Aktris Jessica Chastain Unggah Postingan Berbau Islamofobia, Bagaimana Cara Mengatasinya?

0
184
Aktris Jessica Chastain

Aktris Jessica Chastain adalah salah satu pemeran film populer berjudul Interstellar yang menarik perhatian publik. Sayangnya, nama Jessica Chastain memicu penasaran bukan atas prestasinya. Sebab, ia justru tengah mendapat hujatan dari banyak orang terutama kaum muslim di seluruh dunia.

Sang aktris harus menerima hujatan setelah ia memposting unggahan yang bernada islamofobia. Hal itulah yang memicu kemarahan kaum muslimin di berbagai negara. Namun ada juga sejumlah warganet yang non muslim ikut mengkritik postingannya.

Unggahan Aktris Jessica Chastain Berbau Islamofobia

Hujatan terhadap aktris Jessica Chastain berawal setelah ia memposting postingan kontroversial lewat fitur Insta Story di Instagram pribadinya. Postingan tersebut menunjukkan foto yang bertuliskan keterangan anti hijab. Dalam postingan itu, tampak jelas sebuah buku yang bertuliskan No to Hijab.

Padahal, hijab adalah penutup kepala yang biasa dipakai kalangan wanita muslimah. Namun Jessica Chastain justru menyematkan hashtag #womenlifefreedom di postingan yang sama. Tak memakan waktu lama, postingan wanita berusia 44 tahun ini pun penuh dengan kritikan warganet.

Bukan itu saja, banyak juga netizen yang menyinggung tentang Islamofobia. Tidak sedikit warganet yang menyayangkan postingan Jessica Chastain.

Selain menyinggung Islamofobia, banyak juga komentar yang menyebut postingan Jessica Chastain termasuk rasis.

Fenomena Islamofobia di Dunia

Sobat Cahaya Islam, unggahan aktris Jessica Chastain merupakan salah satu dari sekian banyaknya postingan yang berbau islamofobia. Apa itu islamofobia sebenarnya? Islamofobia adalah rasa ketakutan terhadap agama islam.

Mereka yang termasuk islamofobia biasanya menampilkan ketakutan tersebut terhadap simbol-simbol tertentu. Fenomena seperti ini banyak beredar di kalangan masyarakat Eropa. Islamofobia berakar pada rasisme dan termasuk jenis aksi rasis yang menargetkan muslim.

Cara Memerangi Islamofobia

Sobat Cahaya Islam, sebagai kaum muslimin Sobat sekalian juga patut peduli untuk mengurangi fenomena islamofobia. Dengan begitu, saudara sesama muslim yang berada di luar negeri bisa tetap leluasa memegang teguh agamanya. Ternyata ada beberapa cara yang bisa umat muslim lakukan untuk mengurangi islamofobia, antara lain:

1. Bersikap Sebagai Muslim Sejati

Sobat, munculnya islamofobia tidak lain karena ada beberapa orang yang mengaku muslim namun bersikap tidak sebagai mestinya. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menghadapi islamofobia adalah dengan kembali pada ajaran yang benar yakni Al Quran. Dalam Al Quran, terdapat tuntunan yang berbunyi,

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

 “Oleh karena rahmat Allah-lah, kamu (Muhammad) sanggup berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, sudah pasti mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya”. (Ali Imron ayat 153)

Ayat tersebut menyeru supaya kaum muslimin memiliki sikap lemah lembut, santun, penuh kasih, serta berhati sutra. Ayat di atas juga mengajak umat islam mentradisikan dialog saat menghadapi bermacam masalah.

Islam melalui ayat ini menyeru kaum muslimin mudah memberikan maaf dan tidak pendendam. Jika nilai-nilai tersebut bisa Sobat tampilkan konsisten di hadapan masyarakat dunia, islamofobia bisa sedikit demi sedikit terkikis.

2. Memanfaatkan Media untuk Berdakwah

Aktris Jessica Chastain

Selain itu, Sobat juga bisa memanfaatkan keberadaan media semaksimal mungkin untuk berdakwah. Sampaikan kepada masyarakat dunia lewat media, seperti apa ajaran islam sesungguhnya. Apalagi, Allah SWT berfirman,

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung.” [Ali Imran/3 : 104]

Sobat Cahaya Islam, islamofobia seperti yang tersirat dalam postingan aktris Jessica Chastain memang membahayakan. Namun hendaknya Sobat bisa menghadapi hal itu dengan lembut dan tidak ada kekerasan dalam bentuk apapun. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY