Hari Kesehatan Nasional, Simak! Cara Rasulullah Menjaga Kesehatan

0
137

Hari Kesehatan NasionalKamis kemarin (12/11) diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Momen ini diperingati setiap tahun, biasanya akan ada serangkaian agenda untuk memperingatinya. Namun, di tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Semua perayaan dilaksanakan secara daring dan luring di auditorium Siwabessy, Jakarta.

Ada yang unik pada perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-56 ini. Melansir Twitter @KemenkesRI untuk memperingati HKN ini masyarakat dihimbau untuk melakukan gerakan 56 detik pada pukul 12 siang. Tujuannya adalah untuk memberikan tepuk tangan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat Indonesia yang telah menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi berlangsung.

Tidak hanya itu, dari sisi kesehatan gerakan 56 detik juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah pada telapak tangan dan peningkatan syaraf-syaraf tangan. Tema yang diusung pada HKN ke-56 ini adalah “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Menteri Kesehatan Terawan juga menyampaikan rasa terima kasih pada pidatonya di Hari Kesehatan Nasional kepada seluruh pihak yang terlibah dalam pembangunan kesehatan.

Pandemi Corona memang menghambat banyak hal. Mengganggu kesehatan, juga ada yang mentalnya sakit sebab pandemi. Sobat Cahaya Islam, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan.

Hari Kesehatan Nasional, 3 Cara Rasulullah Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan sejak dini dapat menjadi investasi yang menyehatkan. Menjaga kesehatan tidak sekadar berolahraga saja. Namun, diimbangi juga dengan konsumsi gizi seimbang dan pola hidup sehat. Simak 3 cara Rasulullah dalam menjaga kesehatan:

  • Olahraga Teratur

Rasulullah rajin menjaga kesehatan dengan berolahraga. Berjalan mengelilingi sekitar rumah atau lari dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan. Olahraga ringan dan murah ini dapat dilakukan minimal 30 menit setiap hari. Bisa dilakukan pada pagi hari atau sore hari.

Jika tidak memungkinkan untuk lari, kita juga bisa melakukan gerakan peregangan di rumah. Kunci dari olahraga yang baik adalah dilakukan secara teratur. Durasi singkat namun teratur lebih baik daripada durasi lama yang dilakukan hanya beberapa kali dalam seminggu.

  • Rajin Membersihkan Rumah

Salah satu cara menjaga kesehatan yaitu dengan rajin membersihkan rumah. Rumah yang kotor akan mudah menjadi sarang penyakit. Beliau selalu membiasakan hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan sebelum makan, memotong kuku yang panjang, juga rajin merawat gigi.

Selain menjaga kebersihan rumah, Rasulullah juga menjaga kandungan gizi makanan yang beliau makan. Buah-buahan seperti kurma, melon, labu dan lainnya menjadi buah yang sering dikonsumsi beliau. Selain itu ada susu murni juga madu yang menjadi obat favorit Rasulullah. 

  • Makan dengan Tangan Kanan

Normalnya kita makan menggunakan tangan kanan. Sedangkan tangan kiri kita gunakan untuk membersihkan bagian tubuh yang kotor dan najis seperti ketika setelah buang air. Namun, ada beberapa pengecualian bagi orang-orang yang terbiasa beraktivitas menggunakan tangan kiri atau disebut kidal. Dalam sebuah hadist dijelaskan:

“Apabila kalian makan, gunakan tangan kanan. Jika kalian minum, gunakanlah tangan kanan karena setan makan dan minum dengan tangan kiri,” (HR Muslim No. 2022)

Namun, ada pengecualian hadist di atas yang menurut Imam An-Nawawi menyesuaikan terhadap kondisi, seperti orang kidal, sakit, yang tidak memungkinkan menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas. Sementara untuk orang kidal dianjurkan melatih tangan kanan untuk menghindari hukum makruh.

Nah, 3 cara di atas dapat Sobat Cahaya Islam terapkan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita dapat merayakan Hari Kesehatan Nasional dengan menjaga kesehatan seperti yang dilakukan Nabi.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY