Banjir Bandang Bondowoso-Bencana alam berupa banjir bandang baru saja terjadi di wilayah Bondowoso tepatnya pada tanggal 29 Januari 2020 kemarin. Banjir tersebut menerjang Desa Sempol yang berada di kecamatan Ijen. Akibat Banjir Bandang Bondowoso tersebut, saat ini diperkirakan ada ratusan rumah yang terendam.

Selain menerjang Desa Sempol, banjir juga menerjang Desa Kalisat di kecamatan Ijen. Diperkirakan ada sekitar 4024 warga yang terdampak dan sebagian dari masyarakat telah mengungsi menuju ke tempat yang lebih aman.

Banjir bandang yang terjadi kali ini cukup kuat sehingga menyebabkan banyak kerusakan. Banyak material yang terbawa oleh banjir bandang mulai dari lumpur, kayu, batu dan lain sebagainya. Banjir Bandang Bondowoso ini berasal dari Gunung Suket dan Gunung Raung. Ketika hujan turun dengan deras maka air dari gunung akan turun dengan cepat hingga dapat menyebabkan banjir bandang.

banjir bandang bondowoso

Banjir Bandang Bondowoso melanda 200 rumah

Bendasarkan informasi yang disampaikan oleh warga, rumah yang terendam banjir mencapai 200 rumah atau bahkan lebih. Ketinggian airnya mencapai 60cm yang masuk ke dalam rumah. Meskipun cukup parah namun beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam bencana Banjir Bandang Bondowoso ini. Meksipun demikian, kerugian yang dialami oleh masyarakat di Bondowoso tetap saja cukup besar.

Bencana adalah peringatan

Sobat cahaya Islam, bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di dunia ini semuanya adalah kehendak dari Allah SWT. Namun sadarkah kita bahwa akhir-akhir ini bencana yang terjadi semakin banyak dan juga semakin sering. Selain itu, kerusakan yang terjadi akibat bencana juga terbilang besar. Dari kejadian bencana alam yang terjadi di Bondowoso dan diberbagai wilayah lainnya, kita dapat mengambil pelajarah yang begitu berharga.

Betapa sekuat apapun manusia tidak akan dapat menolak apa yang menjadi kehendak Allah SWT. Semua yang ada di alam semesta ini adalah kepunyaan Allah sehingga jika Allah hendak mengambilnya, menghancurkannya atau apapun itu tentu kita tidak akan kuasa untuk menolaknya.

Namun meskipun demikian, Allah adalah Sang maha penyayang sehingga bencana yang terjadi tetap memebrikan hikmah yang luar biasa. Allah ingin agar hambaNya kembali untuk taat dan bertaqwa. Kita juga harus ingat bahwa kerusakan yang terjadi di bumi adalah akibat dari tangan manusia yang senang berbuat kerusakan.

banjir bandang bondowoso 2

Air adalah salah satu tentara Allah

Penting bagi kita untuk tahu bahwa tentara Allah bukan hanya malaikat saja namun segala makhluk Allah adalah tetaranya termasuk air, angin, api tanah dan lain sebagainya. Air dapat merusak dan membanjiri apa yang ada jika Allah memerintahkannya.

Dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota, kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.” (QS: Al-Qashash: 59)

Dari ayat diatas kita bisa mengambil pelajaran bahwa banyak kota dan juga kaum yang telah dibinasakanallah dikarenakan banyak melakukan kezaliman. Bagi kita yang beriman sebaiknya selalu berusaha untuk menjauhi perbuatan maksiat agar Allah tidak memberikan hukuman atau cobaan.

Sobat cahaya Islam, semoga dengan adanya bencana Banjir Bandang Bondowoso kita bisa semakin dekat dengan Allah dan mengambil banyak pelajaran dan selalu dilindungi oleh Allah SWT. Inshaallah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!