Suami Bakar Istri, Ini Cara Perlakukan Istri Menurut Tuntunan Islam

0
274
Suami Bakar Istri 2

Suami bakar istri – Seorang suami di kabupaten Pandeglang tega membakar istri dan anak tirinya yang sedang tertidur. Peristiwa ini telah ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, pelaku juga telah ditangkap. Dari kejadian ini, menyebabkan sang istri mengalami luka bakar di bagian wajah hingga 80%. Sang anak pun turut menjadi korban hingga diperlukan tindakan operasi. Namun meski begitu, luka sang anak tidak separah ibunya.

Suami Bakar Istri 2

Dalam kasus ini, tentunya merupakan tindak penganiayaan yang termasuk dalam kasus kriminal. Menurut pandangan islam sendiri, sikap seorang suami yang membakar istri jelas sudah menyimpang dari ajaran islam. Islam telah mengajarkan bagaimana cara memperlakukan istri dengan baik, apalagi perempuan adalah salah satu ciptaan Allah SWT yang sungguh istimewa.

Suami Bakar Istri, Ini Cara Perlakukan Istri Menurut Islam

Suami Bakar Istri 1

Suami bakar istri yang terjadi di Pandeglang, sungguh miris sekali. Padahal dalam ajaran islam, kita sebagai seorang muslim dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama, apalagi kepada keluarganya sendiri. Istri merupakan titipan yang Allah berikan bagi para suami untuk disayangi, dicintai dan tentu saja untuk diperlakukan dengan baik. Ini tercermin dalam ayat Al Quran.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَحِلُّ لَكُمْ أَنْ تَرِثُوا النِّسَاءَ كَرْهًا ۖ وَلَا تَعْضُلُوهُنَّ لِتَذْهَبُوا بِبَعْضِ مَا آتَيْتُمُوهُنَّ إِلَّا أَنْ يَأْتِينَ بِفَاحِشَةٍ مُبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.

Ayat ini menjelaskan bagaimana para suami harus memperlakukan istrinya. Sebagaimana yang dianjurkan dan diperintahkan oleh Allah SWT. Terlebih dalam ayat tersebut juga dijelaskan bahwasanya dilarang untuk menyusahkan para istri. Itu artinya, melakukan tindakan seperti kekerasan, menganiaya, sungguh ini diharamkan oleh Allah.

Lalu bagaimana memperlakukan istri yang sesuai dengan tuntunan islam?

Berbicara Dengan Lembut

Perempuan adalah makhluk yang memiliki hati yang lembut. Sehingga digambarkan sebagai kaca yang mudah pecah. Itu sebabnya, memperlakukan perempuan atau istri harus dengan lembut. Begitupun ketika berbicara dengan mereka, maka gunakan cara yang lembut. Ini agar tidak menyakiti perasaannya.

Tidak Kasar

Sebagai seorang laki-laki muslim, tentu saja tahu bahwa kasar adalah sikap yang tidak mencerminkan seorang muslim. Maka dari itu, Allah pun melarang suami untuk berbuat kasar terhadap istri. Meskipun laki-laki adalah pemimpin, bukan berarti berbuat kasar menjadi pembenaran dalam kepemimpinannya ya sobat CahayaIslam.

Suami bakar istri – merupakan tindakan yang menyimpang dari ajaran islam. Bagaimanapun, seorang suami sudah seharusnya memuliakan istri. Salah satunya dengan memperlakukan baik istri dan anak-anaknya. Jadi, jangan lupa untuk memuliakan keluargamu ya sobat CahayaIslam. Keluarga dapat menjadi ladang untuk mencari pahala yang diridhoi oleh Allah SWT.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 19

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY