Idul Adha Bikin Selera Makan Berlebihan? Ini Tips Agar Tetap Sehat Saat Lebaran!

0
60
Idul Adha Bikin Selera Makan Berlebihan dan Tips Tetap Sehat Saat Lebaran

Idul Adha bikin selera makan – Idul Adha merupakan hari raya bagi seluruh umat muslim yang sangat dinantikan. Selain hari raya Idul Fitri, Idul Adha juga memiliki keistimewaan. Sehingga pada hari Idul Adha banyak kaum muslimin melaksanakan ibadah qurban. Tujuannya adalah untuk dibagikan kepada orang-orang yang kurang mampu atau membutuhkan. Sehingga di hari Idul Adha, semuanya merayakan dengan menyantap daging qurban. Berbagai jenis masakan pun dihidangkan.

Idul Adha Bikin Selera Makan Meningkat dan Ini Menurut Islam

Berqurban pada Idul Adha merupakan anjuran dalam islam. Sehingga menyantap daging di hari raya Idul Adha adalah tradisi yang dilakukan kaum muslim setiap tahunnya. Pada hari ini, hampir semua kaum muslimin menyantap hidangan yang lezat. Daging qurban yang dihidangkan dalam berbagai jenis masakan, membuat selera makan tentu saja meningkat. Dan ini yang membuat kita seringkali lupa untuk mengontrol pola makan. Sementara kebiasaan seperti ini pastinya tidak sehat ya sobat Cahaya Islam.

Idul Adha Bikin Selera Makan Meningkat, Begini Tips Untuk Tetap Sehat Dalam Menyantap Daging Qurban

Idul Adha bikin selera makan meningkat atau berlebihan, sehingga terdapat keinginan untuk terus makan. Apalagi daging merupakan santapan lezat dalam berbagai sajian. Namun tahukah? memakan daging qurban berlebihan juga tidak sehat. Ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Jika itu terjadi, maka kita tidak akan mendapatkan keistimewaan dari ibadah Idul Adha yang kita kerjakan. Sayang sekali bukan.

Gangguan kesehatan karena terlalu banyak menyantap daging diantaranya adalah menyebabkan bau nafas akibat konsumsi protein berlebihan. Kedua, meningkatkan resiko naik berat badan dengan cepat, ini bisa memicu kolesterol. Ketiga, membuat pencernaan terganggu atau tidak sehat. Lalu bagaimana untuk tetap sehat saat lebaran?

Hindari Makan Berlebihan

Idul Adha Bikin Selera Makan Meningkat dan Tips Tidak Makan Berlebihan

Untuk tetap sehat saat lebaran, dimana kita akan menyantap berbagai menu hidangan untuk daging. Maka hindari makan secara berlebih-lebihan. Dalam ajaran islam sendiri, Allah menegaskan bahwa tidak menyukai sikap berlebihan. Baik dalam berpakaian hingga dalam adab makan dan minum. Sikap berlebihan dalam makan dan minum bisa menyebabkan gangguan kesehatan, pencernaan dan hal-hal lainnya. Sehingga ini kebiasaan yang tidak sehat.

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.(1)

Hidangkan Daging Dalam Masakan Sehat

Idul Adha Bikin Selera Makan Meningkat dan Tips Hidangan Daging Sehat

Dalam islam, kita dianjurkan untuk hidup sehat. Hidup sehat sendiri asalnya tentu dari apa yang kita santap. Allah menganjurkan untuk makan makanan yang baik dan juga halal. Dan tentu saja, dalam hidangan yang sehat. Hari raya Idul Adha rentan dengan makan berlebihan, sehingga untuk tetap sehat bukan hanya dilarang berlebihan. Namun juga bagaimana menghindangkan masakan daging dalam menu sehat. Seperti dibakar, dipanggang ini akan lebih baik dibandingkan cara masak seperti santan atau gulai.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.(2)

Idul Adha bikin selera makan – Daging qurban pada hari raya Idul Adha meningkatkan selera makan yang cenderung tidak terkontrol. Itu sebabnya, untuk tetap sehat di hari lebaran ini. Mari terapkan cara sehat dengan menyantap hidangan sehat dan tidak berlebihan dalam makan dan minum.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 31

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 168

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!