Melisha Sidabutar Meninggal Buat Hati Boy William Hancur, Bagaimana Atasi Kesedihan Menurut Islam?

0
229
Melisha Sidabutar Meninggal dan Begini Atasi Kesedihan Dalam Islam

Melisha Sidabutar meninggal – Kabar meninggalnya Melisha Sidabutar yang merupakan finalis Indonesian Idol cukup mengejutkan. Ini karena begitu tiba-tiba hingga membuat banyak orang masih tidak percaya. Pembengkakan jantung yang dialami oleh Melisha ini menyebabkannya meninggal. Kabar Melisha meninggal ini juga ternyata diakui Boy William membuat hatinya hancur. Namun Boy merasa beruntung karena diberikan kesempatan sebelumnya untuk bertemu dan mendengar suaranya langsung.

Melisha Sidabutar Meninggal dan Begini Atasi Kesedihan Dalam Islam

Kepergian Melisha ternyata menyisakan duka yang mendalam bagi orang-orang di sekitarnya. Apalagi diusianya yang masih muda dengan bakat yang dimilikinya. Namun tentu saja, tidak ada yang pernah tahu kapan kematian itu akan menghampiri. Itu sebabnya, tidak ada satupun makhluk di bumi yang bisa memprediksi kapan kematian akan datang. Terkecuali mempersiapkannya. Lalu bolehkah bersedih atas kematian seseorang menurut islam?

Melisha Sidabutar Meninggal Buat Hati Boy William Hancur, Begini Cara Atasi Kesedihan Menurut Islam

Melisha Sidabutar Meninggal dan Cara Atasi Kesedihan Menurut Islam

Melisha Sidabutar meninggal menjadi kabar yang mengejutkan. Bukan hanya untuk orang-orang di sekitarnya, namun juga para penggemar. Dalam islam, kaum muslimin dilarang untuk berlarut dalam kesedihan. Apalagi bersedih untuk seseorang yang meninggal, tentu saja ini bukan sikap yang tepat bagi seorang muslim. Merasa sedih adalah hal wajar dan manusiawi selama tidak dilakukan dengan berlebihan.

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.(1)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah memerintahkan kaum muslimin untuk tidak lemah dan bersedih. Itu artinya, bersedih karena kematian seseorang tidak boleh berlarut atau berlebihan. Lalu bagaimana untuk atasi kesedihan menurut islam?

Belajar Ikhlas

Melisha Sidabutar Meninggal dan Kesedihan Dalam Islam

Keikhlasan adalah salah satu kunci agar kita tidak mudah merasa sedih. Saat kehilangan sesuatu atau bahkan seseorang karena kematian, ketika merasa kecewa, atau apapun itu. Perasaan ikhlas akan membuat kita lebih sabar untuk menerima apa yang menjadi ketetapan Allah. Begitu juga saat orang terdekat atau kerabat meninggal dunia, mengikhlaskan akan membuat kita tidak berlarut dalam kesedihan.

Mengingat Semua Yang Terjadi Adalah KetetapanNya

Satu hal yang perlu diingat ya sobat CahayaIslam, bahwa segala yang terjadi adalah ketetapanNya. Itulah alasan kenapa kaum muslimin tidak seharusnya berlarut dalam kesedihan yang berlebihan. Dengan mengingat bahwa semua hal yang terjadi merupakan ketetapan Allah SWT. Ini akan membawa hati kita kepada keikhlasan dan kesabaran.

Banyak Mengucap Istighfar dan Berdoa

Untuk mengatasi kesedihan, maka sobat CahayaIslam bisa melakukannya dengan memperbanyak istighfar. Dan tentu saja tidak lupa untuk berdoa. Dengan mengucap istighfar dan juga berdoa, ini bisa membantu hati kita untuk merasa tenang. Juga dapat mengusir perasaan sedih.

Melisha Sidabutar meninggal – menjadi kabar duka bagi banyak orang. Namun bagaimanapun kematian adalah rahasia Allah, tidak mengenal waktu dan usia. Dan kesedihan yang disebabkan kematian seseorang tidak seharusnya membuat kita berlarut ya sobat CahayaIslam. Ini kenapa perlunya mengatasi kesedihan yang sesuai dengan ajaran islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali ‘Imran Ayat 139

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY