Hukum Tik Tok Lite dalam Islam, Apakah Haram?

0
1852
tik tok lite

Tik Tok Lite – Tahun 2021, para pencinta aplikasi Tik Tok akan bergembira karena kemunculan varian barunya Tik Tok Lite yang digadang – gadang lebih mudah dan ramah memori. Aplikasi yang diberi embel – embel lite biasanya dapat lebih mudah diinstal karena tak memakan banyak memori di smartphone. Tentu saja, sebagian besar millenial sangat antusias menunggu kehadirannya.

Sobat Cahaya Islam , di awal kemunculan Tik Tok Lite ini bisa jadi memberikan dampak yang positif maupun negatif bagi generasi peradaban. Sebab, secara esensial Tik Tok lebih banyak menyuguhkan konten untuk aktualisasi diri contoh ke hal berbau joget maupun yang semisalnya. Tentu, hal tersebut tak pantas jika dilakukan oleh seoran muslim.

Bagaimana Seharusnya Umat Menyikapi Kemunculan Tik Tok Lite ini?

Sikap yang harus ditunjukkan oleh umat yakni tak latah dengan konten  berbau challenge yang diwadahi oleh Tik Tok Lite ini. Akan menjadi ha yang sangat merugi bila umat terseret dalam arus trend joget challenge atau konten yang menjadikan seorang muslim tidak memiliki rasa malu.

Sobat Cahaya Islam, Islam sangat jelas memberikan gambaran kepada umat tentang kejayaan kaum muslimin di masa peradaban yang dahulu telah hilang. Di masa itu, para ilmuwan dikenal bukan karena kepiawaiannya dalam berjoget, menyelesaikan challenge atau konten bersifat receh. Namun, seseorang dikenal karena kecerdasannya dan keahliannya dalam menafsirkan Alquran.

Selain itu, sudah seharusnya generasi muslim senantiasa menjaga kesucian dan kemuliaan diri sekalipun di dunia maya. Sebab, banyak yang salah menafsirkan. Sebagian besar umat menjaga diri dalam dunia nyata, sementara mereka menjadikan dunia maya sebagai ajang aktualisasi diri. Parahnya lagi jika ternyata banyak dari para remaja yang ikut merambah ke dunia Tik Tok.

Hukum Penggunaan Tik Tok

tik tok lite

Tik Tok adalah sebuah aplikasi yang lahir karena kecanggihan teknologi hari ini. Tentu, aplikasi ini Ra ada dalam jaman Rasulullah SAW. Namun hukum penggunaannya bisa disamakan dengan hukum adanya teknologi dan apa yang menjadi produknya yakni mubah atau boleh saja digunakan.

Hanya saja penting bagi umat muslim untuk mengkaji kemubahan yang diberikan oleh Allah SWT tidak boleh dijadikan alasan untuk mengakses semua konten dalam Tik Tok. Malah umat harus berhati – hati dalam kemubahan. Sebab, mubah dapat mengantarkan paa suatu aktivitas keharaman. Ngeri kan ya?

Tips Penggunaan Tik Tok

Tersebab ada kebolehan dalam penggunaanya, maka umat harus berfikir bagaimana memanfaatkan aplikasi tersebut. Selain digunakan untuk joget challenge dan duet nyanyi, terdapat beberapa aktivitas yang bisa disupport oleh Tik Tok.

Syiar Islam

tik tok lite

Dahulu, umat mungkin belum pernah membayangkan bagaimana mudahnya akses informasi serta pensyiaran Islam di masa kini. Hanya dengan menggunakan smartphone, dakwah atau syiar Islam bisa diakses oleh masyarakat luas. Tik Tok pun demikian.

Sebagian para influencer muslim dan muslimah merambah dunia Tik Tok untuk ikut memberikan opini keislaman. Hal ini termaktub dalam firman Allah SWT di surat Al Hajj ayat 32 yakni :

ذٰلِكَ وَمَنْ يُّعَظِّمْ شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ فَاِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوْبِ 

Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya hal itu timbul dari ketakwaan hati.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah penjelasan mengenai hukum penggunaan Tik Tok Lite dalam pandangan Islam. Dengan adanya pembaharuan dalam Tik Tok seharusnya umat lebih termotivasi untuk menggunakannya di jalan Islam dibandingkan sekedar mengabarkan kabar personal yang kurang bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY