Marshanda Sempat Berpikir Baik-Baik Saja Meski Ternyata Banyak Masalah, Bagaimana Menghadapi Masalah Hidup Menurut Islam?

0
429
Marshanda Sempat Berpikir 3

Marshanda sempat berpikir – Artis Marshanda membeberkan banyak hal yang pernah dialaminya dalam hidup sebagai titik terendah. Ia mulai menceritakan kejadian saat kedua orang tuanya harus bercerai. Sehingga Marshanda kemudian harus berpisah dengan sang ayah. Selain itu, kabar mengenai ia bipolar disorder juga menjadi salah satu titik terendah yang dialami oleh Marshanda ketika itu. Belum lagi Marshandar harus kehilangan hak asuh buah hatinya.

Marshanda Sempat Berpikir 3

Meski begitu, Marshanda menuturkan bahwa banyak titik terendah dalam hidup yang harus dialaminya. Namun hal itulah yang kini menjadikannya lebih kuat dan bisa bangkit kembali. Dalam hidup, hampir setiap orang pasti mengalami momen-momen yang tidak menyenangkan. Bahkan membuat kita merasa terpuruk. Hanya saja sobat CahayaIslam, hal ini tentu saja tidak sesuai dengan ajaran islam. Sebagai seorang muslimin tidak seharusnya kita berputus asa.

Marshanda Sempat Berpikir Baik-Baik Saja, Bagaimana Menghadapi Masalah Hidup Menurut Islam?

Marshanda Sempat Berpikir 2

Marshanda sempat berpikir baik-baik saja meskipun banyak masalah yang dihadapinya. Hingga akhirnya memutuskan untuk mengenal psikolog untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan hidupnya. Di era modern sekarang ini, sudah banyak alternatif untuk membantu orang-orang yang mengalami depresi atau keterpurukan untuk bisa bangkit kembali. Namun bukan hanya peran psikolog atau psikiater saja yang dibutuhkan. Keimanan juga menjadi salah satunya.

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ayat ini menjelaskan bagaimana Allah melarang kaum muslimin untuk berputus asa. Inilah alasannya kenapa kita tidak boleh berlebihan saat sedih, kecewa atau menghadapi permasalahan hidup yang begitu rumit. Apalagi sebagai seorang muslim, agama adalah pedoman atau pegangan untuk menjalani hidup sesuai dengan syariat yang ada. Lalu bagaimana sih menghadapi masalah hidup menurut pandangan islam?

Marshanda Sempat Berpikir 1

Ingat Bahwa Segala Hal Adalah Rencana-Nya

Salah satu cara untuk menghadapi berbagai permasalahan hidup adalah dengan mengingat bahwa segala hal adalah bagian dari rencana Allah SWT. Ini akan membantu kita lebih ikhlas dengan banyak hal yang terjadi dalam hidup. Dan lagi ini mengajarkan kita untuk lebih banyak bersyukur lho sobat CahayaIslam. Bukan malah menyalahkan keadaan, diri sendiri apalagi Allah.

Meningkatkan Iman

Cara paling ampuh menghadapi berbagai permasalahan hidup adalah dengan meningkatkan iman salah satunya. Ini bisa membantu kita untuk lebih banyak bersabar dan menerapkan nilai-nilai islam dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Begitu juga saat menghadapi masalah, imanlah yang nantinya membantu menemukan solusi yang terbaik. Dan juga menjauhkan kita dari perasaan sedih,  kecewa berlebihan apalagi putus asa.

Marshanda sempat berpikir – bahwa dirinya baik-baik saja dengan banyak masalah yang dihadapinya. Namun menyadari kondisi diri yang semakin buruk, ia memutuskan untuk introspeksi dan mengenal psikolog untuk membantunya. Sobat CahayaIslam, permasalahan hidup akan selalu datang silih berganti seolah tidak ada ujungnya. Itulah kenapa diperlukan beberapa hal untuk  bisa mengatasi situasi tersebut  dengan baik.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Az-Zumar Ayat 53

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY