Benarkah Khutbah Jum’at sangat Istimewa?

0
130
Khutbah Jumat

Khutbah Jum’at – Bagi kaum muslimin, mendengarkan khutbah Jum’at adalah hal yang tak bisa lepas dalam shalat Sunnah Jum’at. Pasalnya, khutbah Jum’at adalah bagian rukun shalat Sunnah ini. Allah SWT bahkan menjamin umat yang mengikuti khutbah dengan kekhusyuk’an yang tulus.

Sobat Cahaya Islam, namun sepertinya khutbah Jum’at sering tidak mendapat perhatian khusus. Alih – alih mendengar dengan seksama, banyak dari umat muslim yang mudah untuk ketiduran. Faktanya, banyak umat islam yang setelah shalat mencari sandaran untuk sekedar santai. Tapi, ketika khutbah di perdengarkan yang terjadi malah sebaliknya.

Benarkah seseorang yang mendengar Khutbah Jum’at akan mendapat keistimewaan?

Aktivitas kebaikan apapun yang sobat muslimin lakukan, termasuk mendengarkan Khutbah Jum’at pastilah mendapat keberkahan dan juga keistimewaan. Dengan kata lain, hal tersebut merupakan keistimewaan bagi kaum muslimin.

Apalagi jika melakukannya dengan ikhlas tentu Allah SWT akan lipatgandakan. Terlebih jika hal ini sobat lakukan di Bulan Ramadhan, sungguh umat muslim adalah umat yang paling beruntung di tengah keberlimpahan dosa yang di lakukan.

Keistimewaan tersebut tidak boleh berlalu begitu saja. Sebab semua umat tak dapat menjamin kehidupan. Sehingga, melakukan kebaikan sesuai syari’at adalah aktivitas wajib. Walaupun dunia sudah masuk dalam dekade kecanggihan teknologi, kaum muslimin harus tetap mengikuti syariat Islam.

3 Keistimewaan Khutbah Jumat bagi Kaum Muslimin

1. Derajat Ibadahnya Bertambah

Dalam banyak literatur hadits seperti kitab Bidayatul Bidayah, telah di sampaikan bahwa hari Jum’at merupakan hari raya bagi kaum muslimin selain Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Selain itu, sobat cahaya Islam di minta untuk lebih memperbanyak ibadah seperti membaca sholawat, dzikir dan melafalkan istighfar.

Maka dari itu, banyak kita temukan toko maupun kantor yang biasa meliburkan pegawainya di hari Jumat. Sebab hari Jumat merupakan hari penting yang tak boleh terlewatkan seperti hari lainnya.

Maksimalkanlah waktu Jumat sedari Kamis petang untuk menyambut dengan segala aktivitas kebaikan. Bahkan Rasulullah sendirilah yang meminta umat muslim untuk memperbanyak amalan.

2. Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT

Selain sebagai selebrasi bagi kaum muslimin, hari Jum’at juga menjadi baik untuk melakukan pertaubatan. Jika masih belum stabil melakukan shalat tahajud, coba perbaiki dengan mendengar khutbah secara seksama. Boleh jadi ampunan bagi hambaNya Allah SWT sisipkan lewat aktivitas mendengar khutbah saja bukan?

Hal ini juga telah Allah sampaikan dalam firmanNya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

“Wahai orang-orang beriman, apabila di seru untuk menunaikan shalat Jum`at, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” ( Al-Jumu`ah : 9)

Sungguh ini merupakan sebuah keistimewaan tersendiri yang bahkan tak bisa di dapatkan oleh semua umat. Pasalnya, kunci untuk memenangkan hadiah ini harus bisa melakukannya dengan penuh perjuangan. Misalnya, harus bisa melawan keinginan untuk tidak tidur atau bahkan berbincang dengan rekan sejawat.

3. Mendapat Pahala Puasa dan Shalat Malam Setahun

Puasa dan shalat malam adalah aktivitas yang tidak mudah untuk rutin di lakukan. Namun, ada cara halal lain yang bisa sobat lakukan untuk mendapatkannya yakni dengan mendengarkan khutbah secara seksama tanpa terganggu.

Aktivitas ini tidak mudah memang, namun ganjaran yang akan sobat dapatkan juga tidak remeh. Namun, hal yang perlu sobat ingat sedari awal bagi umat muslim yakni melakukan aktivitas tidak boleh di niatkan untuk mendapatkan pahala semata saja ya. Allah SWT Maha Mengetahui isi hati hambaNya termasuk niat sekecil apapun yang di lakukan.

Nah sobat cahaya Islam itu tadi beberapa keistimewaan yang bisa didapatkan jika rutin mendengarkan khutbah Jum’at. Suatu hal yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan malah mendekatkan umat pada RabbNya. Umat muslim manapun pasti akan tergiur untuk mendapatkan keistimewaan tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY