Menampakkan Sedekah Apakah Boleh?

0
21
Hukum Menampakkan Sedekah

Tanya jawab islam tentang sedekah – bersedekah ini sebenarnya adalah beberapa jenis sedekah hingga hukum-hukum dan aturanya. Lalu bagaimana hukum menampakkan sedekah atau pandangan islam tentang sedekah yang ditampakkan. Apakah ini boleh? Untuk lebih jelasnya dapat kita simak pada ulasan dalam pertanyaan tentang keutamaan bersedekah berikut ini.

Menampakkan Sedekah Apakah Boleh?

Sedekah adalah sebagian harta yang kita berikan untuk orang yang dianggap tidak mampu, fakir miskin dan sejenisnya. Sedekah ini gunanya adalah untuk membantu orang lain, berbagi hingga dijadikan sebagai ladang amal dalam kehidupan manusia. Jika anda adalah orang yang mampu, memiliki penghasilan yang lebih. Maka amal sholeh atau sedekah dianjurkan untuk dilakukan.

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah pamer yang berarti adalah menunjukkan kelebihan yang ada pada diri sendiri dengan niatan untuk mendapatkan pengakuan orang lain. Ini yang mungkin sering anda temui di lingkup masyarakat yang berusaha memamerkan kebaikan yang dilakukannya. Mulai dari posting tentang kebaikan seperti sedekah misalnya dan lain sebagainya.

Dalam tanya jawab islam tentang sedekah, Sifat pamer ini tentu merupakan tindakan yang tidak tepat. Lalu apakah dengan menampakkan kebaikan akan berpengaruh pada pahala yang didapat? Lalu bagaimana dengan sedekah yang sengaja untuk ditempakkan? Ada beberapa penjelasan yang harus anda perhatikan berikut ini.

Dalam surat Al Baqarah ayat 271, diterangkan bahwa sedekah yang ditampakkan adalah baik untuk mencontohkan pada orang lain. Begitu juga dengan sedekah yang disembunyikan. Ini akan menghapuskan dosa-dosa dan juga merupakan tindakan yang baik. Meski sembunyi-sembunyi, Allah merupakan Maha Mengetahui sehingga sekecil apapun kebaikan akan tetap dinilai-Nya.

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. [1]

Oleh karena itu, sedekah yang ditampakkan ini bukan berarti tindakan yang dikatakan tercela atau tidak baik. Bagimana bisa dikatakan bahwa menampakkan sedekah adalah tindakan yang baik? Begini penjelasannya dan beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk menampakkan sedekah.

Hal pertama dalam tanya jawab islam tentang sedekah yang ditampakkan ini hukumnya tergantung pada niatnya. Itulah sebabnya niat perlu diluruskan terlebih dahulu. Jika niatnya adalah untuk mencontohkan hal baik. Maka tindakan menampakkan sedekah adalah hal yang baik.

Ini dikarenakan anda membuat kebaikan untuk mengajak oranglain berbuat baik juga. Hanya saja, niat ini letaknya dihati. Sehingga anda harus menelaah dengan lebih jelas apakah niat anda murni untuk mencontohkan kebaikan atau tidak. Dengan begitu ini akan menjadi penentu apakah sedekah anda akan menjadi amalan atau justru menghilangkan amalan.

Dalam tanya jawab bab sedekah, sebaiknya pahami bahwa keutamaan bersedekah secara sembunyi-smebunyi lebih baik. Ini dikarenakan anda justru memiliki keikhlasan yang lebih baik. Ketika anda memutuskan melakukan kebaikan tanpa menampakkannya untuk penilaian manusia. Sehingga sedekah ini memberikan anda kesempatan untuk melakukan kebaikan dengan keutamaan yang lebih baik.

Hal yang harus dipertimbangkan lagi adalah riya’. Sikap menampakkan sedekah ini akan menjadi salah satu resiko untuk anda merasa riya’ atau sombong. Anda mungkin berniat mencontohkan kebaikan. Namun bisa saja kesombongan tersirat dalam benak anda. Sehingga jatuhnya adalah meminta pujian dari oranglain. Serta kepuasan karena orang memberikan pujian dari kedermawanan anda.

Dalam tanya jawab islam tentang sedekah, mengenai sedekah yang ditampakkan ini. Anda bisa menghindarkan diri dari niatan yang kurang tulus untuk kebaikan anda. Iti sebabnya, Mungkin anda harus meyakinkan betul bahwa niatan hanya untuk mencontohkan tindakan yang baik untuk sesama yang lain. Namun akan lebih baik jika sedekah diberikan tanpa berusaha menampakannya. Ini akan menambah pahala anda, namun amalan bisa saja lebur jika niat anda jatuh pada niat sombong.


CATATAN KAKI

[1] Q.S. Al Baqarah (2) ayat 271

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!