Hari Cuci Tangan Sedunia dan Hukumnya Dalam Islam

0
15

Hari Cuci Tangan Sedunia – Kamis 15 Oktober diperingati dengan Hari Cuci Tangan Sedunia. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan peringatan cuci tangan adalah praktik penting yang harus dilakukan masyarakat di seluruh dunia.

Peringatan yang sudah dilakukan sejak tahun 2008 ini ditujukan untuk mengurangi angka orang sakit akibat kuman di sekitarnya. Cuci tangan sangat penting terutama pada saat batuk, bersin, menggunakan kamar mandi, menyiapkan makanan dan beraktivitas di luar.

Terlebih lagi saat ini dunia tengah dihadapkan dengan wabah Covid-19. Ajakan untuk mencuci tangan pun semakin relevan.

Sobat Cahaya Islam, Islam adalah agama yang maslahah dan mencegah umatnya dalam kemudharatan. Salah satunya ialah mengajak umatnya untuk membiasakan pola hidup sehat dan bersih. Contohnya anjuran mencuci tangan dan barang siapa yang mencuci tangan agar terjaga kebersihannya makan ia akan mendapat paha.

Berikut ini adalah hadist-hadist Rasulullah SAW yang berkaitan dengan cuci tangan

Hari Cuci Tangan Sedunia dan Hadist Rasulullah SAW

Hadist Humran bin Aban rahimahullah menjelaskan tentang cara wudhu Utsman bin Affan radhiallahu’anhu, “Kemudian beliau membasuh kedua tangannya 3 kali.” Kemudian di akhir hadist Utsman bin Affan mengatakan,  “Aku melihat Rasulullah SAW berwudhu seperti wudhuku ini.” (HR. Bukhari no.1934, Muslim no.226).

 

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, ia berkata, “Rasulullah SAW memakan daging bahu kambing, kemudian beliau berkumur-kumur, mencuci kedua tangannya, baru setelah itu shalat.” (HR. Ibnu Majah no. 405, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

Begini Cara Cuci Tangan yang Benar

Cuci tangan tidak hanya sekadar membasuh saja melainkan ada langkah-langkah yang harus dilakukan sebagaimana standar WHO:

1. Menggosok Telapak Tangan

Telapak tangan bisa jadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri sehingga cuci bagian telapak tangan dengan menggosokannya dengan telapak telapak satunya.

2. Gosok Telapak Kanan di Atas Punggung Tangan Kiri dan Sebaliknya

Meski jarang bersentuhan langsung namun punggung tangan bisa saja terkontaminasi oleh kuman. Oleh karena itu bersihkan punggung tangan dengan cara digosok menggunakan telapak tangan kiri.

3. Gosok Telapak dan Telapak dengan Jari yang Saling Mengait

Sela-sela jari penting sekali untuk dibersihkan untuk menghindari sarang bakteri. Caranya cukup rapatkan kedua telapak tangan dan rapatkan jari tangan kanan dan tangan kiri kemudian gosokan perlahan-lahan.

4. Putar Punggung Tangan di Atas Telapak

Punggung tangan juga tidak luput dari hinggapnya virus dan bakteri. Untuk itu cuci bagian punggung tangan dengan cara memutar-mutar punggung jari di atas telapak tangan, lakukan hal ini juga pada telapak satunya.

5. Jempol Digenggam dan Diputar

Simpan jempol kanan di telapak tangan kiri dan genggam, kemudian putarkan jempol. Lakukan hal yang sama pada tangan sebaliknya.

Sobat Cahaya Islam di Hari Cuci Tangan Sedunia ini semoga kita lebih sadar akan kesehatan dan kebersihan terlebih di saat ini. Semoga Allah SWT melindungi kita dari segala penyakit, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!