Hujan Turun? Ini Penyebab Dibalik Allah Turunkannya Hujan Bagi Kaum Muslimin!

0
170
Hujan Turun dan Sebab-Sebab Turunnya Hujan

Hujan turun – Hujan adalah salah satu bentuk rahmat yang Allah berikan bagi umat manusia, dimana Allah turunkan air ke permukaan bumi. Namun tidak jarang hujan lebat juga menyebabkan bencana atau musibah. Seperti banjir, pohon tumbang dan lain sebagainya. Disamping itu, hujan juga banyak memberikan keberkahan. Seperti saat musim panas yang menyebabkan kekeringan dan sulitnya mendapatkan air, maka hujan akan menjadi berkah dan nikmat.

Hujan Turun dan Sebab-Sebab Turunnya Hujan

Bagaimanapun, setiap kejadian yang Allah tetapkan tentu saja bukan tanpa tujuan. Justru setiap rencana Allah pasti menyimpan hikmah dan sebab. Begitu juga dengan hujan yang turun, selain merupakan salah satu bentuk rahmat Allah SWT. Hujan juga ternyata turun dengan sebab-sebab tertentu lho sobat CahayaIslam. Itu artinya, Allah menurunkan hujan di permukaan bumi ini untuk umat manusia karena penyebab atau alasan tertentu. Apa saja?

Hujan Turun? Ini Lho Sebab-Sebab Dibalik Allah Turunkan Hujan Bagi Kaum Muslimin

Hujan Turun Menurut Pandangan Islam

Hujan turun tentu saja membawa hikmah dibaliknya. Baik untuk suatu keberkahan, atau suatu pengingat dibalik musibah yang disebabkan oleh hujan. Namun dalam islam sendiri, hujan digambarkan sebagai suatu rahmat. Dimana hujan yang diturunkan oleh Allah memiliki banyak manfaat bagi setiap makhluk yang ada di bumi. Ini juga tertulis dalam ayat Al Quran.

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam,

Ayat ini menggambarkan bahwasanya hujan memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah ditumbuhkannya pohon-pohon serta biji tanaman dengan adanya hujan ini. Itulah kenapa hujan yang turun merupakan salah satu rahmat yang Allah berikan bagi kaum muslimin. Apalagi saat turun hujan ini adalah waktu yang dianjurkan untuk berdoa. Lalu apa saja sebenarnya sebab-sebab Allah turunkannya hujan bagi kaum muslimin?

Hujan Sebagai Tanda Ketaqwaan Kepada Allah

Hujan Turun dan Penyebab Allah Turunkannya Hujan Bagi Kaum Muslimin

Salah satu sebab Allah turunkannya hujan bagi kaum muslimin adalah sebagai tanda ketaqwaan kepada Allah. Dalam sebuah ayat Al Quran dikatakan, bahwasanya kepada penduduk negeri-negeri yang beriman serta bertaqwa maka dilimpahkannya berkah dari langit kepada mereka.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Pengingat Untuk Bertaubat Dari Dosa

Allah juga turunkan hujan dengan alasan agar kaum muslimin beristighfar atau bertaubat dari dosa-dosa. Hujan yang turun lebat biasanya menyebabkan beberapa kejadian, seperti banjir hingga robohnya pohon atau rumah-rumah. Dari kejadian inilah, Allah memerintahkan kita untuk bertaubat dan memohon ampun kepada-Nya.

Agar Kaum Muslimin Berdoa dan Sebagai Tanda Istiqomah

Hujan yang turun adalah suatu tanda istiqomah atas syariat Allah. Bagi mereka yang tetap berjalan lurus sesuai syariat islam, maka Allah berikan hujan sebagai kenikmatan dan keberkahan bagi mereka. Dan selain itu, hujan juga diturunkan agar kaum muslimin berdoa.

Hujan turun – adalah suatu rahmat dari Allah yang sengaja Allah turunkan dengan alasan tertentu. Baik untuk suatu keberkahan atau sebagai pengingat kaum muslimin. Demikianlah sobat CahayaIslam, beberapa sebab Allah turunkannya hujan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Qaf Ayat 9

(2) – Surat Al-A’raf Ayat 96

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY