Ajudan Bung Karno Tetap Sehat di Usia 84 Tahun, Anugerah Atau Ujian? Begini Pandangan Islam Mengenai Umur Panjang!

0
43
Ajudan Bung Karno Tetap Sehat dan Ini Pandangan Islam Tentang Umur Panjang

Ajudan Bung Karno – Sidarto Danusubroto yang saat ini berusia 84 tahun ini tampak tetap sehat dan bahkan masih menjabat sebagai watimpres. Ajudan terakhir dari Bung Karno ini mengungkapkan rahasianya agar tetap sehat diusianya yang sudah lanjut. Diantaranya dengan menjaga pola makan dan melakukan kegiatan olahraga seperti berenang. Ini dilakukan untuk menjaga fisik sehingga bisa tetap menjalankan tugas sebagai abdi negara selama 56 tahun dengan baik.

Ajudan Bung Karno Tetap Sehat dan Ini Pandangan Islam Tentang Umur Panjang

Panjang umur adalah salah satu pengharapan atau doa yang seringkali kita panjatkan. Setiap muslim tentu saja mendambakan untuk diberikan umur panjang. Sehingga bisa menjalani hidup dengan lebih lama. Namun banyak orang yang masih melupakan hakekat panjang umur bagi seorang muslim. Tidak sedikit orang yang berharap diberikan umur yang panjang hanya untuk menikmati kesenangan di dunia lebih lama. Lalu panjang umur menurut islam, anugerah atau ujian?

Ajudan Bung Karno Tetap Sehat di Usia 84 Tahun, Ini Pandangan Islam Mengenai Umur Panjang Bagi Seorang Muslim

Ajudan Bung Karno Tetap Sehat 84 Tahun dan Bagaimana Umur Panjang Menurut Islam

Ajudan Bung Karno yang tetap sehat hingga usianya 84 tahun membeberkan rahasia untuk menjaga fisik dengan baik. Umur yang panjang tentu suatu anugerah bagi setiap orang. Ini karena setiap orang bahkan tidak lupa memanjatkan doa untuk meminta umur panjang. Sementara dalam islam, umur adalah ketetapan Allah yang tidak ada satupun umat muslim mengetahuinya. Bahkan dalam firmanNya, umur tidak dapat dipanjangkan atau dikurangkan namun sudah ditetapkan.

وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلَّا فِي كِتَابٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.(1)

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa umur sudah ditetapkan dan tidaklah dipanjangkan ataupun dikurangkan. Itu sebabnya, umur adalah rahasia Allah yang tidak bisa kita terka. Lalu bagaimana dengan seorang muslim yang diberikan kesempatan untuk berumur panjang? Tentu saja ini merupakan anugerah bagi seorang muslim. Namun bisa juga menjadi sebuah ujian, jika manusia memanfaatkan umur untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan untuk bermaksiat.

Umur Panjang Untuk Amalan Yang Semakin Panjang Bagi Muslim

Ajudan Bung Karno Tetap Sehat di Usia 84 Tahun dan Umur Panjang Apakah Anugerah

Umur panjang untuk amalan yang semakin panjang artinya memanfaatkan umur yang Allah berikan untuk hal-hal yang bermanfaat. Umur yang panjang akan menjadi anugerah bagi seorang muslim jika diisi dengan amalan kebaikan. Sehingga semakin banyak pula pahala yang kita kumpulkan untuk di akhirat nantinya. Namun jika kita hanya menginginkan berlama-lama untuk kesenangan dunia, maka umur panjang akan menjadi percuma. Ini justru membawa kita pada kehancuran nantinya. Naudzubillah.

وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَىٰ حَيَاةٍ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا ۚ يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِ مِنَ الْعَذَابِ أَنْ يُعَمَّرَ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِمَا يَعْمَلُونَ

Dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling loba kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih loba lagi) dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya daripada siksa. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.(2)

Sobat Cahaya Islam, dalam agama kita lebih dianjurkan untuk meminta keselamatan dunia akhirat. Namun bukan berarti tidak diperbolehkan untuk meminta umur yang panjang. Hanya saja, jangan sampai umur panjang justru menjadi kesia-siaan. Padahal bisa jadi ini merupakan kesempatan dari Allah untuk kita beramal.

Ajudan Bung Karno – yang tetap sehat di usianya 84 tahun merupakan salah satu anugerah yang Allah berikan. Untuk menjadikan umur sebagai kesempatan yang bermanfaat, maka sebaiknya diisi dengan kebaikan dan amalan-amalan. Mari kita gunakan umur kita untuk mempersiapkan diri di akhirat nanti ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Fatir Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!