Arie Kriting Menikah, Inilah Tujuan Menikah dalam Islam

0
23

Arie Kriting Menikah – Media sedang dihangatkan dengan berita suka cita yang datang dari aktor Indonesia yakni Ari Kriting. Hal ini sebagai salah satu bentuk menjalankan ibadah yang dianjurkan syariat Islam. Anjuran menikah dalam Islam tentunya bukan main-main, banyak tujuan yang hendak dicapai dari suatu ikatan pernikahan.

Tujuan pernikahan memiliki makna yang amat mendalam.  Perjanjian kuat antara dua insan yang harus dijaga dan terhindar dari cerai-berai. Dalam Islam, pernikahan memiliki kedudukan yang begitu sakral. Hal ini amat berhubungan dalam mencetak generasi yang shaleh dan shalehah.

Tujuan Menikah dalam Islam

Kabar hangat terkait Arie Kriting Menikah tentunya merupakan suka cita bagi setiap yang mendengarnya. Banyak tujuan yang ingin dicapai dalam membina keluarga yang ada dalam naungan Ridha-Nya. Di antara tujuan menikah yakni sebagai berikut.

1.   Mengikuti Perintah Allah SWT

Pernikahan antara dua insan memiliki tujuan sebagai salah satu taat terhadap perintah Allah swt.  Keraguan untuk melakukan pernikahan tidak lepas dari bidang ekonomi. Namun, Sobat Cahaya Islam tidak perlu khawatir terhadap hal ini, Allah swt akan senantiasa memerhatikan hamba-Nya. Selain itu, usaha dan doa yang dikhtiarkan oleh dua orang akan lebih kuat untuk mencapai kekayaan yang hakiki, biak di dunia maupun di akhirat.

Sebagaimana dala Firman Allah SWT dalam AL-Quran surat An-Nuur ayat 32:

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

2.   Menyempurnakan Agama

Islam mengajarkan bahwa tujuan menikah merupakan salah satu penyempurna separuh agama.  Jalinan pernikahan antara dua-insan selain mengundang suka ciat dan kebahagiaan yang mendalam juga sebagia bentuk ibadah kepada Allah swt. Hal ini menjadi salah satu ibadah yang amat nikmat, karena bahagia dunia dan akhirat pun dapat dijalani bersama pasangan yang telah ditentukan.

3.   Melaksanakan Sunnah Rasul

Selanjutnya, tujuan lainnya dari menikah yakni melaksanakan sunnah Rasulullah SAW. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk menjauhkan diri dari hal-hal berbau maksiat. Niatkan pernikahan dengan baik guna mendapatkan ridha dan barakah-Nya.

“Menikah adalah sunnahku, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunnahku, bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat).” (HR. Ibnu Majah no. 1846, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 2383).

4.   Mendapatkan Keturunan

Tujuan lainnya yakni untuk mendapatkan keturunan. Pernikahan sebagai salah satu upaya untuk senantiasa melestarikan keturunan serta mencetak generasi shaleh dan shalehah sebagai salah satu pintu ditambahkannya rizki.

5.   Menguatkan Ibadah

Seperti yang disinggung sebelumnya, pernikahan merupakan suatu bentuk ibadah. Dengan adanya ikatan pernikahan, menjadi penguat ibadah serta terhindar dari hal-hal maksiat yang dapat menurunkan martabat seseorang, serta terhindar dari perbuatan dosa besar seperti zina.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah ulasan singkat terkait tujuan meniah dalam Islam. Pada dasarnya banyak tujuan yang ingin dicapai melalui suatu ikatan pernikahan. Namun, secara pasti, pernikahan yang dilakukan tidak lepas dari ibadah seorang hamba kepada Tuhan-Nya. Sebagaimana yang dikabarkan terkait Arie Kriting Menikah tentunya tidak lepas dari tujuan menikah untuk mendapatkan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY