Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid Beserta Dalil Penguatnya

0
79
keutamaan shalat berjamaah di masjid

Keutamaan shalat berjamaah di masjid – Karena banyaknya keutamaan shalat berjamaah di masjid, umat Islam laki-laki sangat dianjurkan melaksanakan shalat di tempat yang dimuliakan tersebut.

Sayangnya, meski ada banyak keutamaannya, akan tetapi saat ini semakin banyak yang malas untuk shalat berjamaah masjid. Malah mayoritas umat Islam lebih memilih untuk shalat sendiri di rumah.

Berbagai Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid

Sebenarnya, dibandingkan shalat sendiri di rumah, jauh lebih banyak keutamaannya jika melaksanakan shalat wajib di masjid. Penasaran apa saja itu? Simak penjelasannya beserta dalilnya sebagai berikut:

1. Diampuni Dosa dan Diangkat Derajatnya

Berdasarkan HR. Ibnu Majah diterangkan bahwa orang yang shalat berjamaah di masjid maka akan diampuni dosa-dosanya dan diangkat derajatnya. Hadits beserta maknanya dijelaskan di bawah ini:

 إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَأَحَسَنَ الْوُضُوْءَ ثُمَّ  أَتَى الْمَسْجِدَ لاَيَنْهَزُهُ إِلاَّ الصَّلاَةُ لاَيُرِيْدُ إِلاَّ الصَّلاَةَ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلاَّ رَفَعَهُ اللهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحَطَّ عَنْهُ بِهاَ خَطِيئَةً حَتىَّ يَدْخُلَ الْمَسْجِدَ فَاءِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِي صَلاَةٍ مَا كَانَتْ الصَّلاَةُ تَحْسُهُ

Terjemah: “Jika salah seorang dari kalian berwudlu dan membaguskannya, kemudian datang ke masjid, dan tidak ada yang menggerakkannya menuju masjid kecuali shalat maka tidaklah ia melangkahkan kaki kecuali dengannya Allah akan mengangkat derajat dan menghapus dosanya sehingga ia masuk masjid, dan jika masuk masjid maka ia akan tetap dalam hitungan shalat selama shalatlah yang menahannya ( dari keinginan pulang)”. [HR. Ibnu Majah no. 766]

2. Dilipatgandakan Pahala Shalatnya

Jika shalat sendiri pahalanya hanya satu, maka pahala shalat berjamaah dilipatgandakan hingga 27 derajat, ada juga pendapat yang mengatakan dilipatgandakan 25 derajat. Keduanya didasarkan pada hadits yang dianggap shahih berdasarkan ijma ulama yaitu:

صَلَاةُ الْجَمَا عَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَ عِسْرِيْنَ دَرَجَةً

Terjemah: “ Shalat jamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian”. [HR. Muslim no. 1038]

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِخَمْسٍ  وَ عِسْرِيْنَ دَرَجَةً

Terjemah: “Shalat berjamaah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh lima derajat“ [HR. Bukhari no. 610]

3. Mendapatkan Naungan Perlindungan Allah

keutamaan shalat berjamaah di masjid

Tanpa perlindungan Allah SWT, kehidupan manusia akan terombang-ambing tidak tentu arah. Bagi yang ingin hidupnya mendapatkan naungan Allah SWT, maka perlu merutinkan shalat jamaah di masjid. Hal ini diterangkan dalam hadits berikut:

سَبْعَةٌ يُظِلهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ …وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ….

Terjemah: “Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah SWT pada hari yang tidak ada naungan  kecuali naungan Nya, (salah satunya adalah)  “ Seorang laki-laki yang hatinya terpaut di masjid”. [HR. Bukhari no. 620]

4. Diampuni Dosanya yang Telah Lalu

Baik sadar maupun tidak, manusia kerap melakukan perbuatan dosa. Sebagai ikhtiar meminta ampunan Allah SWT, Sobat Cahaya Islam harus semakin rajin shalat berjamaah di masjid. Keterangannya ada dalam hadits di bawah ini:

إِذَا قَالَ الْاءِمَامُ {غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّالِّيْنَ} فَقُلُوْا آمِيْنَ فَاءِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ الْمَلَاءِكَةِ غُفِرَلَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Terjemah: Jika Imam membaca “Ghairil Maghduubi Alaihim Waladldlaalliin” maka ucapkanlah “Aamiin” karena siapa yang ucapan aminnya bersamaan dengan aminnya Malaikat maka dosanya yang telah lalu akan diampuni”.

Setelah mengetahui keutamaan shalat berjamaah di masjid, umat Islam sebaiknya mulai merutinkannya. Jangan sampai pahala besar yang harusnya didapatkan malah hilang begitu saja karena rasa malas shalat berjamaah di masjid.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY