Hari Sumpah Pemuda, Begini Memaknainya Dalam Islam!

0
88
Hari Sumpah Pemuda Dalam Islam

Hari sumpah pemuda – Dalam sejarah, 28 Oktober ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Ini dicetuskan oleh para pemuda dari seluruh penjuru tanah air, dimana mereka berkumpul dan mengikrarkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Dalam kehidupan bernegara ini, pemuda adalah golongan anak muda yang mana merupakan harapan bangsa. Kelak para pemuda juga lah yang akan menjadi calon pemimpin di masa mendatang. Itulah kenapa eksistensi pemuda dalam masyarakat sangatlah penting.

Hari Sumpah Pemuda Dalam Islam

Sobat CahayaIslam, dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, pemuda memiliki peran aktif sebagai penghantar bangsa dan negara ini untuk merdeka dan berdaulat. Ini tertulis dalam UU no.40 tentang kepemudaan. Dalam islam sendiri, juga disebutkan dalam sebuah firman Allah mengenai pemuda. Itu artinya, para pemuda punya peran yang cukup penting dalam kehidupan bermasyarakat.

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى

Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.(1)

Hari Sumpah Pemuda, Begini Cara Memaknainya Dalam Islam

Hari Sumpah Pemuda dan Cara Memaknainya Menurut Islam

Hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober tentu saja menyimpan banyak sejarah. Terutama tentang bagaimana peran dan perjuangan pemuda dalam menghantarkan Indonesia menjadi negara yang merdeka. Dalam islam sendiri, hari sumpah pemuda bisa dimaknai sebagai pentingnya membentuk para pemuda yang memiliki mental dan kepribadian yang hebat. Namun tentu saja ini tetap didasarkan pada nilai-nilai agama.

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.(2)

Dalam ayat diatas mencerminkan bagaimana agama islam memiliki peran besar dalam perkembangan kepemudaan Indonesia. Bagaimana bisa? ini karena pemuda Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan pemuda islam. Dimana penduduk Indonesia mayoritas adalah golongan muslim. Itu sebabnya, membangun pemuda Indonesia sama halnya dengan membangun pemuda islam.

Hari Sumpah Pemuda Dalam Islam

Maka dari itu, nilai-nilai islam harus menjadi pedoman dalam pembentukan kepribadian pemuda Indonesia. Sementara hari pemuda dimaknai sebagai sumber motivasi untuk membentuk pemuda Indonesia yang hebat. Namun tidak lupa bahwa islam berperan penting untuk menciptakan pemuda yang berakhlak dan untuk kemaslahatan hidup manusia baik di dunia dan akhirat.

Hari sumpah pemuda – berkaitan dengan sejarah dimana para pemuda berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Dan sebagai umat yang mayoritasnya beragama muslim, maka sumpah pemuda bisa dimaknai sebagai sejarah yang memotivasi perkembangan pemuda islam Indonesia.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Kahf Ayat 13

(2) – Surat An-Nur Ayat 55

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY