Hari Lingkungan Hidup, Islam Perintahkan Jaga Lingkungan

0
72

Hari Lingkungan Hidup – Setiap makhluk, hidup di lingkungannya masing-masing. Manusia hidup di lingkungan yang memungkinkan untuk bisa mendapatkan makanan, bernafas dan juga melakukan berbagai kehidupan dengan normal.

Ketika kita hidup di lingkungan yang baik dan sehat maka kita akan merasakan kehidupan yang tentram dan nyaman. Sedangkan jika terjadi kerusakan lingkungan maka manusia juga akan hidup dalam kesulitan.

Saat ini sudah banyak sekali terjadi kerusakan lingkungan akibat ulah manusia. Akibatnya banyak terjadi bencana alam, kelangkaan pangan, kerusaan masyarakat dan lain sebagainya. Kerusakan lingkungan memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan.

Hari Lingkungan Hidup: Momen Mengingat Peringatan dari Allah

Jangan sampai kita menyepelekan mengenai kondisi lingkungan yang ada disekitar kita. Di Hari Lingkungan Hidup kita dihimbau untuk semakin perhatian dengan lingkungan serta ikut serta dalam menjaga lingkungan.

Kerusakan lingkungan bukan lagi menjadi isapan jempol semata melainkan sudah benda-benar nyata di depan mata. Banyak dari aktifitas manusia yang menyebabkan keruskan seperti aktifitas industri, transportasi, limbah rumah tangga, tebang liar, pembakaran lahan dan lain sebagainya.

Bahkan hal sederhana seperti buang sampah sembarangan, vandalisme dan berbagai kediatan yang mungkin saja dianggap sepele ternyata menyebabkan dampak yang luar bisa.

Bagi mereka yang melakukan kerusakan biasanya tidak menyadari jika efeknya akan sangat menyengsarakan bukan hanya untuk dirinya sendiri namun bagi semua makhluk hidup.

Sobat cahaya Islam, kita sebagai manusia yang beriman kepada Allah jangan sampai menjadi salah satu manusia yang senang berbuat kerusakan. Kita hendaknya menjaga dan ikut serta daam melestarikan lingkungan. Di hari Hari Lingkungan Hidup ini kita juga harus saling mengajak dan mengingatkan agar lingkungan hidup kita semakin sehat dan nyaman untuk ditinggali.

Allah Melaknat Pembuat Kerusakan

Kita harus menyadari bahwa melakukan kerusakan lingkungan dapat mengundang bencana dan murka Allah. Allah bahkan telah berfirman dalam Al-Quran:

{ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ}

Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan (maksiat)[1] manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS Ar Ruum:41).

Ketika terjadi bencana alam, manusia sering kali mengeluh dan tidak menyadari akan perbuatannya yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Kebanyakan mereka yang melakukan kerusakan adalah orang-orang yang tidak paham akan agama serta serakah dengan kehidupan dunia.

Manusia memang memiliki sifat yang tidak pernah puas sehingga banyak cara dilakukan demi mendapatkan apa yang diinginkan termasuk dengan melakukan kerusakan. Bisa dibayangkan, betapa banyak pabrik, pembukaan lahan, ilegal loging, pembuangan limbah secara sembarangan, dan kegiatan merusakan lingkungan lainnya. Semuanya disebabkan oleh manusia-manusia yang tidak peduli dengan kerusakan dan hanya mementingkan kepentingan sendiri.

Allah menjadikan alam semesta ini memiliki keseimbangan yang sangat baik. Allah tidak menurunkan bencana untuk menzolimi manusia melainkan memang hal tersebut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia sendiri.

Di Hari Lingkungan Hidup jangan sampai kita melupakan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Jika lingkungan kita baik maka kehidupan juga akan terasa lebih menyenangkan.

Ketika terjadi kerusakan lingkungan, bukan hanya manusia saja yang merasakan kesusahan apabila terjadi bencana atau kerusakan melainkan semua makhluk termasuk hewan dan tumbuhan juga menjadi korbannya.

Sobat cahaya Islam, menjaga kelestarian lingkungan dapat dimulai dari hal kecil dan dari diri kita sendiri. Biasakan membuang sampah pada tempatnya dan jangan melakukan kegiatan yang dapat merusak linkungan. Semoga di Hari Lingkungan Hidup kita semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!