Ayah, Sudahkah Beri Nasihat seperti Lukman Hakim di Hari Ayah Kemarin?

0
133

Ayah – Peringatan sosok ini dilakukan setiap tanggal 12 November, beberapa ucapan kasih sayang serta doa beredar di media diucapkan. Hanya saja, kali ini sedikit berbeda dengan biasanya.

Di mana terkait hak dan kewajiban ayah di hari peringatannya, apakah dilakukan? Mengingat kadang manusia terlalu menuntut hak ini itu, tetapi lupa kewajiban yang harus dipenuhi diabaikan begitu saja. Hasilnya, pertikaian sering terjadi di ranah rumah tangga, yang seharusnya bisa menjadi keluarga harmonis.

 

Ada banyak hak dan kewajiban bagi kepala rumah tangga. Seperti halnya yang tertera di surat nikah, adanya hak dan kewajiban seorang suami begitu pun istri yang patut dimengerti sekaligus dilakoni ke depannya.

Sobat Cahaya Islam, Islam sendiri memberikan tokoh teladan yang bisa menjadi contoh bagi kepala keluarga yang bertanggung jawab terkhusus kepada buah hatinya melalui berbagai nasihat-nasihat agama.

Muslim tentu sudah familiar dengan Lukman Hakim kisah yang termuat dalam Al-Qur’an dan diabadikan di beberapa ayat terkait nasihat-nasihatnya kepada anaknya. Berikut salah satu ayat nasihat Lukman Hakim kepada anaknya.

وَاِذۡ قَالَ لُقۡمٰنُ لِا بۡنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَىَّ لَا تُشۡرِكۡ بِاللّٰهِ ‌ؕاِنَّ الشِّرۡكَ لَـظُلۡمٌ عَظِيۡمٌ

Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, “Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Lukman ayat 13)

Nasihat Lukman Hakim kepada Anaknya yang Dapat Ditiru dalam Peringatan Hari Ayah

Lukman Hakim memberikan beberapa nasihat kepada anaknya, dengan mengacu pada ajaran agama Islam, antara lain sebagai berikut.

  1. Larangan Menyekutukan Allah SWT

Orang yang menyekutukan Allah SWT disebut musyrik jelas dilarang agama Islam. Allah SWT adalah Maha Esa yang tidak ada satu pun yang bisa menyerupai-Nya. Jelas-jelas dilarang bila mempersekutukan dengan apa pun itu.

  1. Menghormati Orang Tua

Muslim diperintahkan untuk menghormati orang tuanya, mengingat ibu yang telah dengan payahnya mengandung selama sembilan bulan sepuluh hari. Apabila, orang tua mengajak kepada kemusyrikan jangan mengikutinya, namun sebagai anak tetap harus hormat kepadanya.

  1. Balasan atas Perbuatan

Setiap perbuatan baik maupun buruk, sekecil apa pun perbuatan itu diibaratkan ukuran biji sawi, tetap  akan mendapat balasan dari Allah SWT. Sebab Allah SWT adalah Maha Teliti.

  1. Perintah Sholat

Diwajibkan atas semua umat Islam yang telah memenuhi syarat wajib untuk mendirikan sholat. Sholat layaknya tiang agama, barang siapa yang sholat berarti mendirikan tiang agama. Sebaliknya yang lalai melaksanakan sholat berarti merobohkan tiang agama.

 

  1. Amar Makruf Nahi Mungkar

Saling nasihat dan menasihati dalam kebajikan. Berhubung, manusia tempatnya lupa dan salah, perlu diperingatkan dengan mengajak menuju kebaikan, serta mencegah kemungkaran.

  1. Bersikap Sabar

Hidup tidak selamanya sekaras sesuai prediksi dan harapan manusia. Bersabar bisa menjadi tonggak kunci dalam menghadapi roda kehidupan yang sewaktu-waktu bisa naik maupun turun perlahan. Ingat Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.

  1. Tidak Sombong

Sombong alias besar kepala sepatutnya dihindari bagi setiap muslim. Apalah artinya bersikap sombong, hanya akan menghasilkan sesuatu kesia-siaan dan kerugian.

  1. Hidup Sederhana

Muslim perlu bersikap sederhana dalam menapaki kehidupan. Tidak dibenarkan untuk terlalu fanatik maupun condong dalam hal tertentu, sehingga yang lain terabaikan. Maksudnya, muslim dianjurkan untuk berada di posisi pertengahan.

Sobat Cahaya Islam, itu delapan nasihat Lukman Hakim kepada anaknya. Semoga bisa menerapkan dengan memberikan nasihat kepada anak sebagai kewajiban orang tua yang bisa dilakukan dalam memperingati Hari Ayah pada tahun 2020 ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY