Imam Mahdi adalah Khalifah Terakhir, Muslim Perlu Tahu

0
723
Imam Mahdi adalah

Imam Mahdi adalah – Hari kiamat merupakan sesuatu yang sudah dijanjikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Salah satu tanda akan terjadinya kiamat adalah munculnya Imam Mahdi. Sobat Cahaya Islam, sebagai umat muslim memang harus meyakini bahwa kiamat pasti datang. Setiap muslim perlu mempersiapkan momen ini dengan beramal sebaik-baiknya.

Kedatangan Imam Mahdi adalah Tanda Akhir Zaman

Perlu kita sadari bahwa umat sekarang ini merupakan umat dari nabi terakhir yaitu nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Hal ini juga menunjukkan bahwa sebagai umat nabi terakhir, kita berada di akhir zaman. Akan muncul berbagai macam tanda kiamat besar termasuk salah satunya adalah kemunculan Imam Mahdi.

Apa Makna Mahdi?

Perlu diketahui bahwa Mahdi merupakan bahasa Arab yang artinya adalah “orang yang diberi petunjuk”. Dia adalah orang pilihan yang akan muncul di akhir zaman sebagai khalifah terakhir.

Beliau telah dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Dia akan menguatkan agama Islam dan menyebarkan perdamaian di seluruh dunia. Kaum muslimin yang saat ini banyak ditindas, nantinya akan menjadi agama utama yang memimpin. Bahkan Imam Mahdi juga akan melawan Dajjal bersama dengan nabi Isa AS.

Pendapat Lain Tentang Imam Mahdi

Ada banyak pendapat yang menyebutkan tentang siapa sebenarnya Imam Mahdi. Sobat Cahaya Islam perlu memahami bahwa dia masih keturunan nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yakni keturunan Al Hasan bin Ali.

Ia datang dengan membawa keadilan sehingga umat muslim yang saat ini banyak ditindas akan kembali memiliki kehidupan yang tentram. Terdapat banyak hadis yang menyebutkan tentang siapa dirinya. Kebanyakan hadis tersebut saling menguatkan, sehingga umat muslim bisa dengan mudah memahami siapa sebenarnya Imam Mahdi di akhir zaman nanti.

Nama dari Imam Mahdi

Setelah sobat Cahaya Islam mengetahui bahwa dia adalah pemimpin umat Islam di akhir zaman nanti, sebaiknya juga mengetahui bahwa dia memiliki nama serta nama ayah yang sama dengan nama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مِنْ أَهْلِ بَيْتِى يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِى وَاسْمُ أَبِيهِ اسْمَ أَبِى

“Dia berasal dari keluargaku. Namanya (yaitu Muhammad) sama dengan namaku. Nama ayahnya (yaitu ‘Abdullah) pun sama dengan nama ayahku.”[HR. Abu Daud no. 4282, dari ‘Abdullah bin Mas’ud. Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dho’if Sunan Abi Daud mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih]

Nabi Muhammad telah bersabda bahwa nantinya akan ada sosok imam yang memimpin umat Islam dan menguasai bangsa Arab serta non Arab. Banyak umat muslim yang percaya bahwa dia adalah keturunan dari Fatimah yang merupakan putri nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Bisa dipastikan apabila nanti umat Islam berjaya di akhir zaman karena dipimpin oleh beliau, maka umat Islam sedang dipimpin oleh keturunan nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Sifat Fisik dari Imam Mahdi

Imam Mahdi adalah

Dia memang memiliki nama yang sama dengan nabi Muhammad bahkan nama ayahnya juga sama. Sedangkan ciri fisik darinya tersebut juga sudah disebutkan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Ciri fisiknya adalah memiliki dahi yang lebar dengan rambut kepala bagian depan tersingkap. Dia juga memiliki hidung yang mancung.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمَهْدِىُّ مِنِّى أَجْلَى الْجَبْهَةِ أَقْنَى الأَنْفِ يَمْلأُ الأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلاً كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا يَمْلِكُ سَبْعَ سِنِينَ

“Imam Mahdi berasal dari keturunanku. Beliau memiliki dahi yang lebar dan hidung yang mancung. Di masanya, akan tersebar keadilan di muka bumi, sebagaimana sebelumnya penuh dengan kezholiman dan kelaliman. Beliau akan berkuasa selama 7 tahun.”[HR. Abu Daud no. 4285. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan]

Apabila dia memimpin dunia, maka keadilan di seluruh dunia akan tersebar. Pada masa kepemimpinan beliau, masyarakat hidup makmur dengan harta yang melimpah dan tanaman serta hewan ternak yang tumbuh dengan baik.

Namun sobat Cahaya Islam juga harus tahu bahwa ternyata masa kepemimpinannya ini tidak berlangsung lama. Berdasarkan hadis nabi disebutkan bahwa Imam Mahdi hanya akan memimpin kurang lebih selama 7 tahun dan ada juga yang menyebutkan sekitar 9 tahun.

Allah telah berfirman:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدى‏ وَ دِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَ لَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dialah Zat yang yang telah mengutus rasul-Nya dengan hidayah dan agama yang benar untuk sehingga Ia menangkan agama tersebut terhadap agama-agama yang lain, kendati para musyrik tidak menginginkannya.(At-Taubah; 33)

Kesimpulannya, dia adalah pemimpin akhir zaman bagi umat muslim. Tapi kemunculan Imam Mahdi juga menjadi salah satu tanda kiamat sudah dekat. Semoga pembahasan di atas menambah wawasan kita dan menambah ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY