Hari Olahraga Nasional 2020, Ini Pentingnya Olahraga Menurut Islam

0
19

Hari Olahraga Nasional 2020 – Hari ini merupakan wujud dari kepedulian presiden terhadap pentingnya olahraga. Hari olahraga nasional 2020 diperingati pada tanggal 9 September 2020. Hari olahraga nasional 2020 ini dilatarbelakangi oleh adanya pekan olahraga nasional pada tahun 1948. Lalu, bagaimana pentingnya olahraga dalam islam?

Sobat Cahaya Islam, islam mengajarkan kita untuk hidup sehat. Salah satu cara untuk hidup sehat diantaranya adalah dengan rajin berolahraga seperti berlari keliling perumahan selama 30 menit atau bersepeda pada pagi hari. Dengan rajin berolahraga, kuman-kuman penyakit atau virus tidak mau menempel pada tubuh kita. Sehingga kita menjadi sehat dan jarang sakit-sakitan.

Alasan Pentingnya Olahraga Dalam Islam Di Hari Olahraga Nasional 2020

Olahraga sangat dianjurkan dalam islam. Nabi Muhammad juga menyukai berolahraga. Olahraga yang disukai Nabi Muhammad diantaranya adalah berkuda, memanah, lari, jalan cepat, berenang, dan bergulat.

Ada beberapa alasan mengapa olahraga sangat penting dilakukan oleh setiap orang, diantaranya adalah:

  1. Mencegah Datangnya Penyakit

Olahraga yang rutin dilakukan oleh seseorang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kanker, hipertensi, diabetes, serta penyakit-penyakit lainnya yang umumnya menyerang orang yang tidak suka berolahraga.

  1. Membuat Stamina Bertambah

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menambah stamina tubuh. Salah satu olahraga yang dapat menambah stamina tubuh ini adalah senam aerobic. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan latihan aerobic dapat membuat tubuh menjadi lebih efisien dengan penggunaan energy yang sedikit.

  1. Menguatkan dan Menyehatkan Otot

Berolahraga secara rutin dapat menguatkan dan menyehatkan otot. Hal tersebut dikarenakan olahraga secara rutin terutama dengan menggunakan beban dapat membuat otot, tulang, dan ligament mengembang. Sehingga dapat menambah kekuatan dan ketahanan tubuh.

  1. Sebagai Pengontrol Berat Badan

Ketika kita berolahraga, maka kalori kita juga akan ikut terbakar. Sehingga ketika kita membakar kalori lebih banyak daripada apa yang kita makan, maka berat badan kita dapat dikontrol melalui olahraga yang kita lakukan.

  1. Membuat Kualitas Hidup Menjadi Meningkat

Olahraga yang kita lakukan dapat membantu kita untuk mengurangi stress dan membuat kita dapat menikmati tidur yang nyenyak.

Adapun hadist yang mendukung pentingnya berolahraga diantaranya seperti yang dibawah ini:

الْمُؤْمِنُ الْقَوِىُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِى كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَىْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّى فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا. وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. Namun, keduanya tetap memiliki kebaikan. Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: ‘Seandainya aku lakukan demikian dan demikian.’ Akan tetapi hendaklah kau katakan: ‘Ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah Dia kehendaki pasti terjadi.’ Karena perkataan law (seandainya) dapat membuka pintu syaithon.” (HR. Muslim nomor 47)

Ada tiga fungsi olahraga dalam islam, diantaranya:

  1. Untuk Menjaga Diri

Olahraga yang kita lakukan secara rutin dapat membuat tubuh kita menjadi kuat. Sehingga dapat melawan musuh yang mau menyakiti kita. Salah satunya adalah bela diri seperti karate, taekwondo, dan silat tapak suci. Mempertahankan nyawa kita sendiri merupakan salah satu hal yang diwajibkan dalam islam.

  1. Sebagai Media Persiapan Untuk Berjihad Di Jalan Allah

Perang tidak hanya menggunakan kecerdasan daalm mengatur strategi, tetapi juga kelihaian dalam menggunakan senjata dan kekuatan fisik saat di medan perang. Itu semua hanya bisa didapatkan dari melalui latihan olahraga yang rutin .

  1. Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat adalah karunia yang luar biasa yang diberikan Allah kepada kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga karunia tersebut dengan berolahraga salah satunya. Dikarenakan dengan berolahraga yang rutin dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Itulah alasan pentingnya olahraga dalam islam di hari olahraga nasional 2020. Kita sebagai manusia ada baiknya untuk merutinkan kebiasaan berolahraga. Hal tersebut dikarenakan olahraga tidak hanya menyehatkan raga, tetapi juga jiwa kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!