Larangan Makan Berlebihan Dalam Islam, Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatanmu Usai Lebaran

0
80
Larangan Makan Berlebihan Dalam Islam dan Ini Bisa Ganggu Kesehatan

Larangan makan berlebihan – Hari raya Idul Fitri merupakan perayaan semua umat muslim yang dinantikan setiap tahunnya. Sehingga untuk menyambut hari perayaan ini, banyak hal yang dipersiapkan. Mulai dari baju baru, tradisi membuat ketupat dan opor dan lain sebagainya. Tradisi tersebut seperti menjadi syarat untuk melengkapi hari raya Idul Fitri. Terlebih lagi setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, tentunya ingin menyantap semua hidangan lebaran yang ada.

Larangan Makan Berlebihan Saat Lebaran

Memakan hidangan lebaran tentu sangat istimewa dan nikmat. Apalagi dengan menu yang tidak biasanya. Namun menyantap semua hidangan sekaligus tentu bukanlah adab yang benar. Dalam agama islam, kita dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam segala hal. Begitu juga saat kita makan, berlebihan dalam menyantap makanan yang ada tidak sesuai dengan ajaran agama islam. Dari segi kesehatan pun, makan berlebihan bisa mengganggu kesehatan lho usai lebaran.

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.(1)

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa segala yang berlebihan tidak disukai oleh Allah SWT. Itu sebabnya, dalam ajaran islam melarang apa-apa yang berlebihan. Termasuk saat kita menyantap hidangan.

Larangan Makan Berlebihan Dalam Islam, Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatanmu

Larangan Makan Berlebihan Dalam Islam dan Ini Bisa Ganggu Kesehatan

Larangan makan berlebihan dalam islam, ini ditegaskan dalam ayat Al Quran. Larangan yang ada dalam ajaran agama tentu bukan tanpa alasan. Agama islam sendiri merupakan agama yang mengajarkan segala hal yang baik, itu sebabnya larangan diberlakukan juga demi kebaikan umat muslim. Bagaimana dengan makan berlebihan?

Adab makan yang benar dalam agama islam adalah berhenti sebelum kenyang. Namun banyak diantara kita yang masih saja berlebihan dalam menyantap hidangan. Apalagi di moment lebaran yang mana banyak dihidangkan makanan lezat.

Makan Berlebihan Bisa Jadi Sumber Penyakit

Makan berlebihan akan membuat kita kekenyangan, namun yang jadi permasalahan adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Jika dibiasakan makan dengan berlebih-lebihan, maka ini bisa menjadi sumber penyakit. Bagaimana bisa? Karena kandungan dalam setiap makanan tentu berbeda-beda. Seperti halnya hidangan lebaran dimana banyak kandungan lemak, santan dan lain sebagainya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, ini bisa mengganggu kesehatan.

Makan Berlebihan Bisa Sebabkan Reaksi Tubuh

Larangan Makan Berlebihan Bisa Sebabkan Reaksi Tidak Menyenangkan Tubuh

Makan yang berlebihan bukan hanya bisa menjadi sumber penyakit, namun juga menimbulkan reaksi yang tidak menyenangkan dari tubuh kita. Mulai dari kekenyangan yang menimbulkan rasa tidak enak di bagian perut, gerd yang kembali kambuh, dan lain sebagainya. Ini merupakan contoh dimana makan berlebihan bisa menimbulkan banyak reaksi tubuh. Bukannya memperoleh kenikmatan dari menyantap hidangan lezat, namun justru merasa sakit karena terlalu bersemangat untuk makan semua hidangan yang ada.

Sobat cahaya islam, makan berlebihan bukanlah adab makan yang sesuai dengan ajaran agama islam. Itu sebabnya, mari kita jauhi berlebih-lebihan dalam segala hal. Termasuk semangat saat menyantap hidangan lebaran.

Larangan makan berlebihan – Ini karena bisa sebabkan gangguan kesehatan usai lebaran. Bahkan bisa membawa sumber penyakit untuk jangka panjang. Itu sebabnya, ajaran agama islam melarang makan berlebihan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 31

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!