Tidak Lolos SNMPTN Buat Kecewa? Ini Cara Bangkit Dari Kegagalan Versi Islam

0
29
Tidak Lolos SNMPTN 2

Tidak lolos SNMPTN – SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, tentu saja sangat dinanti-nantikan oleh para pelajar. Seleksi untuk masuk perguruan tinggi ini dilakukan dengan menggunakan nilai rapot selama lima semester. Dan juga tanpa dipungut biaya. Sehingga seleksi inipun hanya bisa diikuti oleh pelajar yang memenuhi kriteria yang berlaku. Biasanya ini diberikan kepada pelajar yang dianggap memiliki kemampuan yang cukup menonjol disekolahnya.

Tidak Lolos SNMPTN 2

SNMPTN atau seleksi yang sering disebut sebagai jalur undangan ini merupakan kesempatan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi dengan biaya yang lebih terjangkau. Sayangnya, terkadang kita juga tidak pernah mengetahui pasti tolak ukur untuk lolos SNMPTN ini. Apalagi kuota yang disediakan terbatas sementara yang mengikuti ada ribuan pelajar di Indonesia. Sehingga tidak heran jika banyak pelajar merasa kecewa karena tidak lolos seleksi ini.

Tidak Lolos SNMPTN Buat Kecewa? Begini Cara Bangkit Dari Kegagalan Versi Islam

Tidak Lolos SNMPTN 1

Tidak lolos SNMPTN tentu saja bukan akhir dari segala perjuangan dan usaha. Sobat CahayaIslam masih memiliki banyak kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Perasaan kecewa tentu saja manusiawi, namun ini tidak boleh berlarut-larut. Islam tidak mengajarkan kaum muslimin untuk berlebihan dalam merasa kecewa ataupun bersedih. Dan setiap kegagalan yang terjadi tentu mengandung sebuah pembelajaran lho.

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana kaum muslimin tidak seharusnya berputus asa. Allah memberikan pelajaran dari kegagalan yang bukan berarti akan selamanya gagal bukan? Sebagai seorang muslim, kita perlu berprasangka baik terhadap setiap rencana yang Allah berikan. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan kaum muslimin untuk bangkit dari kegagalan.

Mengambil Hikmah

Tidak Lolos SNMPTN 3

Cara yang pertama untuk bangkit dari kegagalan adalah memetik hikmah. Penyebab seseorang tidak mampu bangkit dari kegagalan itu karena ia tidak belajar untuk berprasangka baik. Sementara Allah sendiri selalu menyelipkan hikmah besar dalam setiap kegagalan. Jadi sobat CahayaIslam, untuk bangkit dari kegagalan kita harus bisa melihat hikmah yang ada dibalik setiap kejadian. Sehingga menjadikan kita berprasangka baik kepada Allah SWT.

Memotivasi Diri Untuk Berusaha

Cara bangkit dari kegagalan versi islam yang kedua adalah menjadikan setiap kegagalan sebagai motivasi. Motivasi untuk memperbaiki diri hingga berusaha lagi. Dengan begitu, ini akan membantu mengembangkan diri agar lebih baik. Dan justru bisa mendorong kita menjadi seorang muslim yang lebih pandai dalam menyandarkan segala sesuatu kepada Allah. Dan juga tidak mudah berputus asa.

Bersyukur

Ini adalah kunci dari semua hal, yaitu bersyukur apapun yang terjadi. Kegagalan juga salah satu yang perlu disyukuri. Dan dengan bersyukur Allah akan menambahkan nikmat serta hal baik kepada kaum muslimin.

Tidak lolos SNMPTN – hanya sebuah pengalaman mengenai kegagalan. Maka sobat CahayaIslam, jangan lupa untuk tetap bangkit dari kegagalan untuk mendapatkan pencapaian yang lebih baik ya.


Catatan Kaki:

(1) -Surat Az-Zumar Ayat 53

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY