Istri Kapten Afwan Sudah Ikhlas! Begini Cara Atasi Kesedihan Setelah Meninggalnya Orang Terdekat Menurut Islam

0
98
Istri Kapten Afwan Sudah Ikhlas 1

Istri Kapten Afwan – Jenazah kapten Afwan yang merupakan pilot dari Sriwijaya Air SJ182 yang mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu telah dimakamkan. Suasana duka pun menyelimuti prosesi pemakaman jenazah kapten Afwan. Apalagi semasa hidupnya dikenal sebagai orang yang baik dan juga agamis. Namun istri dari kapten Afwan ini mengaku telah ikhlas melepas kepergian sang suami kepada Ilahi.

Istri Kapten Afwan Sudah Ikhlas 1

Kecelakaan yang menimpa pesawat Sriwijaya Air SJ182 ini memang menjadi berita duka yang sangat mendalam di awal tahun ini. Banyak orang berduka karena kehilangan anggota keluarganya. Begitu juga dengan istri sekaligus anak-anak beserta kerabat dari pilot yang menerbangkan pesawat SJ182 ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehilangan orang terdekat itu tidak mudah dan menyakitkan. Namun bagaimanapun, kematian adalah ketetapan Allah SWT.

Istri Kapten Afwan Sudah Ikhlas! Begini Atasi Kesedihan Setelah Meninggalnya Orang Terdekat Menurut Islam

Istri Kapten Afwan Sudah Ikhlas 2

Istri kapten Afwan mengaku sudah ikhlas dengan kepergian sang suami. Karena bagaimanapun, kematian memang akan menghampiri setiap orang. Kita hanya tidak tahu pasti kapan waktu itu akan datang. Dan ini adalah ketetapan Allah yang mutlak. Sebagai seorang manusia, merasa sedih dan berduka adalah hal yang lumrah. Namun tentu saja islam tidak mengajarkan kaum muslimin untuk berlarut-larut dalam kesedihan.

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

Inilah ayat dimana Allah menjelaskan kepada kaum muslimin untuk tidak larut dalam kesedihan. Namun bukan berarti kita tidak boleh merasa sedih, hanya saja secukupnya. Karena yang berlebihan tidak dianjurkan dalam ajaran islam. Apalagi perihal kematian adalah takdir Allah, maka yang bisa kita lakukan sebagai orang yang ditinggalkan adalah menerimanya dengan sabar.

Lalu bagaimana mengatasi kesedihan setelah meninggalnya orang terdekat kita?

Istri Kapten Afwan Sudah Ikhlas 3

Belajar Ikhlas Karena Semua KetetapanNya

Mengatasi rasa sedih setelah meninggalnya orang terdekat atau kehilangan orang terdekat adalah dengan ikhlas. Dengan belajar mengikhlaskan sesuatu, maka ini akan menghindarkan kita dari kesedihan yang berlarut. Dan yang perlu kaum muslimin ingat adalah, ini semua merupakan ketetapan Allah SWT. Yang artinya kita harus menerimanya dengan ikhlas.

Perbanyak Doa

Untuk menghilangkan kesedihan saat harus kehilangan orang terdekat bisa dengan memperbanyak doa. Kesedihan bisa kita tuangkan melalui doa yang justru akan menenangkan hati kita. Dan lagi Allah lah yang menjadikan seseorang tertawa dan juga menangis. Sehingga untuk berhenti merasa sedih dan menangis, maka kepada Allah lah kita meminta untuk diteguhkan hatinya.

dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis,

Gunakan Untuk Ibadah

Agar tidak berlarut dalam kesedihan, kaum muslimin bisa gunakan waktu untuk beribadah. Dengan melaksanakan ibadah, ini akan membuat kita lebih ikhlas dan sabar. Apalagi sholat merupakan penolong bagi kita. Jadi sobat CahayaIslam, jika bersedih sebaiknya ambil air wudhu dan dirikan sholat. Kemudian berdoa untuk meminta Allah sabarkan hati kita dalam menerima segala ketetapanNya.

Istri kapten Afwan – mengaku sudah mengikhlaskan kepergian suaminya. Tidak dipungkiri bahwa kehilangan orang terdekat bukanlah hal yang mudah. Sedih, berduka adalah hal yang lumrah. Namun berlarut dalam kesedihan itu yang dilarang.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali-‘Imran Ayat 139

(2) – Surat An-Najm Ayat 43

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY