Fungsi Zakat Dalam Islam, Kaum Muslimin Harus Tahu Ini!

0
20
Fungsi Zakat 1

Fungsi zakat – Zakat merupakan sejumlah harta tertentu yang wajib untuk disisihkan oleh umat muslim. Zakat sendiri biasanya dibayarkan pada bulan Ramadhan kepada golongan orang yang membutuhkan. Seperti fakir miskin dan lain sebagainya. Dalam hal ini, zakat termasuk dalam rukun ketiga dari lima rukun islam yang ada. Itu sebabnya, zakat ini menjadi bagian penting dan mutlak dari keimanan seseorang. Dan lagi ini juga wajib untuk dilaksanakan bagi yang mampu.

Fungsi Zakat 1

Zakat ini menjadikan sah bagi seseorang untuk masuk ke dalam barisan umat muslim dan juga diakui akan keimanannya. Hal ini tercermin dalam sebuah ayat Al Quran. Sehingga itu sebabnya, kaum muslimin yang mampu harus membayarkan zakat kepada berbagai golongan orang yang membutuhkan. Sesuai dengan ketentuan yang ada dalam islam.

Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.

Fungsi Zakat Dalam Islam, Kaum Muslimin Harus Tahu Ini!

Fungsi Zakat 2

Fungsi zakat ini bukan hanya sekedar untuk menunaikan kewajiban serta rukun islam. Namun ada berbagai keutamaan atau fungsi dari membayarkan zakat itu sendiri. Sobat CahayaIslam, di bulan Ramadhan kita selalu diingatkan mengenai pembayaran zakat. Ini karena bisa menjadi suatu dosa jika kita melalaikan untuk membayar zakat sementara kita mampu.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Dalam ayat ini telah dijelaskan bagaimana orang-orang beriman adalah golongan orang yang menunaikan zakat. Allah juga menjanjikan pahala bagi mereka yang membayar zakat. Bahkan bagi siapapun yang menunaikan zakat, maka ia akan merasakan ketenangan. Seperti yang dijelaskan dalam ayat ini bahwa tidak ada rasa takut dan tidak bersedih hati.

Lalu apa saja fungsi zakat menurut pandangan islam?

Wujud Keimanan dan Rasa Syukur

Fungsi Zakat 3

Zakat berfungsi sebagai wujud keimanan seorang muslim. Barangsiapa yang menunaikan zakat maka ia masuk dalam golongan orang yang beriman. Sementara itu, zakat juga berfungsi sebagai wujud rasa syukur bagi kaum muslimin kepada Allah SWT. Dan sebab rasa syukur inilah, kita sebagai golongan orang yang mampu wajib untuk menyisihkan sebagian harta kita dalam bentuk zakat.

Membersihkan Harta Yang Dimiliki

Fungsi zakat lainnya adalah untuk membersihkan harta yang dimiliki saat ini. Apalagi islam juga senantiasa menegaskan bahwa dalam sebagian harta kita terdapat hak orang lain. Lebih tepatnya hak orang-orang yang tidak mampu. Maka untuk menjadikan harta kita bersih, membayar zakat adalah salah satu caranya.

Menghilangkan Sifat Materialistis

Dengan membayar zakat, itu bisa mengajak kaum muslimin untuk menghilangkan sifat rakus atau materialistis. Sehingga harta yang berlimpah akan menjadi berkah bagi kaum muslimin. Zakat ini juga menumbuhkan akhlak yang baik dengan rasa kemanusiaan yang tentu saja lebih tinggi. Ini menjadikan seseorang memiliki jiwa peduli kepada sesama juga.

Fungsi zakat – Ada banyak fungsi dan manfaat dari membayarkan zakat lho Sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Taubah Ayat 11

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 277

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY