Sumbangan Sepeda Yang Diterima Presiden Jokowi, Tahukah? Ini Alasan Perlunya Sikap Jujur Menurut Islam!

0
21
Sumbangan Sepeda Yang Diterima Presiden Jokowi

Sumbangan sepeda – Presiden Jokowi dikabarkan baru saja menerima pemberian sepeda lipat dari artis Daniel Mananta. Dalam aturannya sendiri, pemimpin negara harus melaporkan semua cendera mata yang didapatkan ke KPK. Aturan ini adalah mengenai gratifikasi. Sekjen PPP Arsul Sani sendiri mengatakan bahwasanya Presiden Jokowi tidak melanggar aturan gratifikasi. Hal ini karena Jokowi memiliki waktu hingga 30 hari untuk melaporkan. Dan lagi beliau juga disebut selalu melaporkan kepada KPK apa yang diterimanya.

Sumbangan Sepeda Yang Diterima Presiden Jokowi

Pemberian sepeda lipat yang diterima Presiden Jokowi kabarnya adalah pemberian dalam rangka hari Sumpah Pemuda. Namun bagaimanapun ada aturan yang mengharuskan Presiden untuk melaporkan apa saja yang diterimanya. Tentu saja hal ini juga berkaitan dengan kejujuran. Dalam islam sendiri, kejujuran adalah suatu sikap yang penting untuk ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kaum muslimin dianjurkan untuk bersikap jujur.

Sumbangan Sepeda Diterima Presiden Jokowi, Ini Alasan Perlunya Sikap Jujur Dalam Islam

Sumbangan Sepeda Yang Diterima Presiden Jokowi dan Alasan Perlunya Sikap Jujur

Sumbangan sepeda lipat diterima presiden Jokowi dalam rangka hari Sumpah Pemuda. Namun menurut keterangan Sekjen PPP Arsul, presiden tidak melanggar aturan gratifikasi. Apalagi sebelumnya Jokowi selalu melaporkan apa saja yang diterimanya. Ini tentu saja merupakan cerminan sikap jujur yang mana harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Dalam islam pun, kejujuran adalah sikap yang perlu dimiliki oleh kaum muslimin.

مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَىٰ نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا لِيَجْزِيَ اللَّهُ الصَّادِقِينَ بِصِدْقِهِمْ وَيُعَذِّبَ الْمُنَافِقِينَ إِنْ شَاءَ أَوْ يَتُوبَ عَلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَحِيمًا

Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya), supaya Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang benar itu karena kebenarannya, dan menyiksa orang munafik jika dikehendaki-Nya, atau menerima taubat mereka. Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (1)

Ayat ini menjelaskan bahwasanya Allah akan memberikan balasan kepada orang yang jujur. Sementara orang yang tidak jujur dikategorikan sebagai golongan orang yang munafik. Lalu apa alasan perlunya sikap jujur menurut islam?

Untuk Mendapat Kepercayaan dan Dipercaya

Sumbangan Sepeda Yang Diterima Presiden Jokowi dan Jujur Dalam Islam

Kejujuran merupakan sikap yang perlu dimiliki oleh seorang muslim. Ini tentu saja dengan suatu alasan, salah satunya adalah untuk mendapat kepercayaan dan agar dapat dipercaya. Untuk menjadi seseorang yang amanah dan dipercaya oleh orang lain maka perlu memulai dengan kejujuran yang ditanamkan dalam diri.

Untuk Memperoleh Kebaikan

Ada banyak hikmah dan kebaikan yang bisa diperoleh dari bersikap jujur. Itu sebabnya, islam menganjurkan kaum muslimin untuk bersikap jujur. Sehingga ada banyak kebaikan yang bisa diperoleh. Namun jika seseorang jauh dari sikap jujur, maka kebaikan dalam hidup juga akan semakin jauh.

Sumbangan sepeda – yang diterima oleh Presiden Jokowi kabarnya belum dilaporkan kepada KPK. Namun Sekjen PPP menilai Jokowi masih memiliki 30 hari untuk melaporkan cendera mata yang diterimanya. Demikianlah sobat CahayaIslam, alasan perlunya memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 23-24

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY