Pentingnya Berdoa Menurut Islam

0
120
Pentingnya Berdoa 1

Pentingnya berdoa – Dalam ajaran islam, berdoa itu sendiri tidak hanya sekadar serangkaian kata yang diucapkan melalui lisan, tetapi merupakan panggilan hati yang mendalam untuk kemudian dikomunikasikan kepada Allah SWT. Doa digambarkan sebagai sarana langsung untuk berkomunikasi dengan Allah, sehingga penting untuk memahami bahwasanya berdoa itu diperlukan.

Tahukah sobat CahayaIslam, berdoa bukan hanya sebagai wujud bagaimana kita sebagai manusia biasa menggantungkan segala sesuatu kepada Allah SWT. Namun doa juga menjadi cerminan dimana kita dengan penuh kerendahan diri meminta dan memohon apapun kepada Allah. Baik itu kemudahan, keinginan dan hal-hal lainnya.

Pentingnya Berdoa Menurut Islam, Seperti Apa?

Pentingnya Berdoa 2

Pentingnya berdoa juga salah satunya adalah sebagai penguat ikatan antara manusia dengan Allah SWT. Dengan memanjatkan doa, itu artinya kita mempercayakan apapun yang sedang dirasakan, baik itu ketakutan, kekhawatiran serta harapan hanya kepada Allah. Kemudian, mengungkapkan dihadapan-Nya dengan harapan untuk mendapatkan petunjuk.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.

Ayat ini jelas menegaskan bagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk berdoa. Dengan berdoa, ini menjadi jalan untuk Allah memudahkan segala urusan dan keinginan yang disampaikan oleh umat-Nya. Hanya saja, memanjatkan doa juga bukan hanya sekedar berucap. Kita harus dapat memaknai doa dengan tulus dan ikhlas agar menjadikan doa yang mustajab.

Lalu kenapa pentingnya berdoa menurut islam?

Pentingnya Berdoa 3

Pengakuan Bahwa Kita Bergantung Pada Allah SWT

Berdoa adalah bentuk pengakuan yang tulus bahwasanya kita adalah makhluk yang lemah dan bergantung sepenuhnya kepada Allah. Sehingga dalam setiap doa, kita menyadari bahwa hanya dengan pertolongan-Nya kita mampu untuk menghadapi segala cobaan dan kesulitan hidup.

Ungkapan Rasa Syukur

Doa merupakan jalan untuk menyampaikan rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan-Nya. Dengan berdoa, kita mengakui dan menghargai berbagai karunia yang Allah limpahkan, sehingga hati kita selalu penuh dengan rasa bersyukur.

Memohon Petunjuk

Saat kita dilanda kesulitan, kebimbangan, ketakutan maka doa menjadi salah satu cara untuk memohon petunjuk dari Allah dalam menghadapi keputusan-keputusan hidup. Dengan yang sungguh serta tulus, kita bisa menemukan petunjuk-Nya agar langkah kita dalam hidup selalu sejalan dengan apa yang menjadi ajaran-Nya.

Bentuk Komunikasi Dengan Allah

Doa merupakan kesempatan bagi kaum muslimin untuk berkomunikasi secara langsung dengan Allah SWT. Kita bisa mengadu, menangis, memohon dan apapun itu kepada-Nya. Allah selalu siap mendengarkan setiap doa dan keluhan kita. Dengan begitu, kita dapat lebih merasakan bagaimana Allah menetapkan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita.

Pentingnya berdoa – Dengan berdoa, kita bisa merasakan adanya Allah SWT yang senantiasa dekat dan juga selalu ada saat kita ingin mengadu tentang banyak hal. Selain itu, dengan berdoa juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan dan bersabar dalam menghadapi ujian hidup.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Mu’min Ayat 60

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY