam ayat-ayat Al Quran sebagaimana untuk membentuk keluarga islam yang harmonis.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Di jadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang di ingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Dalam ayat ini menjelaskan bagaimana keluarga harusnya saling menjaga dan menyayangi. Hal itu juga yang perlu dilakukan dalam pengasuhan anak. Untuk menghindari kekerasan kepada anak yang semakin marak terjadi di masa pandemi ini. Ada beberapa hal yang perlu menjadi bekal untuk mengasuh anak. Sehingga bisa menciptakan pengasuhan yang sesuai dengan ajaran islam.

Kasih Sayang Kepada Anak

Ini salah satu modal untuk mengasuh dan merawat anak dengan baik. Kasih sayang perlu dimiliki oleh para orang tua atau bahkan para pengasuh. Dengan kasih sayang, maka akan menghindarkan perilaku kasar atau kekerasan yang bisa saja dilakukan. Dan lagi Allah juga memerintahkan kaum muslimin untuk melimpahkan kasih sayang kepada keluarga, terutama untuk anak-anak.

Sikap Peduli Kepada Anak

Kurangnya kepedulian terhadap anak membuat kasus kekerasan seorang mudah terjadi kepada anak. Siapapun yang memiliki sikap peduli atau empati, tentu saja akan lebih berhati-hati dalam memperlakukan anak. Maka para orang tua ataupun pengasuh anak harus memiliki sikap peduli ini. Sehingga dalam pengasuhan tidak adanya kekerasan atau kekasaran.

Bersandar Pada Ajaran Islam

Ilmu agama juga salah satu yang berperan penting dalam pengasuhan anak. Ini menjadi bekal untuk mengasuh anak agar mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan tidak. Ajaran islam bisa menjadi dasar para orang tua dalam memperlakukan anak. Sehingga benteng agama juga yang akan menghindarkan para pengasuh anak untuk berbuat kekerasan atau kedzaliman kepada anak-anak.

Kasus pengasuhan – yang kian marak terjadi di masa pandemi. Ini menjadi bukti pentingnya memiliki bekal dalam mengasuh anak yang sesuai dengan ajaran islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali ‘Imran Ayat 14

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY