21 Januari 2021 Ditetapkan Sebagai Gerakan Hapus Buta Aksara Qur’an, Berikut Ini Keutamaan Membaca Al-Qur’an!

0
29

21 Januari 2021 – Sebuah dobrakan baru yang disuguhkan Yayasan Cinta Qur’an Foundation yakni program yang amat bagus untuk umat muslim, khususnya yang ada di Indonesia. Tanggal 21 Januari 2021 ditetapkan sebagai Hari Hapus Buta Aksara Al-Qur’an Nasional. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan generasi Qur’ani yang penuh berkah.

Sebagai negara yang memiliki populasi muslim terbanyak, rakyat Indonesia masih minim terhadap kesadaran dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, program yang satu ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran setiap muslim untuk membaca serta mempelajari Al-Qur’an. Selain itu, Islam mengajarkan bahwa banyak keutamaan yang didapatkan ketika membaca Al-Quran.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Penetapan Hari Hapus Buta Aksara Qur’an Nasional yakni tanggal 21 Januari 2021 senantiasa menjadi momentum penting bagi umat muslim. Selain itu, program ini memiliki tujuan yang amat bagus, mulai dari mengingatkan betapa pentingnya membaca Al-Qur’an hingga menumbuhkan kesadaran pentingnya Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Al-Qur’an merupakan mukjzat yang diturunkan Allah swt kepada Nabi Muhammad saw. Lalu, Nabi saw mencontohkan untuk senantiasa membaca Al-Quran sebagai salah satu bentuk ibadah kepada Allah swt guna mendapatkan berkah, rahmat serta pahala dari-Nya.

Firman Allah swt dalam AL-Qur’an surat Al-A’raf ayat 204:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.

Dari ayat di atas dapat diketahui bahwa membaca, mendengarkan hingga memperlajar Al-Qur’an merupakan suatu ibadah yang akan mendatangkan rahmat dari Allah swt. Selain itu, banyak keutamaan lainnya yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an yakni sebagai berikut.

1.    Diangkat Derajat

Keutamaan pertama dari kebiasaan membaca Al-Qur’an yakni akan diangkat derjatnya oleh Allah swt. Siapa saja umat muslim yang membaca, memperlajari serta mengamalkan Al-Qur’an, maka derajatnya pun akan diangkat oleh Allah swt. 

2.    Ditempatkan Bersama Malaikat Pencatat Kebaikan

Selanjutnya, Sobat Cahaya Islam jika membaca Al-Qur’an sudah dijadikan sebagai kebutuhan sehari-hari, maka rumahnya akan terasa luas. Hal ini dikarenakan malaikat senantiasa hadir kepada mereka yang membaca Al-Qur’an. Selain itu, muslim yang gemar membaca Al- Qur’an akan ditempatkan bersama para malaikat pencatat yang patuh terhadap perintah Allah swt.

3.    Melembutkan Hati

Seorang muslim yang senantiasa membaca AL-Qur’an akan dilembutkan hatinya. Maka dari itu, untuk menghindari sikap yang pemarah, iri hati dan sebagainya bisa dicegah dengan banyak membaca Al- Qur’an.

4.    Memperoleh Ketenangan Hati

Allah swt telah memberikan petunjuk melalui firmannya, tepatnya dalam surah Al-Isra ayat 82. Pada ayat tersebut diterangkan bahwa Al- Qur’an sebagai obat dari berbagai macam penyakit kejiwaan. Oleh karena itu, siapa pun yang membaca Al-Qur’an akan memperoleh ketenangan dalam jiwanya.

5.    Pahala yang Berlipat

Keistimewaan lainnya yakni mendapatkan pahala yang berlipat. Sebagaimana yang diterangkan Rasulullah saw dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari bahwa orang yang membaca ayat Al-Qur’an bahkan hanya satu huruf pun akan mendapatkan pahala 10 kali lipat.

6.    Pertolongan di Hari Kiamat

Selain itu, dengan banyak membaca AL-Qur’an akan diberikan syafaat di hari akhir. Pertolongan Allah swt pada hari Kiamat akan diberikan kepada mereka yang gemar membaca Al-Qur’an. Lantas, Sobat Cahaya Islam juga perlu memerhatikan adab ketika membaca Al-Qur’an yakni berwudu, berada di tempat yang suci, menghadap kiblat serta disertai dengan ketulusan hati.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa keutamaan yang akan didadapatkan ketika membaca Al-Qur’an. Semoga tanggal 21 Januari 2021 sebagai hari awal mula muslim Indonesia untuk bisa meraih berkah serta rahmat-Nya melalui gerakan hapus buta aksara Qur’an.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY