I Am Geprek Bensu Hak Ciptanya Dilanggar, Islam Larang Cari Makan Dengan Cara Bathil

0
89
i am geprek bensu

I Am Geprek Bensu – Sedang ramai diberitakan, Roben Onsu yang memiliki usaha kuliner Ayam Geprek Bensu mengugat PT, Ayam Geprek Benny Sudjono. Ruben Onsu menggugat ke MA karena perusahaan tersebut menggunakan nama “Bensu”.

Namun MA menolak gugatan tersebut karena justru Ruben lah yang memang mengambil nama Bensu dari I Am Geprek Bensu (Benny Sudjono). Dalam kasus ini yang salah memang dari pihak Ruben.

i am geprek bensu

Kronologi I Am Geprek Bensu Yang Digugat Ruben Onsu

Ruben Onsu sebelum mendirikan Geprek bensu ternyata pernah jadi duta promosi I Am Geprek Bensu. Jadi I Am Geprek Bensu memang telah ada sebelum Geprek Bensu-nya Ruben. Saat Ruben Onsu menjadi duta promosi untuk I Am Geprek. Ternyata dia minta salah satu karyawannya untuk dipekerjakan di bagian dapur I Am Geprek dengan persetujuan pemiliknya.

Setelah beberapa bulan, Ruben menarik kembali karyawannya. Kemudian dia mensomasi pemilik I Am Geprek agar jangan menggunakan nama Bensu. Selanjutnya, Ruben memohon ke PN Jakarta Selatan agar menetapkan nama Bensu sebagai merek dagangnya. Namun PN Jaksel menolak permohonan itu.

i am geprek bensu

Ruben Onsu kemudian menggugat Ayam Geprek Sudjono karena penggunaan Bensu. PT. Ayam Geprek Benny Sudjona langsung menggugat balik Ruben. Sebab Ruben yang mengambil nama Bensu dari Benny Soedjono.

Mencuri Hak Milik Orang Lain Adalah Sebuah Kejahatan

Sobat Cahaya Islam, bagaimana jika karya atau barang milik anda dipakai orang lain tanpa izin dari anda? Itulah yang dirasakan oleh pemilik I Am Geprek Bensu sekarang. Islam melarang segala bentuk pencurian. Baik pencurian disertai kekejaman fisik atau bukan.

Ruben Onsu dalam kasus ini dinyatakan sebagi pihak bersalah memang sudah benar. Sebab dia dengan seenaknya memakai merek usaha orang lain tanpa ada persetujuan bersama. Resep masakan, logo merek, hingga nama merek semuanya diambil. Apakah itu bukan sebuah pencurian hak cipta? Jelas itu merupakan pencurian. Dan pencurian tidak diperbolehkan oleh semua agama, tak hanya Islam.

Hak Cipta termasuk dalam jenis-jenis hak dalam Islam. Karena hak cipta bisa dikategorikan sebagai harta, maka wajib mempunyai perlindungan hukum. Islam sangat menghargai hasil jerih payah dan kreasi seseorang. Apalagi kreasi atau hasil karya tersebut memiliki manfaat besar bagi kehidupan masyarakat dan agama.

i am geprek bensu

Hak Cipta merupakan hak pribadi. Artinya tidak boleh ada orang lain yang dengan seenaknya menggunakan hak milik pribadi. Islam melarang seseorang untuk bekerja cari makan dengan cara bathil. Dalam sebuah ayat, dengan tegas bahwa tidak boleh memakan harta orang lain tanpa persetujuan pemiliknya.

“Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain diantara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagaian dari pada harta benda orang itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.” (QS. Al- Baqarah: 188)

Jadi Sobat Cahaya Islam, hendaknya kita dalam bekerja, berdagang jangan sampai merugikan orang lain. Memakai karya dan hak cipta orang lain tanpa persetujuan pemiliknya adalah perbuatan dosa. Perbuatan itu termasuk dalam pencurian intelektual. perampasan hak orang lain sangat dilarang dalam Islam

Islam sangat menganjurkan untuk menjaga hak seseorang. Hak tersebut meliputi kehormatan, keselamatan jiwanya, dan hartanya. Apabila hak-hak pribadi seseorang tersebut dilanggar, maka harus ada hukuman bagi si pelaku.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!