Pamerkan Kotak Iphone 12 di Instagram Stories, Ini Bahaya Pamer Dalam Pandangan Islam

0
198
Pamerkan Kotak Iphone 12 dan Ini Bahaya Suka Pamer Menurut Islam

Pamerkan kotak iphone 12 – Iphone 12 merupakan salah satu seri terbaru keluaran Apple yang berasal dari luar negeri. Harga dari merk handphone satu ini membuat orang-orang merasa bangga jika membelinya. Bukan hanya nampak elegan, desain dari Apple ini juga terlihat cukup mewah. Dan baru-baru ini, instagram stories diramaikan dengan postingan dimana terlihat kotak iphone 12 yang dipamerkan. Namun sebenarnya ini bukan sungguhan, melainkan hanya filter saja. Meskipun beberapa orang mungkin benar-benar membelinya.

Pamerkan Kotak Iphone 12 dan Ini Bahaya Suka Pamer Menurut Islam

Postingan instagram stories yang viral akhir-akhir ini menjadi cara mudah untuk seolah bersikap pamer. Meskipun sebenarnya hanya sekedar untuk seru-seruan saja. Terlebih lagi, dalam islam pun juga tidak dianjurkan untuk bersikap pamer. Apapun itu, pamer bisa mendorong pada perbuatan riya’. Pengertian riya’ sendiri adalah sombong atau sesuatu yang dilakukan guna mendapatkan pujian, pengakuan atau agar dilihat orang lain. Dan ini sama halnya dengan tujuan bersikap pamer.

Pamerkan Kotak Iphone 12 di Instagram Stories, Begini Bahaya Dari Suka Pamer Dalam Pandangan Islam

Pamerkan Kotak Iphone 12 dan Begini Menurut Islam

Pamerkan kotak iphone 12 di instagram stories menjadi viral akhir-akhir ini. Hal ini karena adanya filter baru yang mana tampak kotak iphone 12, setelah sebelumnya viral PS5. Dan dari postingan ini kita belajar mengenai sikap pamer lho sobat CahayaIslam. Sementara dalam pandangan islam, pamer adalah sikap yang sebaiknya dihindari oleh kaum muslimin. Pamer yang tidak lain juga termasuk riya’, ini termasuk dalam perbuatan dosa. Sehingga islam melarang adanya riya’ atau pamer.

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.(1)

Dalam ayat diatas jelas bahwa Allah melarang kaum muslimin untuk bersikap sombong. Dan artinya, Allah pun tidak menyukai golongan orang yang suka pamer. Tahukah sobat CahayaIslam, ini bahaya dari suka pamer menurut pandangan islam.

Menjerumuskan Dalam Dosa Riya’

Pamerkan Kotak Iphone 12 dan Begini Bahayanya Suka Pamer Dalam Islam

Suka pamer artinya suka membanggakan diri atau apapun yang dimiliki. Sehingga dari suka pamer ini timbullah perasaan sombong. Sementara sombong atau riya’ termasuk dalam perbuatan dosa. Bahkan ini juga dikategorikan sebagai dosa syirik kecil lho. Itu sebabnya islam melarang kaum muslimin untuk pamer atau riya’.

Mendorong Orang Lain Pada Dosa

Perbuatan suka pamer atau riya’ juga bisa mendorong orang lain pada dosa. Kenapa? karena saat kita bersikap pamer atau sombong, beberapa orang mungkin akan merasa iri atau dengki. Itu artinya kita juga ikut menanggung dosa dari perbuatan riya’ dan sebagai sebab orang merasa iri dan dengki. Sementara jika kita sudah berbuat baik dan tidak pamer, namun masih ada yang merasa iri dengki. Maka tenang saja, karena Allah Maha Mengetahui apa-apa yang kita kerjakan.

Bisa Menjadikan Kufur Nikmat

Tahukah sobat CahayaIslam, pamer bisa menjadikan kita sebagai orang yang kufur nikmat kepada Allah lho. Hal ini karena dalam setiap nikmat yang Allah berikan, ada ujian yang mungkin diberikan. Jika kita lalai dan menjadikan diri sebagai orang yang tidak pernah puas, maka ini menjadikan kita seseorang yang kufur nikmat. Terlebih lagi jika nikmat yang Allah berikan semakin banyak dan justru membuat kita suka pamer. Ini sungguh menyebabkan kita terjerumus dalam dosa.

Pamerkan kotak iphone 12 – yang akhir-akhir ini viral di instagram stories. Meskipun hanya filter, semoga tidak mendorong kita untuk bersikap suka bersikap pamer ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Luqman Ayat 18

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY