Gadis Dibully dan Ditampar di Solo, Awas! Ini Bahaya Tindakan Bullying Menurut Islam

0
27
Gadis dibully dan Bullying Dilarang Dalam Islam

Gadis dibully – Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan beredarnya sebuah video. Dimana dalam video tersebut terlihat sekumpulan gadis remaja atau ABG yang melakukan tindakan bully kepada salah satu gadis. Bullying yang terjadi bahkan bukan hanya berupa olokan, namun juga kekerasan seperti tamparan, pukulan hingga tendangan. Sekumpulan remaja ini tidak segan-segan menampar korban dan tampak memaksa agar korban mengatakan sesuatu. Seketika tindakan ini langsung menjadi pembicaraan hangat dan viral.

Gadis dibully dan Ditampar di Solo

Viralnya video yang berisi tindakan bullying kepada seorang gadis ABG di Solo. Ini akhirnya sampai kepada pihak kepolisian yang kemudian mengusut kasus ini. Namun sang ayah dari korban, justru berniat untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. Kasus bullying rasanya sudah menjadi hal biasa di kalangan anak remaja. Tidak sedikit kita temukan kasus kekerasan yang berawal dari bullying. Dalam islam, bullying atau mengolok-ngolok adalah perbuatan yang bahkan dilarang. Tentu saja ini bukan sikap seorang muslim.

Gadis Dibully dan Ditampar di Solo, Ini Bahaya Tindakan Bullying Menurut Islam

Gadis dibully dan Ini Pandangan Islam Tentang Bullying

Gadis dibully dan ditampar di Solo ini menjadi berita viral yang menarik perhatian banyak orang. Tidak sedikit yang bahkan menghujat, karena ini merupakan tindakan yang dianggap tidak pantas. Dalam islam, menghina atau mengolok adalah perbuatan yang dilarang. Sehingga apapun alasannya, bullying adalah perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama islam. Jangankan untuk mengolok atau melakukan bullying, bercanda saja ada adabnya. Salah sedikit saja ini bisa menjerumuskan kita pada perbuatan dosa lho sobat Cahaya Islam.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka.(1)

Dalam ayat diatas ditegaskan, bahwa kita dilarang untuk mengolok atau merendahkan orang lain. Apalagi hingga melakukan tindakan menampar, memukul dan bullying yang merujuk pada kekerasan. Lalu apa saja bahaya bullying menurut islam?

Menjerumuskan Pada Kedzaliman

Gadis dibully dan Ini Bahaya Tindakan Bullying

Sobat Cahaya Islam, bullying bukanlah kasus atau tindakan yang sepele. Karena akibat dari bullying sendiri bagi korbannya sangatlah berdampak besar. Dari perbuatan ini, kita bisa menyakiti orang lain sehingga ini sama saja kita berbuat dzalim terhadap orang lain. Dan tentu saja, setiap perbuatan akan dimintai pertanggung jawaban. Apalagi perbuatan dzalim yang jelas-jelas sudah melanggar ajaran islam dan termasuk perbuatan keji.

وَلَا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ ۚ إِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيهِ الْأَبْصَارُ

Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak,(2)

Menjerumuskan Pada Perbuatan Dosa Besar

Bullying atau tindakan mengolok-olok orang lain, ini merupakan perbuatan yang dzalim. Sehingga ini akan menjerumuskan kita pada perbuatan dosa. Bahkan pelaku bullying mungkin akan mendapatkan siksaan pedih di akhirat nanti. Apalagi doa orang yang terdzalimi sangatlah mustajab. Itu sebabnya, Allah memerintahkan kita untuk berbuat baik dan tidak menyakiti orang lain.

Terlebih lagi bullying ini memberikan dampak besar bagi korban, baik untuk mental dan psikisnya. Jika kekerasan juga terjadi dalam kasus bullying, tentu saja ini akan menimbulkan trauma tersendiri. Ini artinya kita sama saja menimpakan musibah dan kerugian bagi orang lain

Gadis dibully – hingga ditampar dan mendapatkan tindak kekerasan lainnya. Ini adalah perbuatan yang sudah menyimpang dari ajaran agama islam. Maka sobat Cahaya Islam, mari tingkatkan keimanan diri dan takutlah kita terhadap Allah SWT. Ini akan menghindarkan kita dari berbuat dzalim dan hal-hal yang melanggar ajaran islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 11

(2) – Surat Ibrahim Ayat 42

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!