Puasa Arafah 9 Dzulhijjah, Ini Manfaatnya Bagi Kaum Muslimin!

0
17
Puasa Arafah 9 Dzulhijjah dan Manfaat Bagi Kaum Muslimin

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah – Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh semua umat islam. Ini karena banyaknya keutamaan pada bulan Dzulhijjah. Sehingga ini adalah waktu terbaik untuk melakukan ibadah untuk mendapatkan keutamaannya. Dari banyaknya ibadah yang bisa dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah, puasa Arafah adalah salah satunya. Puasa arafah sangat dianjurkan untuk dikerjakan, ini akan memberikan banyak keistimewaan tentu saja. Apalagi puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah dimana ini hari paling utama sepanjang tahun.

وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ

Demi fajar, dan malam yang sepuluh, (1)

Dalam keutamaan bulan Dzulhijjah, puasa Arafah adalah salah satu amalan yang utama untuk dikerjakan. Pada hari ke 1 hingga ke 9 Dzulhijjah memiliki keutamaannya masing-masing. Dalam ayat Al Quran sendiri dituliskan mengenai 10 hari dalam bulan Dzulhijjah. Ini yang artinya, hari-hari pada bulan tersebut sungguh istimewa bagi kaum muslimin. Bagi sobat Cahaya Islam yang mengerjakan puasa Arafah, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah dan Begini Manfaat Bagi Kaum Muslimin Yang Mengerjakannya

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Yang Istimewa

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah yang mana merupakan hari paling utama dalam bulan Dzulhijjah sendiri. Yang artinya mengandung banyak manfaat dan keistimewaan, sehingga dijadikan sebagai puncak amalan terbaik. Itu sebabnya, dianjurkan bagi kaum muslimin untuk melaksanakan ibadah puasa Arafah. Meskipun hari paling utama jatuh pada 9 Dzulhijjah, namun puasa pada hari-hari sebelumnya juga memiliki keutamaan jika dikerjakan.

Dalam ajaran islam, puasa adalah salah satu ibadah yang mengandung pahala besar. Baik puasa bulan Ramadhan maupun puasa Arafah menjelang Idul Adha. Meskipun puasa Arafah hukumnya tidaklah wajib, namun tahukah bahwa puasa Arafah sangatlah istimewa? Bagi kaum muslim yang mengerjakan puasa Arafah, maka akan mendapatkan beberapa manfaat ini.

Puasa Arafah Menghapuskan Dosa

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Menghapuskan Dosa Dua Tahun

Mengerjakan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, yaitu puasa satu tahun lalu dan satu tahun mendatang. Ini adalah hari terbaik bagi kaum muslimin untuk mendapatkan pengampunan dan penghapusan dosa. Dengan mengerjakan puasa Arafah, Allah menghapuskan dosa kita. Sungguh istimewa melaksanakan ibadah puasa ini ya sobat Cahaya Islam.

Hari Dibebaskannya Manusia Dari Neraka

Pada hari Arafah, ini merupakan hari dimana banyak manusia yang Allah bebaskan dari neraka. Ini artinya dengan mengerjakan puasa Arafah, kita juga diberikan kesempatan untuk terbebas dari api neraka. Dengan penghapusan dosa yang Allah berikan, dengan amalan-amalan yang lain hingga membawa keberkahan bagi diri kita.

Waktu Terbaik Untuk Berdoa

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Membebaskan Dari Neraka

Puasa Arafah pada hari 9 Dzulhijjah, memiliki banyak keistimewaan. Kaum muslimin bisa memetik banyak manfaat dari mengerjakan ibadah ini. Salah satunya adalah dikabulkannya doa pada hari Arafah tersebut. Pada 9 Dzulhijjah, ini adalah waktu terbaik untuk berdoa. Dan berarti ini adalah waktu terbaik untuk kaum muslimin berdoa. Semoga Allah mengijabah doa-doa kita pada hari Arafah ini, dan dengan mengerjakan puasa pada 9 Dzulhijjah.

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah – adalah ibadah pada bulan Dzulhijjah yang utama. Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk melaksanakan amalan-amalan terbaik pada bulan Dzulhijjah. Salah satunya adalah puasa Arafah. Dengan banyak manfaat dan keistimewaannya, maka puasa Arafah sangat dianjurkan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Fajr Ayat 1-2

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!