Apa Manfaat Mengkonsumsi Kurma di Bulan Puasa

0
89
apa manfaat

Apa manfaat mengkonsumsi kurma – Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh setiap muslim. Ada banyak ibadah yang dapat dilakukan selama bulan suci selain menjalankan ibadah puasa.

apa manfaat

Bagi orang yang beriman, melakukan ibadah dibulan suci merupakan hal yang sangat menyenangkan karena ada banyak momen berkumpul bersama dengan saudara-saudara muslim. Salah satu hal menarik yang juga menjadi tradisi di bulan puasa adalah mengkonsumsi buah kurma ketika buka puasa dan sahur.

Buah kurma disebut sebagai buah nabi karena memang sangat digemari oleh Rasulullah SAW. Saat bulan ramadhan, Rasulullah sering berbuka puasa dengan makan kurma. Ternyata makan buah kurma ketika buka puasa dan sahur ada banyak manfaat.

apa manfaat

Lalu apa manfaat mengkonsumsi Kurma di bulan puasa?

Sobat cahaya Islam tentu ingin tahu mengenai apa manfaat dari buah manis yang lezat ini. Berikut ini adalah manfaat luar biasa yang akan anda dapatkan setelah mengkonsumsi buah kurma:

1. Mengurangi haus

Manfaat pertama yang akan anda dapatkan ketika makan buah kurma diwaktu buka puasa dan sahur adalah akan embantu untuk mengurangi haus. Setelah seharian berpuasa anda tentu akan merasa sangat haus.

Namun setelah makan 3 biji buah kurma maka rasa haus akan lebih cepat terobati. Hal ini karena buah kurma mengandung mineral yang cukup lengkan sehingga efektif mengurangi haus dengan cepat.

2. Mengurangi lapar

Kandungan gula yang tinggi pada buah kurma juga akan membantu untuk mengenyangkan perut dengan lebih cepat sehingga setelah anda berpuasa perut anda akan terasa nyaman dan tidak tergesa-gesa untuk mengambil makanan lainnya.

apa manfaat

3. Kembalikan energi dengan cepat

Nutrisi yang terkandung pada buah kurma sangat tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh sehingga akan mampu membantu mengembalikan energi dengan cepat. Setelah mengkonsumsi 3 biji kurma maka akn dapat dirasakan manfaatnya.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan buah kurma mengandung nutrisi seperti serat yang tinggi. Serat pada buah kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda.

5. Mempersiapkan ogan pencernaan untuk mengkonsumsi makanan lain

Mengkonsumsi makanan berat langsung ketika berbuka puasa bisa membahayakan kesehatan terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit lambung.

Untuk mempersiapkan organ pencernaan agar siap untuk diisi dengan makanan berat maka anda sebaiknya makan buah kurma seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3164. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

6. Sebagai sumber energi cadangan

Mengkonsumsi buah kurma saat sahur dan berbuka puasa juga sangat baik karena dapat menjadi sumber energy cadangan. Buah kurma mengandung glukosa yang pas sehingga dapat menyediakan kalori sebagai sumber energy untuk menghadapi puasa disiang hari.

Sobat Cahaya Islam, mengkonsumsi buah kurma sudah menjadi tradisi muslim terutama ketika bulan ramadhan tiba. Banyak kelebihan yang akan didapatkan tubuh kita saat makan kurma. Contohnya, dapat mengembalikan stamina tubuh kita dengan cepat, tidak terlalu mengenyangkan sehingga tidak membuat kita ngantuk untuk melaksanakan ibadah selanjutnya. Itulah manfaat besar dari kurma. Jadikan kurma sebagai buah yang rutin kita kinsumsi di ramadhan nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!