Intip Sedekah Paling Baik dan Utama

0
18
Sedekah Paling Baik

Tanya jawab islam tentang sedekah – Jika berbicara mengenai harta, materi atau semacamnya. Maka akan erat kaitannya dengan yang disebut sedekah. Sebagai umat muslim, sedekah merupakan hal yang dianjurkan. Bahkan jika anda hanya mampu dalam jumlah yang tidak seberapa. Dalam bersedekah, berapapun nilainya dan keadaannya tetaplah menjadi amal kebaikan. Yuk Intip Sedekah Paling Baik dan Utama !

Intip Sedekah Paling Baik dan Utama

Hanya saja, ada beberapa sedekah yang dianggap paling baik dan paling utama. Sehingga sebelum menunaikan sedekah yang lainnya, sedekah ini sebaiknya dilaksanakn terlebih dahulu. Lalu apa saja sedekah yang utama? Mari kita simak pada ulasan pertanyaan tentang keutamaan bersedekah yang paling baik dan utama berikut.

Tanya Jawab Islam Tentang Sedekah, Ini Sedekah Yang Utama

Sedekah merupakan salah satu tindakan menyerahkan sebagai harta atau materi yang kita miliki. Tujuannya adalah untuk berbagi, membantu hingga untuk melakukan amal kebaikan. Sedekah yang tepat dilihat dari niat yang bersedekah, kondisi dan juga kepentingan itu sendiri. Namun sedekah ini umumnya dianjurkan untuk orang yang mampu. Sehingga jika anda tidak cukup memiliki harta, anda bisa saja untuk menunda bersedekah.

Seperti pada hadist Abu Daud No. 1427 yang menerangkan bahwa sebaik-baik sedekah adalah jika sedekah tersebut masih meninggalkan kecukupan bagi yang bersedekah. Ini berarti sedekah bisa dilakukan jika berkecukupan. Berikut ini beberapa sedekah yang utama dalam tanya jawab bab sedekah.

Sedekah sirriyah, merupakan sedekah yang dilaksanakan dengan jalan sembunyi-sembunyi. Sedekah dengan cara ini dikatakan sebagai sedekah yang lebih ikhlas. Hal ini karena menghindarkan pelaku sedekah dari riya’ atau sombong. Dalam ulasan ini, sebaik-baiknya sedekah yang tersembunyi ini bisa dilihat pada surat Al Baqarah ayat 271.

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

 Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. [1]

Namun ada beberapa sedekah yang bisa saja ditampakkan atau nampak. Seperti membangun masjid, jembatan dan lain sebagainya. Ini merupakan sedekah yang tampak.Sedangkan sedekah yang disembunyikan tujuannya adalah menjadi fakir miskin yang anda berikan sedekah.

Dalam tanya jawab islam tentang sedekah ini disebutkan sedekah yang utama adalah ketika anda dalam keadaan sehat. Sedekah dalam keadaan sehat menjadi yang lebih utama dibandingkan sedekah ketika menjelang ajal. Biasanya dilakukan oleh orang yang berwasiat.

Jika anda masih sehat, maka sedekah akan menjadi amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Sehingga ini juga akan lebih ikhlas. Biasanya sedekah yang dilakukan dalam kondisi tidak sehat dan lain sebagainya. Umumnya akan ada niatan dimana bersedekah untuk mengharap kesembuhan, mengharap lebih kaya ketika ditimpa kemiskinan dan lain sebagainya.

Dalam tanya jawab islam tentang sedekah yang utama berikutnya ketika kebutuhan sudah dipenuhi, ini juga merupakan sedekah yang utama. Anda boleh saja bersedekah jika anda sudah memenuhi kebutuhan untuk diri sendiri. Seperti yang telah disebutkan bahwa sedekah sebaiknya dilakukan dengan kelebihan untuk kecukupan yang bersedekah.

Itu sebabnya anda harus memikirkan kebutuhan anda terlebih dahulu. Baru kemudian melakukan sedekah dengan tepat. Dengan penjelasan dalam ulasan ini, sedekah yang utama jika kebutuhan terpenuhi. Ini berarti sedekah bukan hal untuk memberatkan anda.

Itulah beberapa sedekah yang paling utama untuk dilakukan dalam ulasan tanya jawab islam tentang sedekah. Namun selain sedekah diatas, sedekah yang utama lainnya adalah nafkah anak dan istri. Nafkah untuk keluarga juga termasuk dalam kategori sedekah. Untuk sedekah ini juga mengandung pahala yang lebih banyak dibandingkan dengan sedekah terhadap fakir miskin. Itulah beberapa jenis sedekah yang paling utama dan paling baik. Sebelum anda memutuskan untuk bersedekah dengan kepentingan yang lainnya.


Catatan Kaki

[1] Q.S. Al-Baqarah (2) ayat 271

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!