Hari Vegetarian Sedunia, Bagaimana Islam Memandang Vegan?

0
321
Hari Vegetarian Sedunia

Hari Vegetarian Sedunia – Memasuki bulan Oktober 2023, banyak hari peringatan penting di seluruh dunia. Salah satunya ada peringatan Hari Vegetarian Sedunia atau WVD alias World Vegetarian Day. Peringatan Hari Vegetarian berlangsung di tanggal 1 Oktober setiap tahunnya.

Peringatan World Vegetarian Day dilakukan untuk mempromosikan serta meningkatkan manfaat pola makan vegetarian. Selain itu, peringatan tersebut juga sebagai ajang promosi untuk gaya hidup sehat. Bagi Sobat Cahaya Islam yang penasaran dengan World Vegetarian Day bisa simak informasinya di bawah ini.

Mengenal Hari Vegetarian Sedunia

Peringatan Hari Vegetarian Sedunia pertama kali diamati tepat tahun 1977 silam oleh NAVS yakni Masyarakat Vegetarian Amerika Utara. NAVS adalah organisasi nirlaba yang berdiri sejak tahun 1974 untuk mempromosikan vegetarianisme. Organisasi satu ini memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran terkait manfaat pola makan vegetarian.

Di tahun 1978 dengan dukungan dari Persatuan Vegetarian Internasional, perayaan WVD pun resmi ditetapkan tanggal 1 Oktober. Bukan itu saja, NAVS turut mencetuskan Bulan Kesadaran Vegetarian Sedunia, yang berlangsung di sepanjang bulan Oktober.

Selama bulan itu, ada bermacam acara, kegiatan, serta inisiatif untuk mendorong masyarakat mencoba makanan vegetarian. Dengan begitu, besar harapan masyarakat mempertimbangkan untuk menerapkan pola makan sebagai vegetarian.

Mengenal Vegetarian

Sobat Cahaya Islam, berbicara tentang Hari Vegetarian Sedunia, apa itu vegetarian sebenarnya? Vegetarian merupakan pola makan yang mengharuskan seseorang hanya mengkonsumsi makanan nabati. Seorang vegan juga harus menghindari makanan yang berbahan hewani.

Vegetarian kerap kali berkaitan dengan manfaat kesehatan. Beberapa manfaatnya yaitu bisa mendetoks tubuh, menurunkan berat badan, serta memperlancar sistem pencernaan. Kalau mengikuti Rasulullah SAW dengan pola makan sehatnya, maka vegetarian bertentangan dengan ajaran islam.

Apalagi jika seseorang menjalankan diet vegetarian dan menjadi vegan secara berlebihan. Dalam pandangan medis, pola makan tersebut pun termasuk hal yang kurang baik bagi kesehatan manusia. Mengingat, tubuh manusia juga memerlukan zat penting yang terdapat di dalam daging.

Vegetarian di Mata Islam

Sobat Cahaya Islam, menjadi vegetarian secara berlebihan tergolong bertentangan dengan ajaran islam. Mengapa demikian? Berikut ini ada beberapa hal yang membuat vegetarian terlarang dalam islam:

1.       Mengharamkan Apa yang Sudah Allah SWT Halalkan

Seperti yang Sobat ketahui, vegetarian mengharuskan para pengikutnya hanya mengkonsumsi beberapa makanan. Selain itu, vegetarian juga seolah menghindari sampai berhenti mengkonsumsi daging yang mengandung gizi baik bagi tubuh. Hal tersebut seolah-olah mengharamkan daging yang jelas-jelas sudah Allah halalkan dengan kriteria tertentu.

Hari Vegetarian Sedunia

Ini jelas terlarang dalam pandangan islam, sebagaimana firman Allah SWT:

 يا أيها الذين آمنوا لا تحرموا طيبات ما أحل اللَّه لكم

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengharamkan hal-hal baik yang Allah telah halalkan untuk kalian.” (QS. Al-Maidah: 87)

2.       Bentuk Pengingkaran Nikmat Allah

Daging merupakan nikmat Allah yang tak bisa semua orang dapatkan dan konsumsi. Namun di mata beberapa vegan, daging menjadi bahan makanan yang tidak sehat dan sepatutnya tidak mereka makan. Padahal selama tidak berlebihan, daging juga membawa kebaikan bagi tubuh.

Allah SWT berfirman:

.وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلالا طَيِّبًا وَاتَّقُوا اللَّهَ  الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ يؤمنون

Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (Al-Maidah: 88).

3.       Dapat Berbahaya Bagi Kesehatan

Orang melakukan pola makan vegetarian berlebihan akan kekurangan vitamin B12 yang katanya hanya berada di dalam hewan. Padahal vitamin tersebut cukup penting, terlebih saat Sobat hamil dan kondisi lainnya. Kalau memang vegetarian dirasa membahayakan, maka agama dengan jelas melarangnya.

Hari Vegetarian Sedunia

Nabi muhammad SAW bersabda:

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ

“Tidak boleh melakukan sesuatu yang membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.” [HR. Imam Ahmad 1/313]

Sobat Cahaya Islam, sebaiknya Sobat menghindari menjadi seperti dalam peringatan Hari Vegetarian Sedunia. Makanlah sayuran dan daging secara seimbang agar Sobat mendapat tubuh yang sehat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY