Kasus Filler Payudara Oleh Model Monica! Bagaimana Hukumnya Dalam Islam, Bolehkah?

0
29
Kasus Filler 2

Kasus filler – Beberapa waktu lalu seorang model Monica Indah melakukan filler payudara. Namun diketahui akibat filler tersebut, Monica mengalami infeksi sehingga harus menjalani operasi. Kasus ini telah dilaporkan dan sedang diselidiki oleh pihak kepolisian. Adanya dugaan malpraktik yang dilakukan oleh oknum yang mengaku sebagai dokter dan kini masih dalam pencarian. Pihak kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan MenKes untuk mencari tahu mengenai legalitas klinik tersebut dan izin praktik.

Kasus Filler 1

Di jaman yang modern sekarang ini, telah banyak teknologi canggih yang bisa membantu kaum hawa untuk mempercantik diri. Hingga tidak segan untuk mengubah bagian tubuhnya demi mendapatkan kesempurnaan penampilan yang diinginkan. Sayangnya, tindakan ini tidak sedikit yang akhirnya justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mulai dari infeksi, hasil yang tidak sesuai dan lain sebagainya. Dan tahukah sobat CahayaIslam, islam sendiri memberikan batasan-batasan bagi wanita dalam berhias atau berpenampilan.

Kasus Filler Payudara Oleh Model Monica! Bolehkah Hukumnya Dalam Islam?

Kasus Filler 2

Kasus filler yang dilakukan oleh Monica Indah sehingga berujung pada infeksi yang membuatnya harus menjalani operasi. Ini adalah salah satu contoh bahwa tidak semua proses mempercantik diri akan berjalan dengan baik. Bukankah sebagai seorang muslim kita seharusnya mensyukuri apa yang Allah sudah berikan. Sementara bagaimana dengan tindakan mengubah bagian tubuh tertentu demi mendapatkan penampilan yang menarik? Bolehkah hukumnya dalam agama islam?

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,

Dalam ayat ini telah dituliskan bahwa Allah telah menciptakan manusia sesuai dengan fitrahnya. Maka seharusnya manusia tidak mengubah apa yang menjadi fitrahnya. Begitu pula dengan mengubah bagian tubuh tertentu, ini termasuk bentuk mengubah ciptaan Allah SWT. Dan hukumnya tentu saja tidak diperbolehkan atau bahkan diharamkan dalam islam. Tahukah kenapa mengubah ciptaan Allah ini dilarang? Begini alasannya.

Kasus Filler 3

Cerminan Sikap Tidak Bersyukur

Allah melarang kaum muslimin untuk mengubah ciptaan Allah SWT, salah satu alasannya karena ini merupakan cerminan sikap tidak bersyukur. Islam senantiasa mengajarkan kaum muslimin untuk bersyukur. Sehingga tidak merasa kurang apapun yang Allah berikan kepadanya. Sementara orang-orang yang tidak bersyukur akan selalu mencari kesempurnaan dan tidak pernah cukup dengan apa yang Allah berikan. Dan Allah tidak menyukai golongan orang yang tidak bersyukur.

Menolak Kodrat Yang Allah Berikan

Mengubah ciptaan Allah juga menjadi salah satu bentuk menyalahi kodrat. Ini karena Allah telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Dan tentu saja sesuai dengan porsi tiap-tiap manusia. Sementara mengubah bentuk tubuh itu artinya menolak apa yang Allah sudah berikan. Apalagi hanya bertujuan untuk mempercantik diri misalnya.

Dalam kondisi tertentu, mengubah bagian tubuh tertentu diperbolehkan. Jika ini bertujuan untuk memberikan manfaat dan bukan hanya bertujuan untuk mempercantik diri. Yang diperbolehkan diantaranya misalkan mengalami kecelakaan sehingga harus melakukan operasi pada bagian tertentu. Ini juga diperbolehkan jika bertujuan mengembalikan fungsi organ tertentu.

Kasus filler – yang dilakukan oleh Monica Indah bisa menjadi pelajaran bagi kaum muslimin. Agar kita lebih bersyukur dengan apa yang Allah sudah berikan ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ar-Rum Ayat 30

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY