Adakah Hadits Nabi Tentang Diet?

0
940

Ajaran islam itu Universal bila kita memiliki i’tikad terbuka yang mengarah kepada keinginan untuk mendapatkan kefahaman agama. Banyak yang bisa kita ambil hikmah dan esensi penting dari banyaknya ajaran islam baik dari Al Quran maupun Sunnah Rasulullah SAW yang terangkum dalam beberapa kitab hadits. Rasulullah mengajarkan kepada kita banyak hal dalam berbagai aspek kehidupan. Contohnya saja dalam aspek kesehatan, misalnya saja diet. Sahabat Cahayaislam yang doyan pergi ke gym atau berolahraga pasti penasaran dong soal sebenarnya ada nggak sih hadits Nabi yang menyatakan tentang pentingnya diet. Ada kok! Cek detailnya dibawah ya!

Kisah Ali yang Diet karena sedang dalam masa penyembuhan

Sebelum membahas lebih jauh soal diet, sahabat Cahayaislam harus tahu terlebih dahulu apa sih sebenarnya diet itu? – Diet tidak hanya istilah yang berlaku sebatas untuk menurunkan berat badan saja lho. Secara terminologis kata diet berarti Serangkaian kegiatan dimana seseorang membatasi makanan untuk menurunkan berat badan maupun alasan pengobatan.

Nah, ada satu kisah yang terangkum dalam riwayat Sunan Abu Dawud di kitab Al Tibb (3856) yang menceritakan tentang kisah Ali yang sedang “diet”:

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، وَأَبُو عَامِرٍ – وَهَذَا لَفْظُ أَبِي عَامِرٍ – عَنْ فُلَيْحِ بْنِ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ صَعْصَعَةَ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ، عَنْ أُمِّ الْمُنْذِرِ بِنْتِ قَيْسٍ الأَنْصَارِيَّةِ، قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَمَعَهُ عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَعَلِيٌّ نَاقِهٌ وَلَنَا دَوَالِي مُعَلَّقَةٌ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَأْكُلُ مِنْهَا وَقَامَ عَلِيٌّ لِيَأْكُلَ فَطَفِقَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ لِعَلِيٍّ ‏”‏ مَهْ إِنَّكَ نَاقِهٌ ‏”‏ ‏.‏ حَتَّى كَفَّ عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ ‏.‏ قَالَتْ وَصَنَعْتُ شَعِيرًا وَسِلْقًا فَجِئْتُ بِهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏”‏ يَا عَلِيُّ أَصِبْ مِنْ هَذَا فَهُوَ أَنْفَعُ لَكَ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو دَاوُدَ قَالَ هَارُونُ الْعَدَوِيَّةِ

Rasulullah SAW datang berkunjung padaku (Ummi Mundzir) dengan ditemani oleh Ali. Saat itu Ali sedang dalam masa penyembuhan. Kami memiliki beberapa kurma ranum yang tergantung di dapur. Rasulullah kemudian memakannya bersama Ali. Namun Kemudian Rasulullah berkata kepada Ali: Ali, hentikan memakan itu karena engkau sedang dalam masa penyembuhan. Kemudian aku (Ummi Mundzir) menyiapkan beberapa kudapan gandum dan minuman dari racikan tumbuhan obat. Rasulullah kemudian berkata: Ambil beberapa dari ini, karena itu lebih baik untukmu.

Hadits Nabi diatas menulas secara gamblang bahwa Rasulullah juga menyarankan sahabatnya Ali untuk diet karena dirinya sedang dalam masa penyembuhan. Tentunya dalam hadits ini kita bisa memetik hikmah pula bahwa Rasulullah sendiri tidak melarang diet. Bahkan Rasulullah sendiri menyarankan untuk melaksanakan diet ketika diet itu baik untuk kita.

Tentu ada ketentuan-ketentuan yang harus kita patuhi ketika kita melaksanakan diet. Ketentuan-ketentuan itu haruslah sesuai dengan syariat islam yakni menjauhi konsumsi makanan yang tidak jelas halal atau haramnya. Atau melakukan diet yang terlalu berlebihan atau malah menganiaya diri sendiri. Simak pula artikel terkait diet dalam islam yang telah kami ulas sebelumnya (disini) dan (disini). Selama diet itu baik dan bisa menunjang kesehatan kita agar ibadah kita kepada Allah berjalan mulus dan lancar, malah sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Semoga hadits nabi tentang diet ini bisa bermanfaat dan menginspirasi sobat Cahayaislam untuk tetap menjaga gaya hidup sehat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!