Anak Lebih Akur? Lakukan Beberapa Cara Ini Menurut Islam

0
41
Anak Lebih Akur 2

Anak lebih akur – Hubungan persaudaraan terkadang cukup rumit, apalagi seringkali hubungan kakak adik sangat dekat namun bisa juga menjadi musuh. Terlebih lagi di usia remaja biasanya terdapat gesekan yang menyebabkan hubungan kakak adik menjadi kurang baik. Sementara sebagai keluarga diharapkan bisa hidup dengan rukun dan akur. Ini menjadi tantangan bagi orang tua untuk bisa menciptakan keharmonisan dalam hubungan keluarga. Terutama hubungan anak agar akur.

Anak Lebih Akur 2

Keluarga yang harmonis adalah impian setiap orang tentu saja. Itu sebabnya, setiap orang tua berusaha membangun keluarga dengan penuh kasih sayang. Sehingga diharapkan ini menjadikan hubungan keluarga berlangsung akur dan harmonis. Sementara hubungan antar anak biasanya memang cukup rumit, karena ada pertengkaran atau bahkan persaingan sehingga membuat anak-anak bisa saja bermusuhan. Itulah pentingnya mengetahui bagaimana cara membuat anak menjadi akur.

Anak Lebih Akur Dengan Lakukan Beberapa Cara Ini Dalam Islam

Anak Lebih Akur 1

Anak lebih akur tentu saja menjadikan hubungan keluarga lebih manis dan harmonis. Dalam islam sendiri, digambarkan bahwa hubungan keluarga harus dibangun dengan baik. Dalam sebuah ayat Al Quran, kaum muslimin dianjurkan untuk menjaga hubungan silaturahmi. Ini artinya, kerukunan dalam hubungan keluarga menjadi bagian penting untuk menciptakan keluarga islam yang harmonis. Lalu bagaimana untuk menjadikan anak akur?

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.(1)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya Allah memerintahkan kaum muslimin untuk memelihara keluarganya. Itu sebabnya, orang tua memiliki tugas untuk membangun hubungan keluarga yang harmonis. Begitu juga dalam hal membuat hubungan anak menjadi akur dan harmonis. Ada beberapa cara yang bisa kaum muslimin lakukan untuk membuat anak menjadi akur. Ini penjelasannya.

Berbuat Adil

Untuk menjadikan hubungan anak akur, maka orang tua harus bisa berbuat adil kepada semua anaknya. Anak biasanya menganggap saudaranya sebagai saingan atau bahkan musuh, dikarenakan ada perlakukan seperti pilih kasih dari orang tua. Dan ini tentu saja tidak dianjurkan dalam ajaran islam. Oleh karena itu, bagaimanapun orang tua harus berlaku adil kepada anak agar tidak timbul perasaan iri atau dengki.

Mengajarkan Kasih Sayang

Dengan memberikan kasih sayang dan mengajarkannya, ini akan membantu anak menjadi lebih baik dalam mencurahkan kasih sayang. Orang tua perlu memberikan contoh bagaimana keluarga harus saling menyayangi dan mengasihi. Dengan memberikan didikan ini kepada anak, maka anak akan tumbuh dengan penuh kasih sayang. Sehingga membantu hubungan anak untuk lebih harmonis.

Berikan Waktu Untuk Berbicara

Untuk membuat anak menjadi akur adalah dengan memberikan waktu untuk saling bicara. Orang tua juga perlu meluangkan waktu untuk berbicara kepada setiap anaknya. Dan memberikan ruang kepada mereka juga untuk mengungkapkan apa yang diinginkan. Ini akan membantu anak lebih terbuka dan akan menjadikan hubungan keluarga juga lebih harmonis tentu saja.

Anak lebih akur – dengan melakukan beberapa cara diatas. Dan jangan lupa bahwa hubungan keluarga yang harmonis bisa dibangun dengan menerapkan nilai-nilai islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Tahrim Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY