Tren a Sky in Your Galery: Begini Cara Mengagumi Keindahan Alam

0
256
a sky in your galery

A Sky in Your Galery – Belakangan ini, sebuah video di sosial media TikTok yang bertajuk a sky in your galery tengah viral di seluruh dunia. Video itu memperlihatkan seorang perempuan yang membuka galeri di dalam ponselnya. Menariknya, dalam ponsel tersebut terdapat sebuah foto langit yang sangat indah.

Foto yang terekam dalam video itu seperti diambil seorang fotografer profesional. Tetapi ternyata, wanita itu sendiri yang mengambil foto langit indah memakai kamera ponselnya. Video itu sontak menjadi populer dengan jumlah penonton 10 juta kali dan 1 juta like.

Apa Arti a Sky In Your Galery?

Karena menjadi viral, banyak orang yang kemudian mempertanyakan arti a sky in your galery dalam video tersebut. Ternyata, makna dari video itu bisa diinterpretasikan dalam bermacam cara. Salah satu interpretasi yang umum yaitu berkaitan dengan keindahan alam.

Langit yang indah dan terekam dalam video melambangkan keindahan alam di sekitar manusia. Adapun interpretasi lainnya adalah video membicarakan pentingnya melihat keindahan di sekitar.

a sky in your galery

Tidak jarang manusia terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari sehingga lupa untuk melihat keindahan di sekitar. Video tersebut mengingatkan agar manusia berhenti sejenak untuk menghargai keindahan alam.

Banyaknya Keindahan Alam di Dunia

Sobat Cahaya Islam, apapun interpretasinya, a sky in your galery sudah menginspirasi orang-orang agar melihat keindahan yang ada di sekitar. Perlu Sobat ketahui, semua keindahan yang ada di dunia ini merupakan ciptaan Allah SWT. Memang dalam penciptaan alam semesta, ada pola keindahan yang begitu elegan.

Semua itu sudah diatur oleh Allah SWT selaku Sang Pencipta Tertinggi di seluruh alam semesta. Tentu saja, manusia sehebat apapun tak akan mampu menyaingi ciptaan-Nya.

Keindahan alam juga mengingatkan manusia betapa hebat dan besarnya Allah SWT. Ini sebagaimana yang dijelaskan dalam Al Quran,

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِى الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ مِنْ مَّاۤءٍ فَاَحْيَا بِهِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَاۤبَّةٍ ۖ وَّتَصْرِيْفِ الرِّيٰحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ

Artinya: “Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh, merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti.” (Q.S Al Baqarah ayat 164) 

Sikap Seorang Muslim saat Melihat Keindahan Alam

Sobat Cahaya Islam, keindahan alam adalah anugerah dari Allah SWT yang harus Sobat syukuri. Sebagai seorang muslim yang beriman, hendaknya Sobat selalu mengingat Allah SWT ketika melihat apapun yang indah. Apalagi banyak sekali keajaiban di dunia ini yang merupakan ciptaan Allah SWT.

Oleh karenanya, berikut ada beberapa sikap seorang muslim yang tepat ketika melihat keindahan alam:

1. Berdoa

Sobat, ketika melihat sesuatu yang indah, hendaknya Sobat memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT dengan berdoa. Banyak hal yang Sobat perlu syukuri, seperti mata yang bisa melihat, pemandangan indah, dan usia yang masih ada.

a sky in your galery

Salah satu doa yang bisa Sobat baca tercantum dalam Al Quran yakni,

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.” (Q.S Ali Imran ayat 191)

2.  Mengucap Masya Allah

Selain itu, Sobat juga bisa mengucapkan kalimat syukur atas semua pemandangan yang dilihat. Salah satu kalimat yang populer adalah Masya Allah. Di dalam Al Quran, banyak sekali disebutkan ungkapan satu ini salah satunya pada ayat,

وَلَوۡلَآ إِذۡ دَخَلۡتَ جَنَّتَكَ قُلۡتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِۚ إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالٗا وَوَلَدٗا

Mengapa ketika Engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan, ‘Māsyā Allāh, lā quwwata illā billāh.’ (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud, tidak ada kekuatan, kecuali dengan (pertolongan) Allah), sekalipun Engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu.” (QS. Al-Kahfi: 39)

Berdasarkan ayat di atas, bisa Sobat lihat bahwa ucapan Masya Allah dapat diucapkan ketika melihat hal yang menakjubkan.

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa sikap yang tepat ketika melihat keindahan alam selain ikut tren a sky in your galery. Dengan begitu, Sobat akan mencerminkan sebagai seorang muslim yang baik dan beriman. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY